Penyebab Dan Cara Menampilkan Notifikasi WA Di Atas Layar

No Comment Thursday, November 17, 2022
Daftar Isi
Penyebab Dan Cara Menampilkan Notifikasi WA Di Atas Layar Vuiral.com - Notifikasi WhatsApp merupakan sebuah fitur WA yang berguna memberikan pemberitahuan kepada pemilik smartphone tentang informasi terbaru mengenai apa yang terjadi di WhatsApp. Misalnya saja notifikasi panggilan masuk, pesan masuk, notifikasi grup, dan notif WA yang lainnya.

Namun terkadang terdapat pengguna WhatsApp yang mengalami masalah notif WA tidak muncul jika tidak dibuka lalu bertanya-tanya kenapa notifikasi WA tidak muncul dan tidak bunyi padahal sedang online.

Baca juga:

Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Inilah Penyebab Dan Cara Menampilkan Notifikasi WA Di Atas Layar


Penyebab Notifikasi WA Tidak Muncul

Apabila kalian sedang mengalami masalah notifikasi aplikasi WhatsApp tidak muncul di layar HP kamu, maka ada beberapa penyebabnya. Dan inilah yang mungkin menjadi penyebab pemberitahuan WhatsApp tidak muncul:
  1. Aplikasi WhatsApp berhenti berjalan.
  2. Aplikasi WhatsApp tidak terhubung ke internet.
  3. Notifikasi WhatsApp telah diblokir.
  4. Data pada aplikasi WhatsApp di HP terdapat eror atau bug.

Cara Menampilkan Notifikasi WA Di Atas Layar

Setelah mengetahui penyebab notifikasi WA tidak muncul, maka kita dapat mencari solusi untuk mengambil tindakan yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut seperti cara di bawah ini.

1. Pastikan Kalian Tidak Menghentikan Aplikasi WhatsApp
Mungkin kalian ada yang bertanya kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul kalau tidak dibuka? Hal itu dikarenakan aplikasi WhatsApp telah berhenti berajalan. Sebab jika aplikasi berhenti berjalan, maka aplikasi tersebut tidak dapat memproses data terbaru.

Oleh karena itu, apabila kalian ingin mendapatkan notifikasi WhatsApp terbaru, pastikan kalian tidak menghentikan proses aplikasi WhatsApp di latar belakang.

2. Pastikan WhatsApp Terhubung Ke Internet
Selain tidak boleh diberhentikan, aplikasi WhatsApp juga harus selalu terhubung ke internet apabila kalian ingin mendapatkan notif WA terbaru tentang pesan masuk ataupun panggilan masuk.

3. Izinkan Notifikasi Aplikasi WA
Untuk kalian yang bertanya kenapa notifikasi WA tidak muncul di layar kunci ataupun di layar utama, biasanya hal itu dikarenakan HP kamu tidak memberikan izin notifikasi aplikasi WhatsApp.

Untuk cara mengembalikan notifikasi WA yang diblokir, kalian bisa mengikuti panduan cara agar notifikasi WA muncul di atas layar seperti berikut ini:

Penyebab Dan Cara Menampilkan Notifikasi WA Di Atas Layar
Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar HP Android
  1. Buka menu "Pengaturan" di HP Android atau iPhone kamu.
  2. Setelah itu cari menu "Manajemen Aplikasi".
  3. Selanjutnya pilih menu "Daftar aplikasi".
  4. Kemudian cari aplikasi WhatsApp dan pergi ke menu "Kelola notifikasi".
  5. Terakhir, aktifkan opsi "Izinkan notifikasi". Pastikan juga untuk mengaktifkan notifikasi "Layar kunci, Spanduk, Gelembung" supaya dapat muncul di layar utama dan layar kunci.

4. Aktifkan Notifikasi WA Prioritas Tinggi
Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul yang selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan notifikasi WA prioritas tinggi seperti di bawah ini:

Cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul di atas layar
Cara menampilkan notifikasi WA di atas layar HP Android
  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP kalian.
  2. Setelah itu ketuk ikon "titik tiga" yang ada di pojok kanan atas untuk membuka menu.
  3. Kemudian pilih menu "Setelan" pada WhatsApp.
  4. Berikutnya pergi ke menu "Notifikasi".
  5. Terakhir, aktifkan opsi "Nada percakapan" dan juga "Gunakan notifikasi prioritas tinggi".

5. Matikan Fitur Bungkam Notifikasi
Jika kalian mengalami notif WhatsApp tidak muncul di layar utama meskipun sudah mengizinkan aplikasi notifikasi aplikasi WA, maka kemungkinan kalian telah mengaktifkan fitur Bungkam Notifikasi atau Blokir Notifikasi. Sehingga HP kalian akan memblokir semua notifikasi yang bukan menjadi prioritas dari layar utama.

Sehingga satu-satunya solusi adalah dengan mematikan fitur tersebut atau memasukkan aplikasi WhatsApp kedalam daftar prioritas.

Baca juga:

6. Matikan Opsi Jangan Ganggu
kenapa notifikasi WA tidak bunyi? Hal seperti itu biasanya diakibatkan oleh aktifnya fitur jangan ganggu yang membuat HP masuk kedalam mode senyap, sehingga akan membuat HP tidak bergetar ataupun berdering meskipun terdapat notifikasi WhatsApp. Dan itulah yang menyebabkan suara notifikasi WA tidak muncul.

7. Update WhatsApp Terbaru
Apabila kalian sudah mengikuti semua cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul di hp samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, ataupun iPhone seperti cara di atas, namun masih tidak membuahkan hasil. Maka kemungkinan WhatsApp kalian terdapat data yang bug sehingga membuat notif WA menjadi eror dan tidak dapat tampil.

Solusi untuk cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul di layar depan karena ngebug yaitu dengan mengupdate WhatsApp supaya dapat memperbarui fitur WhatsApp yang eror.

Itulah penjelasan lengkap mengenai beberapa Penyebab Dan Cara Menampilkan Notifikasi WA Di Atas Layar yang dapat kalian lakukan. Semoga langkah tersebut dapat menjadi solusi untuk kalian.

Comments

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]