Pengertian Dan Contoh Simbiosis Parasitisme Beserta Gambarnya

No Comment Monday, October 26, 2020
Pengertian Dan Contoh Simbiosis Parasitisme Beserta Gambarnya - Pada artikel sebelumnya saya telah selesai membuat ringkasan mengenai pengertian dan contoh simbiosis mutualisme. Namun kali ini saya merangkum artikel yang membahas tentang simbiosis parasitisme dan contohnya supaya dapat dengan mudah untuk kalian pelajari.

Pengertian Dan Contoh Simbiosis Parasitisme Beserta Gambar Dan Penjelasannya


Pengertian Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk yang menguntungkan salah satu pihak namun merugikan pihak lainnya. Sebutan untuk makhluk yang merugikan makhluk lain yaitu "parasit", sedangkan makhluk yang dirugikan disebut "inang".

Parasit menumpang hidup pada inang dengan cara mengambil makanan dan cadangan makanan dari inangnya, selain itu parasit juga menggunakan untuk dijadikan sebagai tempat berlindung. Hal ini dapat merugikan inang secara permanen karena mempengaruhi proses pertumbuhannya.

Contoh Simbiosis Parasitisme Dan Penjelasannya

1. Lalat Buah Dengan Buah
Contoh Simbiosis Parasitisme Lalat Buah Dengan Buah
Contoh gambar simbiosis parasitisme lalat buah dengan buah | Pixabay @nuzree
Lalat buah merupakan salah satu hama pada tumbuhan khususnya bagi buah-buahan. Hal ini disebabkan lalat buah mengambil sari makanan pada buah tersebut dan menjadikannya sebagai tempat untuk berkembang biak, sehingga buah tersebut menjadi busuk.

2. Bunga Rafflesia Arnoldi Dengan Inangnya
Contoh Simbiosis Parasitisme Bunga Rafflesia Dengan Inangnya
Contoh gambar simbiosis parasitisme bunga rafflesia dengan inangnya | Putratani.com
Contoh simbiosis parasitisme pada tumbuhan terjadi antara bunga rafflesia arnoldi dengan inangnya. Jenis bunga yang langka ini termasuk jenis tanaman parasit yang menumpang hidup dengan mengambil makanan dari hasil fotosintesis yang menjadi inangnya. Hal ini mirip seperti hubungan benalu dengan inangnya.

3. Benalu Dengan Tumbuhan Inangnya
Contoh Simbiosis Parasitisme Benalu Dengan Inangnya
Contoh gambar simbiosis parasitisme benalu dengan inangnya | Farmasetika.com
Benalu merupakan tumbuhan parasit karena tumbuhan ini hidup dengan cara menumpang pada inangnya, sehingga benalu mengambil sari makanan dan kandungan mineral yang didapat dari inangnya.

Dengan hal ini maka benalu sangat diuntungkan namun tumbuhan inangnya akan dirugikan karena hal itu dapat menghambat proses pertumbuhannya.

4. Kutu Daun Dengan Tumbuhan
Contoh Simbiosis Parasitisme Kutu Daun Dengan Tumbuhan
Contoh gambar simbiosis parasitisme kutu daun dengan tumbuhan | Pixabay @francok35
Kutu daun dengan tumbuhan merupakan salah satu contoh simbiosis parasitisme pada tumbuhan yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar.

Kutu daun merupakan hama tanaman sebab hewan ini memakan getah pada tanaman. Hewan ini juga hidup dengan cara berkoloni dengan menempati tumbuhan untuk mencari makan, sehingga hal ini dapat merugikan tumbuhan tersebut.

Baca juga:

5. Kutu Dengan Hewan
Contoh Simbiosis Parasitisme Kutu Dengan Hewan
Contoh gambar simbiosis parasitisme kutu dengan hewan | Meongers.com
Contoh simbiosis parasitisme pada hewan adalah hubungan antara kutu dengan hewan lain. Kutu yang hidup di tubuh hewan akan menyerap darah dari inangnya, sehingga hewan tersebut akan dirugikan karena mengalami gatal karena gigitan kutu.

6. Tikus Dengan Petani
Contoh Simbiosis Parasitisme Tikus Dengan Petani
Contoh gambar simbiosis parasitisme tikus dengan petani | Pixabay @422737
Contoh simbiosis parasitisme pada manusia dapat kita lihat dari hubungan tikus dengan petani. Tikus merupakan termasuk hama perusak ladang karena hewan ini memakan tanaman para petani seperti padi dan yang lainnya.

Dampak dari hubungan ini yaitu tikus sangat diuntungkan karena mendapatkan makanan, sedangkan petani menjadi rugi karena produksi pangan para petani menjadi menurun.

7. Manusia Dengan Nyamuk
Contoh Simbiosis Parasitisme Nyamuk Dengan Manusia
Contoh gambar simbiosis parasitisme nyamuk dengan manusia | Pixabay @skeeze
Simbiosis parasitisme juga dapat terjadi antara manusia dengan nyamuk. Nyamuk merupakan hewan parasit yang menyerap darah inangnya dalam mencari makan.

Contohnya saja manusia yang digigit nyamuk kulitnya akan menjadi gatal karena darahnya habis dihisap, selain itu ada juga jenis nyamuk yang berbahaya seperti Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit seperti demam berdarah.

Dalam hal ini nyamuk sangat diuntungkan karena mendapatkan makanan, sedangkan manusia akan dirugikan karena kehilangan darah.

Cukup sampai disini dulu pembahasan tentang Pengertian Dan Contoh Simbiosis Parasitisme Beserta Gambarnya yang dapat saya suguhkan kepada kalian semua. Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas simbiosis komensalisme. Semoga berguna.

Comments