Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Ovipar

No Comment Tuesday, November 03, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Ovipar - Sebelumnya kita telah selesai membahas tentang hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar, namun untuk kali ini kita akan membahas pengertian hewan ovipar dan contohnya.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Ovipar Beserta Gambarnya


Pengertian Ovipar

Ovipar adalah salah satu cara hewan untuk berkembang biak dengan cara bertelur, sehingga janin tersebut berkembang di dalam telur yang dikeluarkan dari tubuh induknya. Dan pada umumnya telur tersebut dierami oleh induknya hingga menetas.

Ciri Ciri Hewan Ovipar

  1. Tidak mempunyai kelenjar susu.
  2. Tidak menyusui anaknya sehingga bukan dari kelas mamalia.
  3. Tidak memiliki daun telinga.
  4. Embrio tersebut tumbuh di luar rahim induknya.
  5. Biasanya sang induk mengerami telurnya hingga menetas.
  6. Sebagian besar dari bangsa unggas (aves), serangga (insecta) dan ikan (pisces).

10 Contoh Hewan Ovipar Beserta Gambarnya

1. Ayam
Contoh gambar hewan ovipar ayam | Pexels @engin-akyurt
Ayam termasuk hewan vertebrata omnivora yang berkembang biak dengan cara bertelur. Manfaat hewan ovipar yang satu ini adalah untuk diambil dagingnya dan telurnya, sehingga ayam seringkali dijadikan sebagai hewan ternak oleh manusia.

Untuk berkembang biak, setelah ayam betina bertelur maka ia akan mengerami telurnya selama 20 - 21 hari. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu telur agar tetap hangat dan dapat menetas dengan sempurna.

2. Angsa
Contoh gambar hewan ovipar angsa | Pixabay @258817
Contoh hewan ovipar lainnya yaitu angsa. Angsa juga termasuk hewan ovipar, ukuran telur angsa lebih besar jika dibandingkan dengan ayam, untuk masa penetasan telur angsa dibutuhkan sekitar 20 hari.

Ciri ciri hewan ovipar pada angsa ialah memiliki habitat di air, mempunyai sayap untuk terbang, memiliki selaput pada kakinya guna membantunya berenang, memiliki leher yang panjang dan terlekuk, mempunyai paruh dan tergolong hewan beradarah panas (homoiterm).

3. Bebek
Contoh gambar hewan ovipar bebek | Pixabay @alexas_fotos
Bebek atau itik masih sebangsa dengan ayam yaitu dari kelas aves alias binatang unggas. Ukuran bebek lebih kecil jika dibandingkan dengan angsa, karena ukuran bebek hampir setara dengan ayam.

Bebek dapat mencari makan di darat dan air karena ia termasuk hewan omnivora. Makanan bebek sangat beragam, mulai dari cacing, serangga, ikan, rumput, tanaman air dan sebagainya. Bebek memiliki selaput pada kakinya sehingga hal ini dapat membantunya untuk berenang dan mencari makanan di air.

Bebek seringkali dimanfaatkan dagingnya dan telur untuk dijadikan olahan makanan, salah satu makanan yang terkenal dari olahan telur bebek ialah telur asin.

4. Burung Puyuh
Contoh gambar hewan ovipar puyuh | Pixabay @echels
Burung puyuh merupakan unggas yang memiliki ukuran tubuh kecil namun memiliki perut yang gemuk atau besar. Burung ini tidak mampu terbang dalam jarak yang jauh dan waktu yang lama, sehingga burung puyuh seringkali membuat sarangnya di permukaan tanah.

Umumnya burung puyuh memakan biji-bijian, namun selain itu burung puyuh juga memakan serangga dan hewan kecil lainnya di sekitarnya.

5. Ayam Kalkun
Contoh gambar hewan ovipar ayam kalkun | Pixabay @arturluczka
Kalkun atau ayam kalkun merupakan sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo galliformes dan genus meleagris, karena dari bangsa aves maka dia termasuk contoh hewan ovipar.

Kalkun memiliki kemampuan unik untuk melakukan reproduksi aseksual, sehingga kalkun betina dapat menghasilkan telur fertil meskipun tidak ada pembuahan dari kalkun jantan.

6. Ikan Cupang
Contoh gambar hewan ovipar ikan cupang | Pexels @chevanon-photography
Ikan cupang adalah golongan hewan dari jenis pisces. Ikan cupang memiliki ciri khas yang unik pada sirip dan ekornya. Seluruh tubuh ikan cupang memiliki warna yang berbeda-beda dari ikan lainnya.

Selain itu, meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil ikan ini sangatlah agresif apabila bertemu dengan ikan lainnya dan akan memekarkan insang serta ekornya selama mode bertarung.

Karena memiliki ciri khas yang eksotis, ikan cupang banyak diminati oleh sebagian besar orang untuk dijadikan sebagai ikan hias,

7. Ikan Mas
Contoh gambar hewan ovipar ikan mas | Pixabay @skeeze
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan nama ikan mas. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur ini habitatnya berada di daerah air tawar. Ikan ini sering dijadikan untuk dikonsumsi alias sebagai bahan makanan oleh manusia.

8. Kodok
Contoh gambar hewan ovipar kodok | Pixabay @natatamarli
Kodok ialah golongan hewan dari ordo anura. Ciri-ciri hewan ovipar kodok adalah memiliki ukuran tubuh yang lebih besar apabila dibandingkan dengan katak, mempunyai kulit yang kasar dan beracun serta warna kulitnya cenderung gelap. Kodok mempunyai kaki yang berkuku dan berselaput.

Kodok termasuk hewan bertulang belakang (vertebrata) dan berdarah dingin (poikiloterm). Habitat kodok berada di tempat yang lembab seperti di rawa-rawa dan tepian sungai. Makanan kodok adalah lalat dan nyamuk serta serangga kecil lainnya.

9. Capung
Contoh gambar hewan ovipar capung | Pixabay @papazachariasa
Capung kelompok hewan insecta dari kelas vertebrata yang menghabiskan sebagian besar waktunya di daerah yang basah seperti sungai, danau dan rawa. Di tempat tersebut mereka mencari makan dan menyimpan telur-telurnya.

Di antara mereka capung juga memiliki jenis yang mampu terbang dengan kuat sehingga bisa terbang dalam waktu yang lama dan jauh. Makanan capung adalah semut, nyamuk, rayap, lebah, berudu, lalat dan ikan kecil.

10. Lebah
Contoh gambar hewan ovipar lebah | Pexels @pixabay
Lebah salah satu contoh hewan dari bangsa serangga (insecta) yang bertahan hidup dengan cara berkelompok. Mereka membuat sarang di pepohonan, di atas bukit bahkan di atas rumah untuk koloninya, dan kelompok mereka dipimpin oleh ratu lebah.

Lebah memiliki manfaat bagi tumbuhan untuk penyerbukan tanaman dan manfaat bagi manusia untuk diambil madunya, madu dari lebah memiliki banyak khasiat sehingga seringkali dijadikan sebagai bahan herbal.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Ovipar. Untuk di artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai ciri ciri hewan ovovivipar dan contohnya.

Comments