Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Omnivora

No Comment Friday, October 23, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Omnivora - Setelah sebelumnya kita telah selesai membahas tentang hewan herbivora dan karnivora, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang hewan omnivora.

Untuk memahami pengertian dan ciri-ciri hewan omnivora beserta contohnya, saya sudah merangkumnya menjadi ringkasan singkat sehingga kalian bisa membaca artikelnya di bawah ini.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Omnivora Beserta Gambarnya


Pengertian Omnivora

Omnivora berasal dari bahasa latin, yaitu Omne dan Vorera yang artinya adalah pemakan segalanya. Jadi, makna omnivora adalah golongan hewan yang memakan segalanya, sehingga omnivora dapat memakan daging atau tumbuhan yang dijadikan sebagai sumber makanannya.

Karena termasuk hewan yang mampu memakan segala macam makanan baik tumbuh-tumbuhan ataupun daging hewan, hewan omnivora memiliki peluang yang lebih besar dalam mencari makanannya. Meskipun begitu tidak semua hewan omnivora bisa memakan semua jenis tumbuhan dan hewan.


Ciri Ciri Hewan Omnivora

  1. Mampu memakan daging dan tumbuhan.
  2. Berada di titik tengah pada rantai makanan, sehingga dapat menjadi mangsa dan pemangsa (predator).
  3. Memiliki sistem pencernaan yang komplek untuk mencerna daging dan tumbuhan.
  4. Memiliki tulang punggung dan tulang belakang.
  5. Mempunyai gigi graham yang lebar seperti herbivora dan gigi depan yang tajam seperti karnivora.

Contoh Hewan Omnivora Beserta Gambarnya

Beberapa contoh hewan omnivora adalah gorilla, beruang, luwak, kecoa, kura-kura dan tikus. Untuk mengetahui deskripsi singkat tentang contoh hewan omnivora dan ciri-cirinya, berikut adalah penjelasannya.

1. Semut
Contoh Hewan Omnivora Semut
Gambar hewan omnivora semut | Pixabay @diego_torres
Semut ialah termasuk jenis hewan insecta alias serangga. Semut hidup secara berkelompok dan berkembang biak dengan cara bertelur. Habitat semut dapat ditemukan di pepohonan dan juga di lubang tanah.

Semut dapat memakan berbagai macam jenis tumbuhan seperti buah, sayur, biji-bijian dan sari bunga (nektar). Di sisi lain, semut juga memakan semua jenis daging hewan yang sudah mati menjadi bangkai.

2. Lele
Contoh Hewan Omnivora Lele
Gambar hewan omnivora | Pixabay @12019
Salah satu contoh hewan omnivora yang hidup di air adalah ikan lele, ia mampu bertahan hidup di perairan yang sangat keruh sekalipun seperti di lumpur. Lele juga termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur alias ovipar.

Lele sering memangsa hewan-hewan kecil seperti serangga kecil, cacing tanah dan ikan-ikan kecil lainnya. Lele juga dapat memakan beberapa jenis tumbuhan seperti lumut, ganggang dan tanaman air.

3. Tupai
Contoh Hewan Omnivora Tupai
Gambar hewan omnivora tupai | Pexels @pixabay
Tupai adalah hewan pengerat yang sangat lincah, habitat tupai yaitu di pepohonan. Tupai masuk dalam kategori hewan mamalia darat dan omnivora yang berkembang biak secara vivipar.

Tupai memakan tumbuhan seperti buah-buahan, jamur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan lain tupai yaitu serangga kecil, ulat, burung kecil, ular kecil dan binatang kecil lainnya.

4. Ayam
Contoh Hewan Omnivora Ayam
Gambar hewan omnivora ayam | Pexels @engin-akurt
Ayam merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang sering kita jumpai di lingkungan pedesaan karena dijadikan hewan ternak. Ayam termasuk hewan ovipar dan hidup secara berkelompok.

Makanan ayam sangatlah beragam, mulai dari tumbuh-tumbuhan seperti rumput, buah, sayur dan biji-bijian. Selain itu ayam juga memangsa hewan lain seperti cacing tanah, siput, serangga dan sebagainya.

5. Flamingo
Contoh Hewan Omnivora Flamingo
Gambar hewan omnivora flamingo | Pixabay @tonywuphotography
Flamingo adalah spesies burung yang hidup secara berkelompok dan termasuk hewan ovipar. Burung flamingo memiliki kaki yang jenjang dan bulunya berwarna merah muda.

Burung flamingo biasanya berada di sungai, danau atau di perairan hutan untuk mencari makanan, dan makanan utama flamingo adalah udang dan alga.

Itulah ringkasan singkat mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Omnivora. Semoga kalian dapat memahaminya.

Comments