Pengertian Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya

No Comment Thursday, December 03, 2020
Pengertian Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya - Tahukah kalian bahwa kelangsungan mahkluk hidup di bumi ini juga dipengaruhi oleh lapisan atmosfer, jika tidak ada lapisan atmosfer mungkin kita tidak akan bisa bertahan hidup karena berbagai macam alasan. Sehingga lapisan atmosfer berperan penting bagi mahkluk hidup di bumi.

Selain bagi mahkluk hidup, atmosfer juga berpengaruh dalam menjaga kondisi lingkungan di bumi untuk mencegah berbagai macam kerusakan yang diakibatkan oleh fenomena luar angkasa seperti radiasi sinar ultraviolet, hujan meteor dan sebagainya.

Pengertian Lapisan Atmosfer Bumi Dan Fungsinya

Pengertian Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya
Gambar urutan lapisan atmosfer bumi

Pengertian Lapisan Atmosfer Bumi Adalah

Lapisan atmosfer adalah sebuah lapisan gas yang menyelimuti seluruh permukaan atas planet hingga ke bagian luar angkasa. Semua planet di tata surya mempunyai lapisan atmosfer, termasuk bumi. Namun kandungan pada lapisan atmosfer di setiap planet memiliki unsur yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk komposisi lapisan atmosfer bumi terdiri dari unsur nitrogen (78.17%), oksigen (20.97%), argon (0.9%), karbon dioksida (0,035%), uap air, beserta kandungan gas lainnya.

Baca juga:

Manfaat Atau Fungsi Lapisan Atmosfer Bumi Adalah

Fungsi lapisan atmosfer bumi memiliki banyak sekali manfaat bagi lingkungan ataupun kehidupan di planet bumi, di antaranya yaitu:
  1. Melindungi bumi dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya bagi mahkluk hidup.
  2. Menjaga cuaca dan suhu di bumi supaya tetap stabil.
  3. Mengandung gas yang diperlukan oleh mahkluk hidup di bumi. Seperti oksigen, karbon dioksida, nitrogen dan sebagainya.
  4. Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang akan jatuh atau menabrak planet bumi. Seperti meteor, asteroid, serta bebatuan luar angkasa lainnya.
  5. Menstabilkan kondisi bumi pada bagian luar angkasa.

Gambar Macam Macam Lapisan Atmosfer Bumi

Urutan Dan Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya
Gambar 7 lapisan atmosfer bumi

Dalam lapisan atmosfer bumi terdapat berbagai macam jenis lapisan gas dengan unsur dan karakteristik yang berbeda-beda sebagai lapisan penyusun atmosfer. Berikut ini 7 lapisan atmosfer secara berurutan dari yang terendah hingga yang tertinggi adalah:
  1. Lapisan Troposfer (Troposphere).
  2. Lapisan Stratosfer (Stratosphere)
  3. Lapisan Ozon (Ozone).
  4. Lapisan Mesosfer (Mesosphere).
  5. Lapisan Termosfer (Termosphere)
  6. Lapisan Ionosfer (Ionosphere).
  7. Lapisan Eksosfer (Exosphere).

Urutan Dan Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya


1. Troposfer (Troposphere)

Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang berada pada urutan terendah dan menjadi lapisan atmosfer yang paling tipis di bumi, karena hanya memiliki ketebalan sekitar 15 km.

Selain itu lapisan atmosfer yang mempunyai pengaruh besar bagi kehidupan lainnya adalah lapisan troposfer. Sebab kandungan gas yang terdapat pada lapisan troposfer sangat ideal untuk mendukung kehidupan di bumi.

Oleh karena itu ketinggian yang paling rendah adalah bagian yang paling hangat di lapisan troposfer, hal ini disebabkan oleh permukaan bumi yang menyerap panas matahari lalu menyebarkannya melalui udara.

Macam Macam lapisan penyusun atmosfer pada bagian troposfer
  • Lapisan planetair = 0 - 1 km
  • Lapisan konveksi = 1 - 8 km
  • Lapisan tropopause = 8 - 12 km

Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Pada Bagian Troposfer (Troposphere)
  • Suhu lapisan troposfer pada permukaan air laut berada di angka 30° Celcius, jika kita naik ke atas maka akan mengalami penurunan suhu sebesar 0,61° Celcius pada setiap 100 meternya.
  • Pada lapisan troposfer merupakan tempat terjadinya peristiwa-peristiwa cuaca seperti angin, hujan, musim salju, kemarau, dan cuaca lainnya.
  • Terdapat lapisan tropopause yang berfungsi sebagai lapisan pembatas antara troposfer dengan stratosfer.

