Pengertian Komponen Biotik Dan Contoh Komponen Biotik

No Comment Monday, December 07, 2020
Pengertian Komponen Biotik Dan Contoh Komponen Biotik - Dalam sebuah ekosistem terdiri atas 2 komponen, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Kedua komponen tersebut saling berinteraksi untuk sama lain dalam suatu tempat sebagai kesatuan yang teratur.

Lalu apa yang dimaksud dengan komponen biotik? apa saja contoh-contoh komponen biotik pada suatu ekosistem? untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Komponen Biotik Dan Macam Macam Contoh Komponen Biotik Dalam Ekosistem

Pengertian Komponen Biotik Dan Contoh Komponen Biotik
Contoh gambar komponen biotik (zebra, jerapah, rusa, pohon, rumput)


Pengertian Komponen Biotik Adalah

Komponen biotik adalah salah satu komponen yang ada di dalam suatu ekosistem yang berupa makhluk hidup atau dapat disebut dengan organisme. Komponen biotik atau makhluk hidup hanya dapat bertahan hidup dan berkembang biak apabila berada di tempat yang cocok, tempat tinggal makhluk hidup disebut Habitat.

Macam Macam Contoh Komponen Biotik Berdasarkan Ukurannya

  1. Makroorganisme adalah makhluk hidup yang berukuran besar, seperti manusia, hewan, tumbuhan.
  2. Mikroorganisme adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamtinya memerlukan alat bantu khusus seperti mikroskop. Contohnya yaitu bakteri, virus.

Macam Macam Contoh Komponen Biotik Berdasarkan Sumber Makanannya

  1. Organisme Autotrof adalah kelompok organisme yang mampu menghasilkan sumber makanan mereka sendiri dengan cara mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Sehingga organisme autotrof menjadi makhluk mangsa.
  2. Organisme Heterotrof adalah kelompok organisme yang tidak dapat membuat sumber makanan sendiri, sehingga mereka bergantung pada organisme lain untuk mendapatkan sumber energi. Sehingga organisme heterotrof menjadi makhluk pemangsa atau predator.

Macam Macam Contoh Komponen Biotik Berdasarkan Fungsi Dan Tugasnya Pada Ekosistem

Setiap komponen biotik atau makhluk hidup yang berada di dalam sebuah ekosistem memiliki fungsi dan tugas tertentu, hal ini juga merupakan salah satu bentuk interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungan untuk menjaga kelangsungan ekosistem tersebut.

Bahkan hasil dari interaksi tersebut telah membentuk sebuah simbiosis, rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Beikut ini adalah 4 contoh komponen biotik dalam ekosistem.

Baca juga:

1. Produsen

Produsen adalah komponen biotik yang termasuk dalam golongan makhluk hidup yang dapat memproduksi makanan mereka sendiri dari zat anorganik menjadi organik. Hal ini biasa disebut dengan organisme autotrof.

Karena menjadi organisme yang mampu menyediakan makanan sendiri, maka produsen tidak memakan organisme lain, sehingga produsen menjadi mangsa atau dimakan oleh organisme lain. Contoh komponen biotik produsen adalah tumbuh-tumbuhan seperti buah, sayur, lumut, dan sebagainya.

2. Konsumen

Konsumen adalah kelompok organisme yang tidak dapat memproduksi makanan mereka sendiri yang disebut organisme heterotrof, sehingga mereka akan bergantung kepada organisme lainnya untuk memperoleh energi. Yang termasuk kedalam contoh komponen biotik konsumen adalah hampir semua golongan hewan, tumbuhan yang tidak berklorofil, manusia.

Dalam komponen biotik golongan konsumen dibedakan menjadi beberapa bagian berdasarkan jenis makanannya, yaitu:
  1. Herbivora: organisme yang memakan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Contohnya yaitu kerbau, sapi, kuda, domba.
  2. Karnivora: organisme yang hanya memakan daging dari organisme lainnya untuk mendapatkan sumber energinya. Contohnya ialah harimau, singa, elang.
  3. Omnivora: organisme yang mampu memakan daging dan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Contohnya yakni tupai, beruang, monyet.
  4. Insektivora: golongan organisme yang hanya memakan serangga untuk mendapatkan sumber energinya. Contohnya adalah cicak, katak, tapir, tumbuhan kantung semar.

3. Dekomposer

Contoh komponen biotik yang berperan sebagai pengurai bangkai dari makhluk hidup lainnya guna mengubah zat organik menjadi anorganik lalu diolah lembali oleh produsen adalah dekomposer. Contoh komponen biotik dari organisme dekomposer yakni jamur, bakteri.

4. Detritivor

Detritivor ialah organisme yang memakan partikel-partikel organik (detritus) yang berasal dari serpihan-serpihan jaringan hewan dan tumbuhan yang telah melapuk. Contoh organisme detritivor pada komponen biotik ialah cacing tanah, siput, keluwing, lipan, teripang.

Contoh Komponen Biotik Dalam Ekosistem

5 Contoh Komponen Biotik Di Sekitar Rumah
  1. Lumut
  2. Lalat
  3. Semut
  4. Nyamuk
  5. Cicak

5 Contoh Komponen Biotik Yang Membentuk Ekosistem Kolam Adalah
  1. Ikan
  2. Lumut
  3. Bakteri
  4. Siput
  5. Ganggang

10 Contoh Komponen Biotik Yang Khas Terdapat Pada Ekosistem Sawah Adalah
  1. Katak
  2. Kodok
  3. Nyamuk
  4. Tikus
  5. Ulat
  6. Ular
  7. Belalang
  8. Burung
  9. Padi
  10. Rumput

Demikianlah ringkasan tentang Pengertian Komponen Biotik Dan Macam Macam Contoh Komponen Biotik Dalam Ekosistem.

Comments