Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Vivipar

No Comment Monday, November 02, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Vivipar - Pada dasarnya setiap makhluk hidup dapat berkembang biak atau menghasilkan keturunan dan agar jenisnya tidak habis atau punah.

Hewan juga termasuk makhluk hidup yang dapat berkembang biak dengan berbagai cara, yaitu vivipar, ovipar dan ovovivipar. Namun di artikel ini kita hanya akan membahas tentang golongan hewan yang berkembang biak secara vivipar saja.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Vivipar Beserta Gambarnya


Pengertian Vivipar

Vivipar adalah salah satu cara hewan untuk berkembang biak dengan cara melahirkan, sehingga janin tersebut tumbuh dari dalam rahim induknya. Sebagian besar hewan yang menyusui (mamalia) merupakan termasuk golongan hewan vivipar.

Ciri Ciri Hewan Vivipar

  1. Janin tumbuh di dalam rahim induknya.
  2. Individu baru akan dikeluarkan atau dilahirkan dari tubuh sang induk.
  3. Memiliki kelenjar susu.
  4. Mempunyai daun telinga.
  5. Tubuhnya diselimuti oleh bulu atau rambut.
  6. Sebagian besar hewan vivipar adalah berasal dari golongan mamalia.

10 Contoh Hewan Vivipar Dan Ciri Cirinya Beserta Gambarnya

1. Unta
Contoh Hewan Vivipar Unta
Contoh gambar hewan vivipar unta | Pexels @frans-van-heerden
Unta merupakan salah satu golongan hewan mamalia herbivora dari genus camelus. Untuk memiliki keturunan, masa kehamilan terbilang cukup lama karena mereka membutuhkan waktu 13 sampai 15 bulan untuk mengandung anaknya hingga lahir.

Unta biasanya memiliki rata-rata harapan hidup selama 30 sampai 50 tahun. Unta termasuk hewan istimewa karena memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di wilayah gurun. Hal ini dikarenakan unta memiliki punuk yang berisi lemak, fungsi lemak tersebut dapat diubah menjadi air sehingga ia tidak mengalami dehidrasi meskipun berada di wilayah pada suhu yang tinggi. 

2. Sapi
Contoh Hewan Vivipar Sapi
Contoh gambar hewan vivipar sapi | Pexels @skitterphoto
Sapi adalah salah satu contoh hewan yang beranak atau melahirkan. Sapi akan hamil kurang lebih selama 270 hari apabila mengandung bayi dengan jenis kelamin betina, tapi jika mengandung bayi jantan maka akan lebih lama dari itu.

Sapi dijadikan sebagai hewan ternak oleh manusia karena memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari untuk daging dan susunya yang dapat dijadikan sebagai olahan makanan, kulitnya sebagai bahan kerajinan dan kotorannya dapat dijadikan untuk pupuk kandang.

3. Kuda
Contoh Hewan Vivipar Kuda
Contoh gambar hewan vivipar kuda | Pexels @david-dibert
Contoh hewan vivipar selanjutnya adalah kuda. Masa kehamilan kuda cukup lama yakni selama 11 hingga 12 bulan setelah terjadinya proses ovulasi.

Hewan ini memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat, oleh karena itu hewan ini dulunya sering dijadikan sebagai alat transportasi bagi para pengembara, namun saat ini kuda juga masih dimanfaatkan sebagai pengangkut barang. Selain itu kuda juga dapat dimanfaatkan dagingnya dan susunya untuk dijadikan bahan makanan.

4. Singa
Contoh Hewan Vivipar Singa
Contoh gambar hewan vivipar singa | Pexels @iurii-ivashchenko
Singa merupakan hewan dari kelas mamalia pemakan daging yang dikenal dengan kebuasannya. Mereka hidup secara berkelompok di alam liar guna memperebutkan wilayah dan mangsa dengan hewan karnivora lainnya. Hal ini dapat juga disebut sebagai simbiosis kompetisi.

Lamanya masa kehamilan singa yaitu sekitar 98 sampai 120 hari. Pada masa tersebut singa betina akan meninggalkan kelompoknya dan akan kembali ketika anaknya sudah lahir dan dapat berjalan, sehingga proses ini akan memakan waktu 7 - 10 bulan.

