Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Pisces (Ikan)

No Comment Thursday, November 05, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Pisces (Ikan) - Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang contoh hewan dari bangsa reptil dan amfibi. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai hewan dari bangsa pisces/ikan.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Pisces (Ikan) Beserta Gambarnya


Pengertian Pisces (Ikan)

Pisces adalah nama ilmiah untuk sebutan hewan dari bangsa ikan. Sedangkan pengertian ikan adalah sebutan untuk kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang (vertebrata) dan berdarah dingin (poikiloterm) yang dimana kulitnya diselimuti oleh sisik.

Karena habitatnya berada di wilayah perairan maka ikan menggunakan sirip dan ekornya untuk bergerak atau berenang. Terdapat 5 jenis sirip pada ikan, yaitu sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip belakang dan sirip ekor.

Pisces berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar), namun ada juga di antara mereka yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar). Mereka menggunakan alat pernafasan berupa insang. Selain itu jumlah dari kelompok bangsa ikan memiliki beraneka ragam spesies yang melebihi 27000 jenis ikan di bumi.

Perlu kalian ketahui meskipun anjing laut, dugong, paus dan lumba-lumba memiliki sirip dan ekor, mereka tidak termasuk dalam kelas pisces (ikan) karena mereka tidak bernafas menggunakan insang. Di sisi lain mereka juga memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya sehingga mereka termasuk dalam kelas mamalia.

Klasifikasi Pisces (Ikan) Berdasarkan Habitatnya

1. Ikan Air Tawar
Ikan air tawar merupakan golongan ikan yang bertahan hidup perairan tawar. Air tawar tidak memiliki rasa (tak berasa) karena kandungan mineral dan garam pada air tawar sangatlah rendah, yakni tidak lebih dari 0,5 gram/liter.

Habitat ikan air tawar dapat kita jumpai dengan mudah, seperti di sungai, danau, kolam, waduk dan bendungan.
Contoh ikan air tawar: ikan mas, gurame, nila, mujaer, lele, nila dan koi.

2. Ikan Air Asin
Ikan air asin ialah jenis ikan yang menghabiskan hidupnya berada di air asin atau air laut. Air laut mempunyai kandungan garam dan mineral yang sangat tinggi, yaitu sekitar 35 gram/liter. Oleh karena itulah rasa air laut sangatlah asin sehingga disebut air asin.

Kandungan mineral dan garam pada air laut berasal dari air sungai yang mengalir ke laut, ombak yang memecah bebatuan, serta pelapukan pada bebatuan di laut. Habitat ikan air asin berada di lautan dan samudera.
Contoh ikan air asin: ikan pari, hiu, tuna, ikan badut dan remora.

3. Ikan Air Payau
Ikan air payau adalah jenis ikan yang hidup di perairan campuran air tawar dengan air asin. Kandungan mineral dan garam pada air payau yaitu di antara 0,5 - 30 gram/liter, jika kurang atau lebih dari angka tersebut maka tidak dapat disebut sebagai air payau. Habitat pada ikan air payau dapat ditemukan di daerah pesisir dan muara.
Contoh ikan air payau: ikan belanak, patin, bandeng, kakap dan kerapu.

Klasifikasi Ikan Berdasarkan Kebutuhan Manusia


1. Ikan Hias
Contoh Hewan Pisces (Ikan) Jenis Hias
Contoh gambar ikan hias (ikan koi) | Pexels @fox
Pengertian ikan hias adalah jenis ikan dipelihara oleh sebagian orang bukan untuk dikonsumsi, melainkan digunakan untuk keperluan koleksi ataupun dekorasi taman atau ruangan guna mempercantik pemandangan.
Contoh ikan hias: ikan koi, arwana, cupang, ikan badut, louhan, guppy, dan aligator.

2. Ikan Konsumsi
Contoh Hewan Pisces (Ikan) Jenis Konsumsi
Contoh gambar ikan konsumsi (ikan lele) | Pixabay @12019
Pengertian ikan konsumsi ialah jenis ikan yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk keperluan konsumsi seperti sebagai bahan produksi olahan makanan.

Manfaat yang didapat manusia setelah mengonsumsi ikan sangatlah beragam, mulai dari vitamin, kalori, zat besi dan protein. Contoh produksi atau bahan masakan dari ikan yaitu presto, abon, dendeng dan masih banyak lagi.
Contoh ikan konsumsi: ikan mujaer, lele, gurame, ikan mas, nila, tongkol dan ikan asin.

Ciri Ciri Hewan Pisces (Ikan)

  1. Umumnya ikan bernafas menggunakan insang.
  2. Bergerak menggunakan ekor dan sirip untuk berenang.
  3. Kulitnya diselimuti oleh sisik yang licin.
  4. Sebagian besar berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar).
  5. Hanya memiliki bagian telinga dalam, sehingga tidak mempunyai bagian telinga tengah dan luar.
  6. Tergolong hewan berdarah dingin (poikiloterm), sehingga suhu tubuhnya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan di sekitarnya.
  7. Jantungnya terdiri dari dua ruang, yaitu atrium dan ventrikel.
  8. Binatang yang mempunyai tulang belakang (vertebrata).

Contoh Hewan Pisces (Ikan) Beserta Gambar Dan Keterangannya

1. Ikan Mas
Contoh Hewan Pisces - Ikan Mas
Contoh gambar ikan mas | Pixabay @skeeze
Ikan mas merupakan jenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Ikan mas yang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia dimulai pada tahun 1920 dan merupakan jenis ikan mas yang berasal dari Eropa, Cina, Taiwan dan Jepang.

