Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mamalia (Menyusui)

No Comment Saturday, November 07, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mamalia (Menyusui) - Akhirnya kita telah berada di puncak pembahasan tentang klasifikasi hewan berdasarkan kelasnya. Sebelumnya kita sudah pernah membahas klasifikasi hewan dari bangsa pisces (ikan), amfibi, reptil (melata) dan aves (burung), dan kali ini akan membahas mengenai hewan mamalia (menyusui).

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mamalia (Menyusui) Beserta Keterangannya


Pengertian Mamalia (Menyusui)

Pengertian klasifikasi mamalia (binatang menyusui) adalah kelas hewan yang bertulang belakang (vertebrata) yang terutama dicirikan pada binatang yang memiliki kelenjar susu pada jenis betina guna memberi makan anaknya dengan cara menyusui.

Ciri ciri hewan mamalia yaitu biasanya tubuhnya mempunyai bulu berupa rambut, tergolong hewan berdarah panas atau yang biasa disebut dengan nama homoiterm. Berkembang dengan cara melahirkan atau vivipar.

Klasifikasi Hewan Mamalia (Menyusui) Berdasarkan Habitatnya

1. Hewan Mamalia Air/Laut
Pengertian hewan mamalia air atau laut adalah jenis hewan mamalia yang bergantung pada lautan atau samudra untuk bertahan hidup. Setiap spesies mamalia yang hidup di air memiliki ketergantungan yang berbeda-beda pada ekosistem laut, seperti untuk mencari makan atau berkembang biak.

Ciri ciri hewan mamalia laut yang paling mudah untuk dikenali ialah mereka menggunakan ekor dan sirip untuk berenang. Selain itu mereka juga sering muncul ke atas permukaan laut selama waktu tertentu untuk bernafas ataupun berjemur. Bahkan ada juga hewan mamalia laut yang pergi ke daratan untuk berkembang biak seperti yang dilakukan anjing laut.

2. Hewan Mamalia Darat
Hewan mamalia darat merupakan jenis hewan mamalia yang sepenuhnya bergantung pada ekosistem daratan untuk mencari makan ataupun berkembang biak. Habitat mereka juga berada di daratan, seperti di hutan, bukit dan sabana.

Ciri Ciri Hewan Mamalia (Menyusui)

1. Ciri Ciri Hewan Mamalia Air
  1. Menggunakan anggota gerak tubuh untuk berenang (sirip dan ekor).
  2. Mempunyai kelenjar susu (glandula mammae).
  3. Hewan bertulang belakang (vertebrata).
  4. Berkembang biak secara melahirkan (vivipar).
  5. Memiliki rambut pada tubuhnya.
  6. Otak hewan mamalia cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan kelas hewan lainnya.
  7. Bernafas memakai paru-paru, sehingga ia akan berada di atas permukaan air untuk selama waktu tertentu untuk bernafas.
  8. Memiliki jantung dengan 4 ruang (serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan).

2. Ciri Ciri Hewan Mamalia Darat
  1. Menggunakan anggota gerak tubuh untuk berjalan ataupun memegang (kaki dan tangan).
  2. Mempunyai kelenjar susu (glandula mammae).
  3. Bertulang belakang (vertebrata).
  4. Berkembang biak secara melahirkan (vivipar).
  5. Mempunyai rambut di tubuhnya.
  6. Bernafas dengan paru-paru.
  7. Otak hewan mamalia cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan kelas hewan lainnya.
  8. Memiliki jantung dengan 4 ruang (serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan).
  9. Mempunyai gigi seri, gigi taring ataupun gigi graham.
  10. Terdapat kuku ataupun cakar.
  11. Memiliki daun telinga.

Contoh Hewan Mamalia (Menyusui) Beserta Keterangannya

1.  Paus
Contoh Hewan Mamalia Paus
Contoh gambar hewan mamalia paus | Pexels @elianne-dipp
Paus merupakan salah satu contoh hewan mamalia air yang terbesar di lautan. Karena termasuk dalam kelas binatang yang menyusui maka tentu saja ia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) dan tergolong hewan yang mempunyai tulang belakang serta bardarah panas.

Ciri ciri paus yang paling mudah kenali ialah ukuran tubuhnya yang besar karena di antaranya ada yang mencapai lebih dari 20 meter. Selain itu paus juga mempunyai mulut yang lebar serta bagian atas kepalanya terdapat sebuah lubang untuk mengeluarkan air yang ada di dalam tubuhnya.

2. Lumba-Lumba
Contoh Hewan Mamalia Lumba-Lumba
Contoh gambar hewan mamalia lumba-lumba | Pexels @jeremy-bishop
Contoh hewan mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang adalah lumba-lumba, ia juga termasuk jenis hewan mamalia laut yang habitatnya berada di perairan seperti lautan dan samudra. Ia juga berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan mamalia laut yang terkenal dengan kecerdasannya ini sangat jinak dan bersahabat dengan manusia.

Ciri cici hewan mamalia pada lumba-lumba adalah memiliki mulut atau moncong yang panjang ke depan. Mempunyai sepasang sirip di perutnya dan sirip tunggal di bagian punggungnya, serta bentuk ekornya yang mendatar. Warna lumba-lumba yaitu abu-abu gelap, tetapi di bagian perutnya berwarna abu-abu yang lebih terang.