5. Kucing
Contoh Hewan Vivipar Kucing
Contoh gambar hewan vivipar kucing | Pexels @kirsten-buhne
Kucing contoh hewan yang berkembang biak secara melahirkan, ia akan mengandung setelah menjalani proses reproduksi lalu akan mengalami masa kehamilan kurang lebih selama 65 hari. Dalam sekali kehamilan, ia mampu melahirkan 2 hingga 4 ekor bayi kucing dari jenisnya.

Kucing tergolong hewan karnivora dan masih sebangsa dengan singa yaitu termasuk dalam kelas felidae. Meskipun termasuk jenis hewan pemakan daging, kucing juga memiliki sifat jinak dan memiliki bulu yang indah sehingga banyak sekali jenis kucing yang dijadikan sebagai hewan peliharaan.

6. Gajah
Contoh Hewan Vivipar Gajah
Contoh gambar hewan vivipar gajah | Pexels @pixabay
Gajah merupakan contoh hewan vivipar dan mamalia terbesar di daratan, ia juga termasuk golongan hewan pemakan tumbuhan alias herbivora yang hidup secara berkelompok.

Ciri ciri hewan vivipar pada gajah yaitu memiliki belalai yang panjang untuk mengambil makanan, memiliki daun telinga yang lebar dan mempunyai gading di kepalanya. Bahkan gajah afrika mampu tumbuh hingga 4 meter dengan bobot sekitar 7 ton.

Gajah menjadi langka karena diburu kulitnya dan gadingnya untuk dijadikan koleksi, selain itu gajah juga hanya bisa melahirkan 4-5 anak dalam seumur hidup. Masa kehamilan gajah yaitu selama 18 - 24 bulan dan hanya bisa melahirkan seekor gajah pada setiap kehamilannya.

7. Kerbau
Contoh Hewan Vivipar Kerbau
Contoh gambar hewan vivipar kerbau | Pexels @adriaan-greyling
Kerbau juga termasuk hewan vivipar yang sering dijadikan sebagai hewan ternak oleh manusia karena sering dijadikan untuk membajak sawah dan alat transportasi.

Untuk melahirkan individu baru, kerbau membutuhkan waktu selama 281 – 334 hari untuk melahirkan anaknya. Kerbau dewasa mampu tumbuh hingga mencapai berat 300 sampai 600 kg. Ciri khas hewan vivipar yang satu ini adalah memiliki dua tanduk melingkar rapat seperti spiral dan kecil di kepalanya, tubuhnya padat dan pendek dan punggungnya lebar.

8. Paus
Contoh Hewan Vivipar Ikan Paus
Contoh gambar hewan vivipar paus | Pexels @elianne-dipp
Paus yang menjadi salah satu mamlia terbesar di lautan dari ordo cetacea. Untuk melahirkan seekor individu baru, paus memerlukan waktu sekitar 19 bulan untuk mengandung anaknya.

Ciri ciri hewan vivipar pada paus adalah memiliki ukuran yang sangat besar, memiliki lubang udara di atas kepalanya untuk bernafas dengan paru-parunya, memiliki kelenjar susu dan termasuk hewan berdarah panas.

9. Singa Laut
Contoh Hewan Vivipar Singa Laut
Contoh gambar hewan vivipar singa laut | Pexels @frans-van-heerden
Contoh hewan vivipar selanjutnya adalah singa laut . Proses perkembangbiakan singa laut tergolong cukup lambat karena membutuhkan waktu sekitar 350 hari untuk mengandung anaknya. Dalam sekali kehamilan, ia hanya mampu melahirkan 1 atau 2 ekor individu baru.

10. Lumba-Lumba
Contoh Hewan Vivipar Lumba-Lumba
Contoh gambar hewan vivipar lumba lumba | Pexels @jeremy-bishop
Lumba-lumba ialah contoh hewan menyusui (mamalia) laut yang memiliki tingkat keceradasa tinggi jika dibandingkan dengan hewan lainnya. Hewan ini memiliki hubungan yang baik dengan manusia sehingga tergolong cukup jinak.

Karena tergolong hewan yang menyusui maka sudah jelas kalau lumba-lumba termasuk contoh hewan vivipar. Untuk proses reproduksi lumba-lumba sangatlah bervariasi karena ditentukan oleh jenisnya, seperti stripped dolphin membutuhkan waktu 12 bulan untuk melahirkan dan spinner dolphin memakan waktu 10 bulan untuk melahirkan anaknya. 

Comments