Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Herbivora

Thursday, October 22, 2020
Daftar Isi
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Herbivora - Pembahasan lengkap mengenai pelajaran IPA biologi tentang pengertian karnivora, ciri ciri hewan karnivora dan contoh hewan karnivora yang ada di ekosistem.

Hewan dibedakan menjadi 4 golongan jika dibagi berdasarkan jenis makanannya, nama golongan hewan tersebut adalah herbivora, karnivora, omnivora dan insektivora. Pada halaman ini kita akan membahas tentang herbivora terlebih dahulu.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Herbivora Beserta Gambarnya


Pengertian Herbivora

Herbivora adalah salah satu jenis golongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Sedangkan pengertian herbivora adalah hewan yang makanan utamanya bersumber dari tumbuh-tumbuhan dan tidak memakan daging atau sejenisnya, maka hewan selain pemakan tumbuhan tidak termasuk dalam jenis hewan herbivora.

Beberapa hewan herbivora memakan semua jenis tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya, seperti daun, buah, biji, ranting kayu dan bagian tumbuhan lainnya. Namun ada juga jenis hewan herbivora yang hanya memakan satu bagian tumbuhan saja, misalnya hanya memakan buah saja atau memakan daun saja. Hewan tersebut dapat dikategorikan dalam jenis herbivora tertentu.

Klasifikasi Hewan Herbivora
  • Folivora: Hewan herbivora pemakan dedaunan.
  • Frugivora: Hewan herbivora pemakan buah-buahan.
  • Granivora: Hewan herbivora pemakan biji-bijian.
  • Nektivora: Hewan herbivora pemakan nektar atau sari bunga.

Sebagian besar hewan herbivora hidup secara berkelompok di darat pada tempat yang mempunyai sumber makanan yang dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan, seperti di sawah, padang rumput dan hutan. Karena hewan herbivora adalah jenis hewan yang sebagian besar memiliki sifat jinak maka hewan herbivora seringkali dijadikan mangsa oleh predator seperti hewan karnivora.

Selain dimangsa oleh karnivora, hewan herbivora juga sering diburu oleh manusia untuk dimakan dagingnya, diternak untuk kebutuhan pangan ataupun dipelihara sebagai hewan koleksi.

Ciri Ciri Hewan Herbivora

  1. Bergantung pada tumbuhan sekitar untuk kelangsungan hidupnya.
  2. Hewan berdarah panas.
  3. Sebagian besar hidup berkelompok di darat.
  4. Berkembangbiak dengan cara melahirkan (vivipar).
  5. Termasuk kelompok hewan yang menyusui (mamalia).
  6. Memiliki kebutuhan energi yang tinggi jika dibandingkan dengan hewan karnivora dan omnivora.
  7. Ciri khas hewan herbivora mempunyai gigi graham yang lebar.
  8. Termasuk hewan yang memiliki tulang belakang.
  9. Sebagian besar hewan herbivora hidup berdampingan dengan manusia.
  10. Memiliki banyak manfaat untuk manusia.
  11. Menjadi mangsa bagi hewan karnivora.
  12. Sebagian besar berkaki empat dan berbulu.
  13. Berada di titik terbawah pada rantai makanan.
  14. Dapat ditemukan di hampir semua ekosistem

Contoh Hewan Herbivora Beserta Gambarnya

Ada banyak sekali contoh hewan herbivora yang dapat kita jumpai di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui hewan herbivora apa saja itu, berikut ini adalah contohnya.

1. Kambing
Contoh Hewan Herbivora Kambing
Gambar hewan herbivora  kambing | Pexels @pavel-bondarenko
Kambing adalah hewan herbivora yang memakan rumput dan dedaunan. Manusia sering memelihara kambing untuk dimanfaatkan daging dan susunya yang mengandung banyak khasiat untuk kebutuhan bahan pangan. Selain itu kotoran kambing juga bisa digunakan sebagai pupuk kandang.

2. Sapi
Contoh Hewan Herbivora Sapi
Gambar hewan herbivora  sapi | Pexels @skitterphoto
Contoh hewan herbivora yang paling terkenal akan manfaatnya yaitu sapi. Sama seperti kambing, sapi juga dipelihara untuk diambil dagingnya, susu, kulit dan kotorannya. Sapi memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan kambing, sehingga sapi memiliki manfaat yang lebih daripada kambing.

3. Kuda
Contoh Hewan Herbivora Kuda
Gambar hewan herbivora  kuda | Pexels @david-dibert
Kuda termasuk hewan herbivora yang sering dipelihara oleh manusia karena kendaraan ini dapat dijadikan sebagai transportasi untuk mengangkut barang. Kuda juga mampu memproduksi susu yang mengandung banyak sekali khasiat untuk dikonsumsi.

4. Kerbau
Contoh Hewan Herbivora Kerbau
Gambar hewan herbivora  kerbau | Pexels @adriaan-greyling
Contoh hewan herbivora yang sangat bermanfaat bagi manusia salah satunya ialah kerbau, kerbau seringkali dijadikan sebagai alat transportasi dan juga membantu para petani untuk membajak sawah. Daging kerbau juga bisa dimanfaatkan untuk bahan pangan.

5. Kelinci
Contoh Hewan Herbivora Kelinci
Gambar hewan herbivora kelinci | Pexels @pixabay
Kelinci adalah contoh hewan herbivora yang termasuk mamalia dengan tubuh kecil. Kelinci memakan berbagai macam jenis tumbuhan yang ada di sekitarnyam, seperti sayuran brokoli, kubis, wortel serta memakan buah, biji, akar dan kulit pohon.

Beberapa contoh hewan herbivora lainnya yaitu ulat, jerapah, bison, badak, gajah, banteng, rusa dan masih banyak lagi. Itulah rangkuman singkat tentang Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Herbivora yang dapat kita jumpai di ekosistem. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada