Komponen Utama Lapisan Penyusun Bumi Berdasarkan Sifat Fisika

No Comment Friday, December 04, 2020
Komponen Utama Lapisan Penyusun Bumi Berdasarkan Sifat Fisika - Jika dilihat dari sifat fisikanya, bumi terdiri dari berbagai macam komponen utama yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, atmosfer, serta biosfer. Lapisan-lapisan tersebut berguna sebagai lapisan penyusun bumi.

Macam Macam Komponen Utama Lapisan Penyusun Bumi Dan Karakteristiknya Berdasarkan Sifat Fisika

Macam Macam Komponen Utama Lapisan Penyusun Bumi Dan Karakteristiknya

1. Lapisan Litosfer (Daratan)

Litosfer adalah bumi yang berada di permukaan bumi dan tersusun dari tanah dan bebatuan sehingga bersifat padat. Lapisan penyusun bumi litosfer terdiri atas berbagai macam jenis bebatuan, yakni batuan beku (igneous rock); batuan sedimen (sedimentary rock); serta batuan malihan (metamorf).

Selain itu litosfer juga dapat mempengaruhi bentuk permukaan bumi akibat dari pergerakan lempeng bumi. Sehingga lapisan litosfer meliputi wilayah daratan atau benua di bumi, seperti gunung, bukit, tebing, lembah dan sejenisnya.

Baca juga:

2. Lapisan Hidrosfer (Perairan)

Hidrosfer adalah komponen lapisan penyusun bumi yang berada di permukaan bumi dan tersusun dari air sehingga dapat bersifat cair, gas maupun padat. Lapisan hidrosfer meliputi wilayah perairan seperti samudra, laut, sungai, danau, rawa dan sejenisnya.

3. Lapisan Atmosfer (Udara)

Lapisan atmosfer adalah sebuah lapisan gas yang menyelimuti seluruh permukaan bagian atas planet bumi hingga ke bagian luar angkasa. Komposisi lapisan atmosfer bumi terdiri dari unsur nitrogen (78.17%), oksigen (20.97%), argon (0.9%), karbon dioksida (0,035%), uap air, beserta kandungan gas lainnya.

Atmosfer berfungsi melindungi bumi dari kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh fenomena luar angkasa seperti radiasi sinar matahari, tabrakan meteor, menstabilkan lingkungan dengan mengontrol iklim dan cuaca, serta fungsi lainnya.

4. Lapisan Biosfer (Lingkungan Kehidupan)

Lapisan Penyusun Bumi Biosfer (Lingkungan Kehidupan)
Gambar skala lapisan biosfer
Lapisan Biosfer merupakan sebuah lapisan yang mencakup 3 lapisan penyusun bumi yang terdiri atas Litosfer, Hidrosfer, dan Atmosfer.

Biosfer berasal dari kata biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti lingkungan kehidupan. Sehingga arti biosfer adalah zona kehidupan di bumi yang mencakup interaksi dengan lingkungan ataupun ekosistem di daratan (litosfer), perairan (hidrosfer), udara (atmosfer), serta hubungan antar sesama makhluk hidup (biotik). Selain itu Biosfer juga sering dikenal dengan sebutan Ekosfer.

Lapisan biosfer sangat bergantung pada kondisi lingkungan yang terdapat pada 3 komponen utama lapisan penyusun bumi, yaitu litosfer, hidrosfer, atmosfer. Apabila salah satu komponen utama tersebut mengalami kerusakan atau hilang maka komponen biosfer tidak dapat bertahan (hancur).

Itulah ringkasan mengenai Macam Macam Komponen Utama Lapisan Penyusun Bumi Dan Karakteristiknya Berdasarkan Sifat Fisikanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments