Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insektivora

No Comment Friday, October 23, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insektivora - Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa terdapat 4 golongan hewan berdasarkan jenis makanannya, yang pertama yaitu ada herbivora sebagai hewan pemakan tumbuhan, karnivora sebutan untuk hewan pemakan daging, omnivora yaitu hewan pemakan segalanya, dan yang terakhir adalah hewan insektivora.

Untuk mempelajari lebih tentang hewan insektivora, saya sudah siapkan rangkuman mengenai ciri-ciri hewan insektivora beserta contohnya sehingga dapat dengan mudah untuk kalian pelajari.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insektivora Beserta Gambarnya


Pengertian Insektivora

Insektivora merupakan sebutan untuk hewan memakan serangga, sehingga arti yang tepat dari kata insektivora adalah golongan hewan pemakan serangga dan menjadikannya sebagai sumber makanan utamanya.

Karena sebagian besar habitat serangga hidup di daratan, maka hewan omnivora juga banyak kita jumpai di daratan. Bentuk tubuh hewan insektivora memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, selain itu hewan insektivora memiliki bagian tubuh yang unik guna mengincar mangsanya. Contohnya adalah Seperti tokek yang memiliki lidah yang lengket untuk menangkap serangga dan laba-laba yang mampu membuat perangkap dengan jaringnya.


Ciri Ciri Hewan Insektivora

  1. Sebagian besar habitatnya berada di daratan.
  2. Berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).
  3. Memiliki bagian tubuh yang unik guna menangkap mangsanya.
  4. Mempunyai naluri atau keahlian khusus dalam memburu mangsanya.
  5. Tubuhnya berukuran kecil sehingga tidak terlalu besar.

Contoh Hewan Insektivora Beserta Gambarnya

Untuk melihat hewan insektivora kita dapat dengan mudah menemukannya di berbagai ekosistem. Namun saya akan memberikan 5 contoh hewan insektivora yang paling populer sehingga kalian pasti sudah mengetahui hewan ini.

1. Iguana
Contoh Hewan Insektivora Iguana
Gambar hewan insektivora iguana | Pixabay @salao
Iguana merupakan golongan hewan reptil, berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki kemampuan untuk berkamuflase. Kamuflase ialah kemampuan untuk menyamarkan dirinya dengan lingkungan sekitar, sehingga hal ini dapat mengguntungkan iguana untuk berburu serangga ataupun melindungi diri dari predator.

2. Laba-laba
Contoh Hewan Insektivora Laba-Laba
Gambar hewan insektivora laba laba | Pixabay @christels
Laba-laba adalah contoh hewan insektivora berkaki delapan (arachnida) yang memiliki dua segmen tubuh yaitu kepala-dada dan perut. Laba-laba memiliki empat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah.

Laba-laba termasuk menjadi hewan pemangsa, ia menggunakan jaringnya untuk membuat sarang dan juga menjebak serangga di sekitarnya. Jaring laba-laba sangatlah lengket sehingga apabila ada serangga yang hinggap di jaring tersebut maka dia akan melekat atau menempel hingga dimangsa oleh laba-laba.

3. Katak
Contoh Hewan Insektivora Katak
Gambar hewan insektivora katak | Pexels @pixabay
Katak termasuk golongan hewan insektivora yang mampu bertahan hidup di dua alam, yaitu di darat dan air sehingga dapat disebut dengan amfibi. Meskipun begitu, habitat utama katak yaitu berada di air tawar di daerah iklim tropis.

Katak mempunyai lidah yang bisa memanjang dan mampu merekat dengan benda lain, sehingga kemampuan dapat digunakan untuk memburu serangga dengan cepat.

4. Armadillo
Contoh Hewan Insektivora Armadillo
Gambar hewan insektivora armadillo | Pexels @victor-miyata
Nama armadillo berasal dari bahasa Spanyol yang memiliki arti "si kecil berbaju lapis baja" karena memang bagian atas tubuhnya yang diselimuti oleh kulit yang keras. Selain itu armadillo juga mampu menggulung tubuhnya dan menutupi tubuhnya sehingga dapat mencegah serangan dari predator.

Armadillo merupakan contoh hewan insektivora yang hidup di daerah beriklim sedang hingga hangat, ia lebih suka berada di tanah berpasir yang longgar dan berpori karena dengan begitu ia dapat dengan mudah menggali tanah untuk mencari makanan utamanya yaitu serangga dan larva.

Karena memiliki penglihatan yang buruk, armadillo memakai indera penciumannya yang tajam untuk berburu. Dengan lidahnya yang panjang dan lengket, armadillo bisa menangkap semut, kumbang, rayap, dan serangga lainnya setelah menggali mereka keluar dari tanah.

5. Burung Pelatuk
Contoh Hewan Insektivora Burung Pelatuk
Gambar hewan insektivora burung pelatuk | Pixabay @skeeze
Habitat burung pelatuk berada di kawasan hutan dan terbuka. Ia memiliki paruh yang kuat guna melubangi kulit kayu pohon untuk mencari makanan utamanya yaitu serangga dan larva. Selain mencari makanan, ia juga melubangi pohon untuk dijadikan sebagai sarangnya.

Itulah pembahasan mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insektivora. Semoga rangkuman ini bisa bermanfaat untuk pembelajaran kalian.

Comments