Pengertian Dan Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Gambarnya

Tuesday, October 27, 2020
Daftar Isi
Pengertian Dan Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Gambarnya - Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwasannya terdapat berbagai macam jenis simbiosis dalam makhluk hidup. Namun dari semua jenis simbiosis yang ada, hanya 3 jenis simbiosis yang paling umum untuk dibahas, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme dan komensalisme.

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membuat ringkasan tentang contoh simbiosis mutualisme dan simbiosis parasitisme, dan pada kali ini saya akan memberikan ringkasan yang secara khusus membahas mengenai simbiosis komensalisme.

Pengertian Dan Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Gambar Dan Penjelasannya


Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah suatu hubungan atau interaksi antara dua makhluk hidup dengan jenis yang berbeda dan menguntungkan salah satu pihak namun pihak lainnya tidak dirugikan ataupun diuntungkan sama sekali.

Simbiosis komensalisme contohnya dapat kita temui pada lingkungan sekitar seperti bunga anggrek dengan pohon mangga, tumbuhan paku dengan pohon jati dan hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu. Untuk lebih detailnya lagi, berikut ini adalah penjelasannya.

Contoh Simbiosis Komensalisme Dan Penjelasannya

1. Bunga Anggrek Dan Pohon Mangga
Contoh Simbiosis Komensalisme Anggrek Dan Pohon Mangga
Contoh gambar simbiosis komensalisme anggrek dan pohon mangga | Pinterest
Contoh simbiosis komensalisme terjadi antara bunga anggrek dan pohon mangga. Anggrek bertahan hidup dengan cara menempel pada pohon mangga untuk fotosintesis, hal ini dilakukan supaya anggrek dapat memperoleh makanan dengan menyerap air dan mineral dari kulit luar pohon mangga.

Dalam hubungan ini tanaman anggrek sangat diuntungkan karena dapat bertahan hidup, tetapi pohon mangga tidak dirugikan ataupun diuntungkan.

2. Tumbuhan Paku Dan Pohon Jati
Contoh Simbiosis Komensalisme Tumbuhan Paku Dan Pohon Jati
Contoh gambar simbiosis komensalisme tumbuhan paku dan tanaman jati | liteblueupsgov.co
Hubungan antara tumbuhan paku dan tumbuhan jati merupakan termasuk salah satu contoh simbiosis komensalisme. Tumbuhan paku yang hidup menempel pada pohon jati bertujuan untuk memperoleh cahaya matahari untuk berfotosintesis.

Meskipun tumbuhan paku bertahan hidup dengan cara menempel pada pohon jati dan mendapatkan keuntungan, namun pohon jati tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan tumbuhan paku.

3. Ikan Remora Dan Ikan Hiu
Contoh Simbiosis Komensalisme Ikan Remora Dan Ikan Hiu
Contoh gambar simbiosis komensalisme ikan hiu dan ikan remora | hewanpedia.com
Hubungan erat ikan remora dengan ikan hiu adalah simbiosis komensalisme karena ikan remora yang hidup secara berkelompok berada di sekitar ikan hiu bertujuan sebagai tempat berlindung dari predator serta mendapatkan sisa makanan dari mangsa hiu.

Dengan begitu ikan remora sudah jelas sangat diuntungkan karena mendapatkan tempat berlindung dan makanan dari ikan hiu. Meski begitu ikan hiu tetap netral karena tidak untung ataupun rugi dengan adanya ikan remora di sekitarnya.

Baca juga:

4. Ikan Remora Dan Ikan Pari
Contoh Simbiosis Komensalisme Ikan Remora Dan Ikan Pari
Contoh gambar simbiosis komensalisme ikan remora dan ikan pari | sainspedia.xyz
Sama seperti ikan remora dan ikan hiu, hubungan antara ikan remora dengan ikan pari termasuk dalam contoh simbiosis komensalisme, sebab ikan remora mendapat untung dari ikan pari berupa sisa makanan dan tempat untuk berlindung dari hewan pemangsa. Keberadaan ikan remora juga tidak mengganggu ikan pari sehingga ia tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan.

5. Ikan Pilot Dan Penyu
Contoh Simbiosis Komensalisme Ikan Pilot Dan Penyu
Contoh gambar simbiosis komensalisme ikan pilot dan penyu | Pinterest
Interaksi ikan pilot dan penyu membentuk hubungan yang menguntungkan salah satu pihak dan netral pada pihak lain. Ikan pilot adalah pihak yang diuntungkan karena mendapatkan makanan di sekitar penyu, sedangkan penyu menjadi pihak netral yang tidak terpengaruh oleh keberadaan ikan pilot.

6. Burung Kuntul Dan Hewan Herbivora
Contoh Simbiosis Komensalisme Burung Kuntul
Contoh gambar simbiosis komensalisme burung kuntul dan hewan herbivora | Pixabay @soap0119
Contoh simbiosis komensalisme juga terjadi pada jenis burung kuntul kerbau dengan hewan herbivora. Hewan herbivora seperti sapi dan kerbau yang memakan rumput di padang rumput akan membuat serangga untuk berpindah tempat, pada kesempatan itulah dimanfaatkan oleh burung kuntul untuk menangkap serangga yang akan dijadikan sebagai mangsanya.

Dari sini kita dapat melihat dengan jelas bahwa pihak burung kuntul sangat diuntungkan karena keberadaan hewan herbivora tersebut untuk mencari mangsa. Sedangkan pihak hewan herbivora hasilnya netral.

7. Bakteri Pembusuk Pada Usus Manusia
Contoh simbiosis komensalisme yang terdapat pada tubuh manusia adalah hubungan antara bakteri pembusuk yang ada pada usus manusia. Bakteri yang hidup di usus manusia akan menyerap zat-zat yang sudah tidak dicerna, sementara itu manusia tidak mengalami kerugian ataupun keuntungan dari bakteri tersebut.

Itulah ringkasan singkat mengenai Pengertian Dan Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Gambarnya yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari ilmu biologi.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada