Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Karnivora

No Comment Thursday, October 22, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Karnivora - Seperti yang kalian ketahui sebelumnya bahwa hewan dibedakan menjadi 4 golongan untuk jenis makanannya, nama golongan hewan tersebut adalah herbivora, karnivora, omnivora dan insektivora. Setelah kita selesai membahas tentang hewan herbivora, kali ini kita akan belajar mengenai hewan karnivora.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Karnivora Beserta Gambarnya


Pengertian Karnivora

Karnivora adalah salah satu jenis golongan hewan yang dikategorikan berdasarkan jenis makanannya. Menurut bahasa latin kata Karnivora berasal dari dua suku kata yaitu caro dan vorare, Caro yang artinya "Daging" dan Vorare yang artinya "Memakan", sehingga kata karnivora dapat diartikan sebagai golongan hewan pemakan daging.

Karena hewan karnivora adalah hewan pemakan daging, maka hewan karnivora dapat disebut sebagai hewan predator alias pemangsa. Oleh karena itulah hewan karnivora biasanya berada di urutan paling atas pada rantai makanan.

Sebagian besar hewan predator secara alami memiliki sifat buas, sehingga binatang ini sangat membahayakan bagi kehidupan makhluk hidup lain. Meskipun begitu masih ada juga beberapa hewan karnivora yang memiliki sifat jinak seperti kucing dan anjing.

Sebagian besar hewan karnivora memiliki ciri-ciri bagian tubuh yang dapat digunakan sebagai senjata untuk mengincar mengsanya, beberapa di antaranya ialah seperti cakar, gigi yang tajam dan bisa atau racun.


Ciri-Ciri Hewan Karnivora

  1. Memburu atau memakan hewan lain.
  2. Mempunyai keahlian tersendiri dalam memburu mangsanya.
  3. Di antaranya memiliki racun/bisa, kuku/cakar dan gigi yang tajam untuk melumpuhkan mangsanya.
  4. Memiliki penglihatan atau pendengaran yang sangat tajam.
  5. Kebanyakan mempunyai pergerakan tubuh yang sangat cepat.
  6. Sebagian besar di antaranya adalah memiliki sifat buas.
  7. Golongan hewan bertulang belakang (Vertebrata).
  8. Termasuk hewan menyusui (mamalia).
  9. Kebanyakan termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara beranak (vivipar) dan bertelur (ovipar).
  10. Berada di titik teratas pada rantai makanan.
  11. Sebagian besar hidup di alam liar.

Contoh Hewan Karnivora Beserta Gambarnya

Hewan yang tergolong memakan daging alias karnivora dapat dengan mudah ditemukan apabila kita sedang berada di alam liar seperti di hutan dan lautan. Untuk mengetahui beberapa contoh hewan karnivora, berikut ini adalah rangkumannya.

1. Singa
Contoh Hewan Karnivora Singa
Gambar hewan karnivora singa | Pexels @iurii-ivashchenko
Singa adalah hewan buas yang masih satu keluarga dengan kucing dan termasuk hewan mamalia. Singa hidup di darat dan berkembang biak secara berkelompok.

Singa merupakan hewan berkaki empat yang memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat, selain itu singa juga mempunyai gigi dan cakar yang berguna untuk mengoyak dan mencabik tubuh mangsanya. Karena itulah singa menjadi hewan karnivora yang mendapatkan julukan sebagai raja rimba (raja hutan) karena keganasannya dalam berburu mangsanya.

2. Komodo
Contoh Hewan Karnivora Komodo
Gambar hewan karnivora komodo | Pexels @dimitri-dim
Komodo adalah contoh hewan karnivora yang berkembang biak dengan cara bertelur dan hidup secara berkelompok. Komodo menjadi hewan langka karena termasuk spesies hewan purba yang masih bertahan hidup hingga saat ini, karena itulah komodo termasuk dalam daftar keajaiban dunia.

Meskipun berjalan dengan merayap layaknya seekor kadal, tapi komodo juga mampu berlari dengan cepat. Komodo yang berusia dewasa mampu tumbuh hingga 3 meter, kulit komodo juga sangat keras dan tebal sehingga kadal raksasa ini menjadi predator yang paling ditakuti, terutama air liur komodo yang dapat melumpuhkan mangsanya.

3. Elang
Contoh Hewan Karnivora Elang
Gambar hewan karnivora elang | Pexels @david-dibert
Elang merupakan salah satu contoh hewan karnivora yang dapat terbang dengan cepat. Elang termasuk dalam hewan berdarah panas dan berkembang biak dengan cara bertelur.

Elang mengincar mangsanya melalui penglihatannya yang tajam dan mencengkramnya dengan cakarnya yang sangat kuat. Makanan utama elang adalah ikan, kadal, tupai, ayam, tikus dan hewan kecil lainnya.

4. Ular Kobra
Contoh Hewan Karnivora Ular Kobra
Gambar hewan karnivora ular kobra | Pexels @domenico-bertazzo
Salah satu golongan hewan karnivora yang paling berbahaya adalah ular kobra, karena ular kobra memiliki bisa atau racun mematikan yang dalam waktu singkat dapat membunuh lawannya. Bahkan ular kobra sangat ditakuti manusia karena mampu menyerang secara tiba-tiba.

Ular kobra termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Habitat ular kobra biasanya berada di tempat yang lembab dan hangat seperti di gua dan semak-semak untuk dijadikan sarang telurnya.

5. Hiu
Contoh Hewan Karnivora Ikan Hiu
Gambar hewan karnivora ikan hiu | Pexels @vova-krasilnikov
Hiu termasuk contoh hewan karnivora yang paling ditakuti di lautan. Hiu memiliki gigi yang lancip dan runcip sehingga sangat tajam, gunanya ialah untuk mengoyak mangsanya. Makanan utama hiu adalah anjing laut dan anjing laut serta makhluk laut lainnya.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Karnivora. Sebenarnya masih banyak lagi hewan karnivora yang di hidup alam liar seperti macan, buaya, piranha, aligator dan masih banyak lagi.

Comments