2. Stratosfer (Stratosphere)

Stratosfer berada pada ketinggian 11 - 60 km dari permukaan tanah. Suhu di lapisan stratosfer yang paling bawah relatif stabil dan dingin yakni sekitar -57° C. Selain itu pergerakan angin disini sangat kencang dan memiliki pola tertentu.

Di bagian stratosfer terdapat lapisan atmosfer yang berfungsi untuk mencegah radiasi sinar matahari masuk ke bumi adalah lapisan ozon yang berada pada ketinggian 40 km.

Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Pada Bagian Stratosfer (Stratosphere)
  • Merupakan tempat untuk terbangnya pesawat.
  • Adanya lapisan ozon yang berfungsi menyerap radiasi sinar matahari (ultraviolet).
  • Terdapat lapisan stratopause yang memisahkan lapisan stratosfer dan mesosfer.
  • Semakin rendah ketinggian lapisan stratosfer maka semakin kecil suhu tersebut. Namun, nilai suhunua akan naik saat berada di lapisan ozon dan stratopause.

3. Mesosfer (Mesosphere)

Mesosfer menjadi lapisan penyusun atmosfer pada urutan ketiga. Lapisan mesosfer berada pada ketinggian 50 - 80 km, semakin tinggi keberadaan lapisan mesosfer maka temperaturnya semakin berkurang. Suhu terendah pada lapisan mesosfer yakni mencapai - -143 C.

Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Pada Bagian Mesosfer (Mesosphere)
  • Terdapat pergeseran objek luar angkasa, dan kebanyakan benda luar angkasa tersebut hancur terbakar saat berada di lapisan mesosfer.
  • Memungkinkan terciptanya awan noctilucent, yaitu awan yang terbentuk dari kristal es.
  • Dibatasi oleh lapisan mesopause yang berada di antara mesosfer dan termosfer.
Baca juga:

 

4. Termosfer (Termosphere)

Lapisan termosfer dimulai dari ketinggian 81 - 480 km. Lapisan termosfer memiliki suhu yang tinggi yaitu 1500° C. Hal ini disebabkan oleh penyerapan radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

Akibatnya, radiasi tersebut menghasilkan reaksi kimia sehingga membentuk muatan listrik yang dikenal ionosfer, yang dapat berguna untuk memantulkan gelombang radio. Lapisan ionosfer berada pada ketinggian 100 - 400 km.

Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Pada Bagian Termosfer (Termosphere)
  • Meskipun suhunya tinggi, namun panas yang dihantarkan pada benda-benda di lapisan termosfer tidak terlalu kuat karena jarak antar molekul udara sangat berjauhan alias hampa udara.
  • Tempat ISS terbang mengelilingi bumi.
  • Tempat terjadinya ionosisasi partikel-partikel yang menghantarkan refleksi gelombang radio.
  • Terdapat fenomena alam berupa aurora.
  • Adanya lapisan pembatas termopause (exobase) yang berada di atasnya termosfer.

5. Eksosfer (Exosphere)

Lapisan eksosfer berada pada ketinggian 481 - 1.000 km sehingga eksosfer menjadi lapisan atmosfer yang paling tinggi (terluar). Oleh karena itu lapisan atmosfer yang memiliki tekanan paling rendah adalah lapisan eksosfer karena jauh dari permukaan bumi, sehingga gaya gravitasi bumi disini menjadi lemah.

Selain itu lapisan eksosfer sangat berbahaya karena memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi dan menjadi tempat hancurnya benda-benda luar angkasa.

Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Pada Bagian Eksosfer (Exosphere)
  • Tekanan radiasi sinar matahari lebih besar yang dikenal zodiakal.
  • Tekanan gaya gravitasi bumi sangat lemah.
  • Tidak adanya tekanan udara.
  • Temperatur yang sangat tinggi, yaitu mencapai 2.200° C.
  • Menjadi lapisan atmosfer bumi di bagian terluar.

Itulah pembelajaran mengenai Pengertian Ciri Ciri Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya Beserta Gambarnya yang dapat kalian pelajari.

Comments