2. Ikan Gurame
Contoh Hewan Pisces - Ikan Gurame
Contoh gambar ikan gurame | workamerica.co
Ikan gurame juga termasuk salah satu contoh hewan pisces (ikan) air tawar yang sering dibudidayakan untuk dikonsumsi. Ikan gurame memiliki harga jual yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan ikan konsumsi lainnya karena ukurannya yang lumayan besar. Ikan gurame mempunyai kulit berwarna coklat muda serta tekstur daging yang sangat padat.

3. Ikan Lele
Contoh Hewan Pisces - Ikan Lele
Contoh gambar ikan lele | Pixabay @12019
Jika pada umumnya tubuh ikan diselimuti oleh sisik, namun lain halnya dengan tubuh ikan lele yang hanya dilapisi oleh kulitnya saja. Ciri ciri ikan lele yaitu memiliki ukuran tubuh yang panjang dan licin, bentuk tubunhya mengecil hingga ujung ekornya, mempunyai kumis yang panjang, habitatnya berada di air tawar dan termasuk hewan berdarah dingin.

Ikan lele juga menjadi salah satu menu makanan favorit bagi sebagian orang karena dagingnya yang sangat lembut dan rasanya yang gurih. Di sisi lain harga ikan lele juga terbilang sangat terjangkau.

4. Ikan Tuna
Contoh Hewan Pisces - Ikan Tuna
Contoh gambar ikan tuna | Pixabay @wikiimages
Ikan tuna ialah salah satu contoh ikan air laut atau air asin. Ikan tuna merupakan jenis ikan konsumsi yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Selain itu dengan mengonsumsi ikan tuna maka kita akan memperoleh banyak manfaat, seperti menyehatkan jantung, menjaga keseshatan reproduksi, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, meningkatkan imunitas tubuh dan masih banyak lagi.

5. Ikan Cupang
Contoh Hewan Pisces - Ikan Cupang
Contoh gambar ikan cupang | Pexels @chevanon-photography
Contoh ikan hias yang dapat dengan mudah kita jumpai adalah ikan cupang. Ciri ciri ikan cupang di antaranya adalah memiliki warna tubuh yang berbeda dari setiap jenisnya, mulai dari kepala, badan, ekor hingga siripnya. Ikan cupang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan bernafas memakai insangnya. Ukuran ikan cupang tergolong sangat kecil yakni sekitar 6 cm.

Ikan cupang dapat disebut sebagai ikan petarung karena ikan ini sangat agresif terhadap keberadaan ikan lainnya. Dan apabila memasuki mode bertarung, maka insang beserta sirip dan ekor pada ikan cupang akan mekar untuk menakuti lawannya.

6. Ikan Nila
Contoh Hewan Pisces - Ikan Nila
Contoh gambar ikan nila | manaqib.id
Ikan nila termasuk hewan pisces yang berkembang biak secara ovipar. Untuk pembibitan dari sepasang ikan nila mampu menghasilkan 250 - 1000 butir telur, waktu yang diperlukan untuk menyiapkan bibit mulai dari telur sampai menjadi benih berukuran 5 - 8 cm memerlukan waktu selama 60 hari. Ikan nila termasuk jenis ikan air tawar sehingga dapat dibudidayakan di kolam.

Ciri ciri ikan nila yaitu mempunyai panjang sekitar 30 cm. tubuhnya berwarna kehitaman atau keabuan dengan beberapa corak belang yang semakin mengabur pada ikan dewasa. Tenggorokan, sirip dada, sirip perut, ekor dan ujung sirip punggung berwarna kemerahan atau kekuningan.

7. Ikan Bandeng
Contoh Hewan Pisces - Ikan Bandeng
Contoh gambar ikan bandeng | Pixabay @aybanreyes
Ciri ciri ikan bandeng yakni bentuk tubuhnya memanjang namun agak gepeng, matanya tertutup oleh lapisan lemak (adipase eyelid), pangkal sirip punggung dan dubur tertutup oleh sisiknya, tipe sisik cycloid lunak, terdapat sisik tambahan yang besar pada sirip dada dan sirip perut.

Habitat ikan bandeng berada di air payau, sehingga tempat yang cocok untuk budidaya ikan bandeng adalah di tambak dan pesisir. Ikan ini dibudidayakan karena untuk kebutuhan konsumsi.

8. Ikan Koi
Contoh Hewan Pisces - Ikan Koi
Contoh gambar ikan koi | Pexels @fox
Ikan koi merupakan contoh ikan hias air tawar yang sangat familiar sehingga sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan nama ikan ini. Ikan koi berasal dari jepang.

Ciri ciri ikan koi adalah tubuhnya memiliki corak yang unik berwarna-warni, mulai dari warna oranye, merah, putih dan hitam. Mempunyai sepasang sirip di dada dan di perut, serta sirip tunggal di punggung, anus dan ekor. Rata-rata harapan hidup ikan koi yaitu selama 25 - 35 tahun.

Contoh hewan pisces lainnya:
9. Ikan Piranha.
10. Ikan Hiu.
11. Ikan Pari.
12. Ikan Bawal.
13. Ikan Buntal.
14. Ikan Salmon.
15. Ikan Batu.

Demikianlah rangkuman singkat mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Pisces (Ikan) Beserta Gambarnya, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita.

Comments