Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Amfibi (Amphibia)

No Comment Saturday, October 31, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Amfibi (Amphibia) - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai kerajaan animalia dari bangsa reptilia. Selanjutnya kali ini kita akan membahas tentang kerajaan hewan dari kelas amfibia yang dimana ringkasannya sudah selesai saya buat disini.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Amfibi Beserta Gambarnya Dan Nama Latinnya


Pengertian Amfibi

Pengertian Amfibi atau Amfibia (Amphibia) adalah jenis hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di dua alam, yakni hidup di darat dan air.

Hewan amfibi tergolongan dalam hewan berdarah dingin (poikiloterm) dan hewan yang berkembang biak melalui metamorfosis sempurna. Ciri khas hewan amfibi ialah memiliki selaput pada kakinya, sehingga hal ini dapat membantu mereka untuk bergerak di wilayah perairan.

Ciri Ciri Hewan Amfibi

  1. Mampu bertahan hidup di darat dan air.
  2. Dapat bernafas secara terpisah atau dalam kombinasi paru-paru, insang dan kulitnya.
  3. Jenis hewan vertebrata yang mengalami metamorfosis sempurna.
  4. Berkulit halus, tipis, berbulu, berpori, serta kulitnya mengandung kelenjar lendir ataupun racun.
  5. Termasuk golongan hewan berdarah dingin, sehingga hewan amfibi mengatur suhu tubuh dari luar tubuhnya.
  6. Kakinya berselaput sehingga dapat membantunya untuk berenang.
  7. Hewan amfibi berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).
  8. Jantungnya terdiri dari 3 ruang (2 atrium dan 1 ventrikel).
  9. Mempunyai peredaran darah tertutup.
Baca juga:

Contoh Hewan Amfibi Dan Nama Latinnya Beserta Ciri-Cirinya

1. Katak
Contoh Hewan Amfibi Katak
Contoh gambar hewan amfibi katak | Pixabay @skeeze
Katak adalah contoh hewan amfibi yang bertelur. karena termasuk hewan amfibi maka habitat katak berada di tempat yang lembab dan tempat yang tergenang air seperti di pesawahan dan rawa.

Katak memiliki kulit yang licin dan ukuran tubuh yang kecil, meskipun begitu kaki belakang katak sangat panjang sehingga mampu melakukan lompatan jauh serta memiliki selaput pada kakinya yang berguna untuk berenang di perairan.

Contoh spesies katak dan nama latinnya:
  • Katak pohon bergaris (Polypedates leucomystax).
  • Kongkang gading (Rana erythraea).
  • Kongkang kolam (Rana chalconota).
  • Kongkang racun (Rana hosii).

2. Kodok
Contoh Hewan Amfibi Kodok
Contoh gambar hewan amfibi kodok | Pixabay @natatamarli
Sama seperti katak, kodok juga termasuk dalam golongan ordo "anura". Kodok memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan katak, selain itu kodok memiliki tekstur kulit yang kasar dan beracun serta warna kulitnya cenderung gelap. Kodok juga memiliki kaki yang berkuku dan berselaput.

Habitat kodok dapat dengan mudah kita jumpai di tempat yang lembab namun tidak tergenang air seperti di dekat rawa dan di tepian sungai. Ukuran kecebong kodok lebih besar jika dibandingkan dengan katak.

Contoh spesies kodok dan nama latinnya:
  • Kodok batu (Limnonectes macrodon).
  • Bangkong bertanduk (Megophrys montana).
  • Bangkong serasah (Leptobrachium hasseltii).
  • Bangkong tuli (Limnonectes kuhlii).

3. Sesilia
Contoh Hewan Amfibi Sesilia
Contoh gambar hewan amfibi sesilia | Wikipedia
Sesilia dari ordo "gymnophiona atau apoda" termasuk salah satu contoh hewan amfibi selain katak yang hidup di dua alam. Sesilia memiliki bentuk tubuh seperti ular, yakni lentur dan memanjang serta tidak mempunyai tangan ataupun kaki sehingga ia bergerak dengan perutnya.

Habitat sesilia dapat ditemukan di tempat yang lembab atau basah. Contohnya seperti di tepi sungai, di bawah tumpukan batu atau batu, dan di dekat kolam atau rawa-rawa.

4. Salamander
Contoh Hewan Amfibi Salamander
Contoh gambar hewan amfibi salamander | nhptv.org
Selanjutnya yakni ada salamender yang masuk dalam ordo "caudata". Salamander memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan kadal dengan memiliki 4 kaki yang berjalan merayap, hidung pendek, tubuh ramping dan ekor yang panjang.

Keunikan dari salamander yaitu kulitnya dapat mengeluarkan lendir guna menjaga kelembaban tubuhnya serta menjadikan sebagai pelumas saat berenang. Tapi yang perlu di waspadai yaitu salamander juga mampu mengeluarkan racun dari kelenjar dalam tubuhnya.

5. Axolotl (Ambystoma Mexicanum)
Contoh Hewan Amfibi Axolotl
Contoh gambar hewan amfibi axolotl | Pinterest
Axolotl juga termasuk hewan amfibi dengan nama latin "ambystoma mexicanum" yang dikenal dengan nama salamander mexico dan termasuk hewan endemik langka. Bentuk tubuh axolotl juga mirip dengan salamander serta mampu berjalan di dalam air, tapi warna dari axolotl sangatlah berbeda, ada yang kulitnya berwarna pink, abu-abu gelap ataupun coklat.

6. Suriname Horned Frog (Ceratophrys Cornuta)
Contoh Hewan Amfibi Suriname Horned Frog
Contoh gambar hewan amfibi suriname horned frog | Wikipedia
Contoh hewan amfibi lainnya yaitu suriname horned frog yang mempunyai nama latin "ceratophrys cornuta". Katak ini memiliki mulut yang besar dan mampu tumbuh hingga sepanjang 20 cm. Hewan endemik ini hanya dapat dijumpai di bagian utara pada wilayah Amerika Selatan.

7. Olm (Proteus Anguinus)
Contoh Hewan Amfibi Olm
Contoh gambar hewan amfibi olm | Pinterest
Olm merupakan binatang amfibi yang bisa ditemukan di wilayah Eropa Selatan seperti Italia, Kroasia dan Slovenia yang memiliki nama ilmiah "proteus anguinus".

Hewan ini memiliki bentuk seperti kadal namun mempunyai warna albino seperti kulit manusia. Karena itulah hewan reptil ini sering disebut dengan nama ikan manusia, salamander gua dan salamander putih.

Demikianlah ringkasan mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Amfibi (Amphibia) yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua.

Comments