Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Reptil

No Comment Friday, October 30, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Reptil (Melata) - Dalam kerajaan hewan vertebrata terbagi menjadi beberapa kelas seperti reptilia (melata), mamalia (menyusui), amfibi (amphibia), aves (burung), dan pisces (ikan). Namun pada artikel ini saya telah merangkum artikel khusus yang membahas tentang dunia binatang dalam kelas reptil.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Reptil (Melata) Beserta Gambar Dan Nama Latinnya


Pengertian Reptil (Melata)

Reptil berasal dari dalam bahasa latin yaitu "Reptans" yang memiliki arti melata atau merayap. Sedangkan pengertian reptil adalah kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.

Sedangkan pengertian reptilia adalah hewan yang memiliki 4 tungkai (tetrapoda) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik.

Ciri Ciri Hewan Reptil (Melata)

1. Memiliki Sisik (Scales) Pada Tubuhnya
Sisik adalah ciri khas hewan reptil berupa lempengan keras yang terbuat dari protein dan disebut dengan nama "Keratin". Sedangkan cangkang kura-kura dan kulit buaya disebut dengan "Scute".

Perbedaan sisik dan scute yaitu, scute berupa struktur tulang dan berkembang pada tingkat yang lebih dalam daripada sisik. Meskipun begitu terdapat kesamaan di antara keduanya, yakni membantu memperkuat perlindungan serta mencegah kehilangan air melalui kulit pada tubuhnya.

2. Golongan Hewan Vertebrata
Ciri ciri reptil yang dimiliki oleh semua bangsa hewan reptilia adalah memiliki tulang belakang. Sehingga ia masuk dalam golongan hewan vertebrata.

3. Termasuk Hewan Berdarah Dingin (Poikiloterm)
Sebagian besar hewan reptil tergolong dalam jenis hewan berdarah dingin, untuk nama ilmiahnya yaitu "Poikiloterm". Dengan demikian maka hewan reptil tidak dapat mengontrol suhu tubuh mereka sendiri karena dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya.

Hewan reptil yang menurunkan suhu tubuhnya biasanya akan pergi ke tempat yang teduh, sedangkan untuk menghangatkan badannya maka ia akan berjemur di bawah terik matahari.

4. Berkembang Biak Secara Bertelur (Ovipar)
Sebagian besar ciri-ciri hewan reptil adalah berkembiang biak dengan cara bertelur alias ovipar. Meskipun begitu masih ada beberapa reptil lainnya yang berkembang biak dengan cara lainnya.

5 Contoh Hewan Reptil (Melata) Dan Nama Latinnya Disertai Gambar

1. Komodo (Varanus Komodoensis)
Contoh Hewan Reptil Komodo
Contoh gambar hewan reptil komodo | Pexels @dimitri-dim
Komodo atau biawak komodo dengan nama latin "varanus komodoensis" merupakan spesies terbesar dari famili varanidae dan menjadi kadal terbesar di dunia. Habitat komodo berada di padang rumput terbuka (sabana), hutan berlukar dan pesisir pantai.

Dengan memiliki ukuran tubuh yakni panjang rata-rata 2 sampai 3 meter dan berat sampai 100 kilogram, komodo menjadi hewan karnivora yang berada pada puncak rantai makanan di habitatnya.

2. Ular Sendok/Kobra (Naja)
Contoh Hewan Reptil Ular Kobra
Contoh gambar hewan reptil ular kobra | Pexels @domenico-bertazzo
Ular sendok atau kobra adalah salah contoh hewan reptil dengan nama ilmiah "naja" yang termasuk jenis ular berbisa dalam famili elapidae. Reptil yang disebut dengan nama ular sendok karena hewan ini mampu memipihkan lehernya hingga membentuk seperti sendok atau tudung.

Kobra tergolong hewan melata pemakan daging (karnivora) dan berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Habitat ular kobra biasanya berada di tempat yang lembab dan hangat seperti di gua dan semak-semak untuk dijadikan sarang telurnya.

3. Buaya Muara (Crocodylus Porosus)
Contoh Hewan Reptil Buaya Muara
Contoh gambar hewan reptil buaya muara | Pixabay @sarangib
Buaya muara atau buaya berkatak memiliki nama latin "crocodylus porosus" merupakan jenis buaya terbesar di dunia. Sesuai dengan namanya, habitat buaya muara berada di sungai dan dekat laut (muara).

Hewan reptil yang satu ini termasuk golongan karnivora yang aktif saat siang dan malam hari dengan memangsa siapapun yang memasuki wilayahnya. Mangsa buaya muara yakni ikan, amfibi, reptil, burung dan mamalia. Panjang tubuhnya yaitu 4,5 - 5,5 meter bahkan ada yang mencapai 6 meter. Bobot buaya ini bahkan mampu melebihi 1000 kg.

4. Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata)
Contoh Hewan Reptil Penyu Sisik
Contoh gambar hewan reptil penyu sisik | Diving-canary-islands.com
Salah contoh hewan reptil yang terancam punah yaitu penyu sisik yang memiliki nama latin "eretmochelys imbricata" dari famili cheloniidae.

Karakteristik penyu sisik memiliki bentuk kepala yang memanjang dan meruncing yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan penyu lainnya. Lengannya memiliki dua cakar yang dapat dilihat dari siripnya.

Penyu sisik adalah hewan pemakan segalanya alias omnivora. Makanan hewan ini adalah alga, cnidaria, ctenofora, dan ubur-ubur lainnya, namun makan utamanya spons laut.

5. Iguana Hijau (Iguana Iguana)
Contoh Hewan Reptil Iguana Hijau
Contoh gambar hewan reptil iguana hijau | Pixabay @salao
Iguana hijau merupakan contoh hewan reptil yang bertelur dan beranak dengan nama latin "iguana iguana" yang termasuk dalam ordo squamata. Iguana hijau tergolong hewan pemakan tumbuhan (herbivora) dan ia mampu tumbuh hingga memiliki panjang 1,8 - 2,15 meter.

Habitat iguana hijau berada di daerah yang lembab dan hangat dengan suhu rata-rata 30° - 35° Celcius. Ia juga memiliki kemampuan kamuflase pada tubuhnya untuk menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungannya. Selain itu jika iguana merasa keberadaannya sangat terancam maka dia akan memutuskan ekornya, namun ekor tersebut dapat tumbuh lagi setelah beberapa waktu.

Itulah rangkuman singkat mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Reptil (Beserta Gambar Dan Nama Latinnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembelajaran kalian.

Comments