3. Walrus
Contoh Hewan Mamalia Walrus
Contoh gambar hewan mamalia walrus | Pixabay @skeeze
Selain paus dan lumba-lumba, contoh hewan mamalia yang menggunakan sirip untuk berenang adalah walrus yang juga termasuk dalam golongan hewan karnivora dari kelas mamalia laut, ia mudah dikenali karena mempunyai sepasang gading di mulutnya. Bahkan berat walrus pasifik mampu mencapai 1700 kg. Mereka berkembang biak dengan cara melahirkan dan hidup secara berkelompok.

4. Singa
Contoh Hewan Mamalia Singa
Contoh gambar hewan mamalia singa | Pexels @iurii-ivashchenko
Singa adalah hewan predator yang paling ditakuti di daratan, mamalia darat ini dijuluki sebagai raja rimba (raja hutan) karena kebuasannya dalam menangkap mangsanya.

Ciri ciri hewan mamalia pada singa yaitu termasuk golongan hewan bertulang belakang (vertebrata), berdarah panas (homoiterm), hewan yang berkembang biak secara melahirkan (vivipar), tergolong jenis binatang buas pemakan daging (karnivora), mempunyai cakar dan gigi taring yang tajam, pada jenis kelamin jantan terdapat bulu berwarna coklat di sekitar kepalanya, serta bertahan hidup secara berkelompok.

5. Sapi
Contoh Hewan Mamalia Sapi
Contoh gambar hewan mamalia sapi | Pexels @skitterphoto
Sapi merupakan hewan herbivora yang sering dijadikan sebagai binatang ternak oleh manusia karena memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat dari ternak sapi ialah untuk diambil daging dan susunya yang berguna sebagai bahan makanan.

Di sisi lain sapi juga dapat dimanfaatkan sebagai hewan pengangkut barang, selain itu kotorannya juga bisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pupuk kandang.

6. Beruang Kutub
Contoh Hewan Mamalia Beruang Kutub
Contoh gambar hewan mamalia beruang kutub | Pixabay @skeeze
Jika sebagian besar mamalia laut memiliki ekor dan sirip untuk alat gerak tubuhnya, maka hal ini berbeda dengan beruang kutub yang mempunyai kaki untuk bergerak. Ia termasuk dalam klasifikasi hewan mamalia laut karena menghabiskan waktunya untuk berada di lautan es.

Meskipun berenang menggunakan kakinya yang tanpa dilengkapi selaput, ia mampu berenang sejauh 60 mil tanpa berhenti. Beruang kutub adalah contoh hewan pemakan daging yang menjadikan anjing laut dan ikan sebagai makanan favoritnya. Beruang kutub mampu tumbuh hingga lebih dari 2,5 meter dan berat antara 400 - 600 kg, bahkan ada yang mencapai berat 800 kg.

7. Kelelawar
Contoh Hewan Mamalia Kelelawar
Contoh gambar hewan mamalia kelelawar | Pixabay @morchfotobysmallerslev
Kelelawar adalah satu-satunya contoh hewan mamalia yang memiliki kemampuan untuk terbang, karena mempunyai dua kaki depan yang dapat berkembang menjadi sayap.

Kelelawar juga termasuk hewan yang aktif di malam hari atau yang biasa disebut dengan nama nokturnal. Indra penglihatan pada sangatlah buruk, namun ia mempunyai indra pendengaran yang tajam untuk mendeteksi lokasi suatu objek melalui suara yang dipantulkannya, kemampuan ini disebut dengan ekolokasi.

8. Kangguru
Contoh Hewan Mamalia Kangguru
Contoh gambar hewan mamalia kangguru | Pixabay @sandid
Kangguru ialah salah satu jenis hewan mamalia endemik yang hanya bisa ditemukan di Benua Australia. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat sebuah kantong khusus di perutnya untuk menggendong anaknya, sehingga ia bisa pergi kemanapun sambil membawa anaknya. Selain itu hewan herbivora yang satu ini mempunyai kaki belakang yang panjang untuk bergerak dengan cara melompat-lompat.

9. Tupai
Contoh Hewan Mamalia Tupai
Contoh gambar hewan mamalia tupai | Pexels @pixabay
Tupai termasuk salah satu contoh mamalia yang tergolong sebagai pengerat. Makanan tupai adalah buah-buahan, jamur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu ia juga memakan daging hewan seperti serangga kecil, ulat, burung kecil, ular kecil dan binatang kecil lainnya.

10. Badak
Contoh Hewan Mamalia Badak
Contoh gambar hewan mamalia badak | Pixabay @12019
Badak adalah hewan herbivora yang berbadan besar dengan bobot mencapai lebih dari 1 ton, ciri khas pada badak ialah mempunyai cula di bagian dahi atau depan kepalanya untuk melindungi diri dari hewan pemangsa. Meskipun termasuk jenis hewan pemakan tumbuhan, badak juga memiliki sifat agresif saat berada di alam liar.

Contoh hewan mamalia lainnya:
11. Anjing laut.
12. Singa laut.
13. Platipus.
14. Kerbau.
15. Kambing.
16. Domba.
18. Jerapah.
19. Gajah.
20. Kelinci.
21. Panda.
22. Harimau.
23. Serigala.
24. Macan.
25. Kucing.
26. Cheetah.
27. Tupai.
28. Musang.
29. Kuda.
30. Monyet.

Itulah rangkuman singkat tentang Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mamalia (Menyusui) yang dapat kalian pelajari, semoga ringkasan tersebut dapat menambah wawasan kalian.

Comments