Pengertian Struktur Lapisan Bumi Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya

No Comment Wednesday, December 02, 2020
Pengertian Struktur Lapisan Bumi Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya - Bumi merupakan salah satu dari nama nama planet di tata surya dengan urutan planet ketiga dari matahari. Planet bumi memiliki struktur lapisan yang bermacam-macam karena terdiri dari berbagai macam unsur kimia.

Pengertian Struktur Lapisan Bumi Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya


Pengertian Struktur Lapisan Bumi

Struktur lapisan bumi adalah sebuah lapisan penyusun bumi yang dimulai dari permukaan bumi hingga kedalam pusat perut bumi yang terdiri dari Kerak Bumi, Mantel Bumi, Dan Inti Bumi.

Setiap struktur lapisan bumi memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari besarnya tekanan, temperature, hingga komposisi yang ada pada setiap lapisan bumi.

Macam Macam Bagian Struktur Lapisan Bumi Dan Karakteristiknya

Pengertian Struktur Lapisan Bumi Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya
Macam macam bagian struktur lapisan bumi

1. Kerak Bumi (Crust)

Kerak bumi atau crust adalah struktur lapisan penyusun bumi yang berada di bagian paling luar dengan ketebalan hingga mencapai 70 km. Karena berada lapisan paling luar, kerak bumi juga bersentuhan langsung dengan lapisan atmosfer.

Kerak bumi menjadi tempat yang paling aman untuk dihuni oleh mahkluk hidup yang ada di bumi. Di sisi lain kerak bumi menjadi bagian lapisan bumi yang paling aktif bergerak akibat adanya pergerakan lempeng tektonik.

Selain itu kerak bumi juga memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Sehingga kerak bumi dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:
1. Kerak Samudra
Kerak samudra adalah lapisan terluar pada bumi yang permukaannya ialah wilayah perairan, ketebalan kerak samudra hanya sekitar 5 - 10 km, dan lapisan penyusunnya terdiri atas bebatuan basalt dengan massa jenis 3 mg/cc sehingga lebih padat dari batu granit yang ada di kerak bumi.

2. Kerak Benua
Kerak benua ialah sebuah lapisan yang paling luar pada permukaan bumi di wilayah daratan, ketebalan kerak benua sekitar 20 - 70 km, sedangkan lapisan penyusun kerak benua terdiri oleh bebatuan granit dengan kepadatan rata-rata 2,6 mg/cc sehingga tidak sepadat kerak benua.

Macam macam unsur kimia utama dalam pembentukan kerak bumi:
  • Oksigen (O) = 46,6%
  • Silikon (Si) = 27,7%
  • Aluminium (Al) = 8,1%
  • Besi (Fe) = 5,0%
  • Kalsium (Ca) = 3,6%
  • Natrium (Na) = 2,8%
  • Kalium (K) = 2,6%
  • Magnesium (Mg) = 2,1%

2. Selimut Bumi (Mantle)

Selimut atau mantel bumi merupakan lapisan bumi yang berada di bawah kerak bumi, lapisan mantel bumi yang menutupi inti bumi dengan bebatuan padat. Tingkat ketebalan mantel bumi adalah 2.900 km, sehingga mencakup 80% volume dan 67,8% dari keseluruhan massa bumi. Suhu tertinggi pada mantel bumi mencapai 3.000° Celcius.

Secara umum mantel bumi dibagi menjadi 2 kategori berdasarkan komposisi kimiawi dan suhunya, yaitu:
1. Mantel Luar (Outer Mantle)
Mantel luar berada di kedalaman 35 - 410 km dari permukaan bumi. Lapisan ini bersifat padat dan plastis, hal disebabkan oleh kesetimbangan suhu yang kurang panas dan tekanan yang terlalu tinggi. Pada bagian mantel luar terdapat lapisan bumi yang disebut dengan litosfer dan astenosfer.

Pengertian Struktur Lapisan Bumi Litosfer
Lapisan litosfer adalah struktur lapisan bumi yang terbentuk oleh kerak bumi dan sebagian mantel bumi bagian luar yang berada pada kedalaman 40 - 200 km dari permukaan bumi.

Litosfer ditopang oleh astenosfer yang berada di dalam mantel bumi. Lapisan litosfer sangatlah padat dan keras karena terdiri dari bebatuan, yakni batuan beku (igneous rock); batuan sedimen (sedimentary rock); serta batuan malihan (metamorf).

Pengertian Lapisan Bumi Astenosfer
Lapisan astenosfer adalah lapisan teratas terdapat pada mantel luar dan bersentuhan langsung dengan lapisan litosfer. Lapisan ini berada di kedalaman 200 - 700 km dalam perut bumi. Lapisan astenosfer mempunyai suhu sekitar 1.300° Celcius. Lapisan astenosfer bersifat plastis, lebih panas dan berada lebih dalam dari litosfer.

2. Mantel Dalam (Inner Mantle)
Mantel dalam berada di kedalaman 410 - 2.900 km dari permukaan bumi. Lapisan ini memiliki sifat yang sama seperti mantel luar yaitu bersifat padat dan plastis. Selain itu mantel dalam berbatasan langsung dengan struktur inti bumi.

Pada bagian mantel bumi terdapat arus konveksi yang menyebabkan adanya pergerakan lapisan astenosfer, sehingga menimbulkan terjadinya gempa bumi atau aktivitas vulkanisme pada gunung berapi.

Macam macam unsur kimia utama dalam pembentukan mantel bumi yaitu Oksigen (O), Silikon (Si), Aluminium (Al), Besi (Fe), Kalium (K), Magnesium (Mg).

3. Inti Bumi (Core)

Inti bumi adalah struktur lapisan terdalam pada perut bumi. Lapisan inti bumi berada pada kedalaman 2.900 sampai ke pusat bumi yaitu sekitar 6.300 km dari permukaan bumi. Selain itu komposisi penyusun inti bumi tersusun dari logam besi dan nikel.

Lapisan inti bumi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Inti Bumi Luar (Outer Core)
Lapisan inti luar berada di kedalaman 2.900 - 5.100 km. Suhu pada inti bumi bagian luar dapat menyentuh angka 2.000° Celcius. Lapisan inti bumi bagian luar bersifat cair.

2. Inti Bumi Dalam (Inner Core)
Lapisan inti dalam berada pada kedalaman 5.100 - 6.300 km. Suhu tertinggi pada inti bumi bagian dalam berada di angka 4.500° Celcius. Lapisan inti bumi bagian dalam bersifat lebih padat karena adanya tekanan yang terdapat dari segala arah.

Itulah informasi sekilas mengenai Pengertian Struktur Lapisan Bumi Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat membantu proses pembelajaran kalian.

Comments