Pengertian Komponen Abiotik Dan Contoh Komponen Abiotik

No Comment Tuesday, December 08, 2020
Pengertian Komponen Abiotik Dan Contoh Komponen Abiotik - Seperti yang sudah jelaskan sebelumnya bahwa ekosistem dapat tercipta karena adanya interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas mengenai pengertian komponen abiotik beserta contohnya yang terdapat pada suatu ekosistem di bumi.

Pengertian Komponen Abiotik Dan Macam Macam Contoh Komponen Abiotik Pada Ekosistem

Pengertian Komponen Abiotik Dan Contoh Komponen Abiotik
Contoh gambar komponen abiotik (air, udara, tanah, cahaya matahari, awan)

Pengertian Komponen Abiotik Adalah

Komponen abiotik adalah salah satu komponen ekosistem yang berasal dari golongan benda-benda yang tak hidup (tidak bernyawa). Komponen abiotik memiliki unsur fisik dan kimia yang berada di sekitar organisme untuk mendukung dan mempengaruhi kelangsungan kehidupan organisme tersebut.

Macam Macam Contoh Komponen Abiotik Pada Ekosistem


1. Air

Air adalah komponen abiotik yang penting bagi keberlangsungan kehidupan suatu organisme maupun ekosistem. Air juga menjadi salah satu tanda bahwa adanya kehidupan di suatu lingkungan.

Kondisi suatu lingkungan atau setiap tempat yang berbeda mempunyai ketersediaan air yang berbeda-beda. Kebutuhan air pada suatu organisme juga tidak bisa disamakan dengan jenis organisme lainnya.

Sehingga hal ini dapat mempengaruhi proses kehidupan pada suatu organisme yang berada di lingkungan tersebut, contohnya yaitu seperti tumbuhan kaktus yang mampu bertahan hidup di padang pasir dengan membentuk duan yang tebal dan pori-pori yang sempit guna mengurangi penguapan.

2. Tanah

Tanah merupakan salah satu contoh komponen abiotik yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti dari perlapukan bebatuan, pembentukan mineral, pembusukan senyawa organik, dan sebagainya.

Setiap komposisi tanah memiliki kandungan garam, mineral, air, dan gas yang berbeda-beda. Sehingga komponen abiotik pada tanah menjadi sumber kehidupan bagi berbagai macam jenis organisme, seperti hewan untuk membuat tempat tinggal dibawah tanah, tumbuhan untuk mendapatkan makanan, serta manusia untuk bercocok tanam.

Selain itu sebagian besar tumbuhan di bumi hidup di tanah dan menjadi sumber makanan pokok bagi sebagian organisme, seperti hewan pemakan tumbuhan (herbivora) dan manusia.

Baca juga:

3. Udara

Contoh komponen abiotik selanjutnya adalah udara. Udara di bumi berperan sangat penting dalam menjaga kelangsungan ekosistem, baik bagi lingkungan maupun makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Udara mengandung oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernafas, selain itu udara juga mengandung karbon dioksida yang dibutuhkan tumbuhan untuk berfotosintesis. Di sisi lain kumpulan udara juga membentuk lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari ancaman fenomena di luar angkasa, seperti tabrakan meteor, mengurangi radiasi matahari, dan sebagainya.

4. Cahaya Matahari

Cahaya matahari dari matahari dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu pada suatu lingkungan di bumi, seperti tingkat kelembaban dan kadar uap air. Perbedaan suhu pada lingkungan dapat menyebabkan terjadinya perbedaan tekanan udara, sehingga udara tersebut bergerak dan terbentuk menjadi angin.

Cahaya matahari juga membantu tumbuhan untuk melakukan fotosintesis dan memberikan manfaat vitamin D bagi manusia.

5. Iklim

Contoh komponen abiotik lainnya yaitu iklim yang merupakan keadaan rata-rata cuaca pada suatu tempat di berbagai wilayah pada setiap planet, termasuk bumi. Iklim terbentuk karena adanya pengaruh dari interaksi antar komponen ekosistem, seperti udara, air, suhu, cahaya matahari dan serta faktor lainnya.

Iklim juga mempengaruhi proses kelangsungan hidup pada suatu ekosistem yang ada di bumi. Contohnya yaitu seperti persebaran suatu jenis organisme, proses pertumbuhan organisme terutama tumbuhan, serta mempengaruhi kesuburan tanah.

6. Topografi

Topografi adalah komponen abiotik yang merupakan suatu bentuk suatu permukaan di wilayah bumi. Topografi yang berbeda dapat menimbulkan pengaruh lingkungan yang sangat besar, seperti perbedaan penerimaan intensitas cahaya matahari, pengaruh suhu, kelembaban, tekanan udara, serta distribusi makhluk hidup.

10 Contoh Komponen Abiotik Lainnya Adalah
  1. Emas
  2. Perak
  3. Tembaga
  4. Timah
  5. Batu
  6. Nikel
  7. Karbon Dioksida
  8. Ozon
  9. Hidrogen
  10. Hujan

Cukup sampai disini saja artikel pembahasan mengenai Pengertian Komponen Abiotik Dan Contoh Komponen Abiotik. Semoga informasi ini menambah wawasan kalian.

Comments