Nama Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Di Tata Surya

No Comment Friday, November 27, 2020
Nama Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Di Tata Surya - Dalam sistem tata surya semua benda langit yang ada di dalamnya akan bergerak mengelilingi bintang yang bernama matahari, karena matahari menjadi pusat tata surya. Di dalam tata surya tersebut terdapat berbagai macam benda langit yaitu seperti planet, asteroid, dan satelit.

Planet adalah sebuah benda langit yang memiliki massa cukup besar serta mempunyai gaya gravitasi sendiri, selain itu planet juga memiliki orbit sendiri tanpa memotong orbit planet lain. Planet-planet yang ada di tata surya semuanya bergerak mengelilingi matahari. Selain itu planet juga tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri, tapi hanya bisa menerima cahaya dari dari bintang lain seperti matahari.

Dalam tata surya juga terdapat golongan planet dalam dan planet luar, hal ini didasari oleh adanya perbedaan karakteristik antar planet. Dan semua planet yang ada di tata surya berjumlah 8 planet. Lalu apa saja nama nama planet yang ada di dalam sistem tata surya ini? Berikut ini adalah rangkumannya.

Nama Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Di Tata Surya Beserta Gambarnya

Macam Macam Planet Di Tata Surya
Gambar planet dalam dan planet luar di dalam sistem tata surya | Pixabay @blendertimer

1. Planet Merkurius

Gambar Planet Merkurius Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet merkurius | Nasa
Merkurius adalah sebuah planet yang paling dekat dengan matahari, sehingga planet merkurius hanya perlu membutuhkan waktu selama 88 hari untuk berevolusi atau mengelilingi matahari dan 59 hari untuk berotasi.

Jarak planet merkurius dengan matahari adalah 57,91 juta km, sehingga suhu di permukaan planet merkurius saat siang hari mencapai 450° celcius dan malam hari 180° celcius. Planet terkecil yang ada di dalam sistem tata surya adalah planet merkurius yang hanya berdiameter 4.879,4 km.

2. Planet Venus

Gambar Planet Venus Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet venus | Pixabay @brunoalbino
Venus berada di urutan kedua sebagai planet yang dekat dengan matahari. Jarak planet venus dengan matahari yaitu 108,2 juta km. Waktu yang dibutuhkan planet venus untuk sekali revolusi adalah 225 hari, sedangkan untuk sekali rotasi planet venus sedikit lebih lama dari revolusinya yaitu selama 243 hari.

Ukuran planet venus memiliki diameter sebesar 12.102,6 km, sehingga bentuk dan ukuran planet venus hampir mirip dengan planet bumi. Namun di sisi lain suhu permukaan planet venus mencapai 482° C.

Planet venus memiliki warna yang paling terang di antara planet lainnya, sehingga cahaya planet venus dapat dilihat dari bumi dengan jelas ketika waktu fajar dan senja.

3. Planet Bumi

Gambar Planet Bumi Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet bumi | Pixabay @wikiimages
Bumi merupakan sebuah planet yang memiliki mahkluk hidup (kehidupan) yang di tata surya. Posisi planet bumi berada di urutan planet ketiga dari matahari dengan jarak 149,6 juta km, sehingga waktu yang diperlukan bumi untuk berevolusi yaitu selama 345¼ hari.

Ukuran diameter planet bumi yaitu sebesar 12.742 km, sehingga bumi menjadi urutan planet terbesar dalam kelompok nama nama planet dalam di tata surya. Selain itu kala rotasi bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4 detik (dibulatkan menjadi 24 jam).

Ciri ciri planet bumi yakni memiliki struktur lapisan permukaan bumi yang terdiri atas inti bumi, mantel bumi, dan kerak bumi. Sedangkan susunan struktur lapisan atmosfer bumi terdiri dari troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer. 70% permukaan bumi tertutup oleh air, sedangkan 30% lainnya tertutup daratan. Selain itu planet bumi memiliki 1 satelit yang bernama Bulan.

Baca juga:

4. Planet Mars

Gambar Planet Mars Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet mars | Pixabay @wikiimages
Pada urutan planet di posisi ke-4 yang dekat dengan matahari yaitu planet mars. Periode revolusi planet mars yaitu 687 hari karena jarak planet mars dari matahari sejauh 227,9 juta km. Sedangkan periode rotasi planet mars selama 24,6 jam. Ukuran planet mars mempunyai diameter 6.799 km.

Ciri ciri planet mars mempunyai 2 buah satelit yang mengelilinginya, yaitu Phobos dan Demios yang ukurannya kecil dan bentuknya yang tidak teratur.

Karakteristik planet mars yaitu planet berbatu dengan lapisan atmosfer tipis. Planet mars banyak mengandung material besi oksida sehingga warna planet menjadi merah. Atmosfer planet mars terdiri dari 95% karbondioksida, 3% nitrogen, serta gas-gas lainnya.

5. Planet Jupiter

Gambar Planet Jupiter Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet jupiter | Nasa
Nama jupiter termasuk golongan nama nama planet luar dan menjadi urutan planet terbesar di tata surya dengan diameter yang mencapai 139.822 km. Selain menjadi planet terbesar, jupiter juga menjadi planet dengan rotasi tercepat karena hanya memerlukan waktu sekitar 9 jam 55 menit.

Ciri ciri planet jupiter ialah jaraknya dari matahari sekitar 778,5 juta km dan berada di posisi ke-5. Periode revolusi planet jupiter yaitu selama 11,86 tahun. Kandungan utama pada planet jupiter yaitu terdiri dari hidrogen dan helium.

Jupiter menjadi planet yang mempunyai satelit terbanyak yakni dengan jumlah 63 satelit, bahkan salah satu satelitnya yang bernama Ganymede memiliki ukuran yang lebih besar daripada planet merkurius.

6. Planet Saturnus

Gambar Planet Saturnus Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet saturnus | Nasa
Ciri ciri planet saturnus yang paling berbeda dengan planet lainnya di tata surya ialah terdapat sebuah cincin yang mengelilingi saturnus dan nampak dengan jelas jika dilihat dari bumi. Saturnus juga masuk dalam nama nama planet terbesar, dan berada di urutan planet terbesar nomor 2 di tata surya dengan diameter sebesar 116.464 km.

Planet saturnus memerlukan waktu selama 29,45 tahun untuk mengelilingi matahari, sedangkan kala rotasi saturnus sedikit lebih lambat dari jupiter yaitu 10 jam 47 menit.

Planet saturnus masuk urutan planet ke-6 dari matahari dengan jarak sekitar 1,434 miliar km. Selain itu saturnus juga mempunyai 60 satelit yang mengelilinginya.

7. Planet Uranus

Gambar Planet Uranus Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet uranus | Nasa
Planet uranus menempati posisi ke-7 dalam urutan planet dari matahari, karena jarak planet uranus dengan matahari yakni 2,871 miliar km. Sehingga jangka waktu revolusi uranus adalah 84,02 tahun. Untuk ukuran planet uranus terbilang lumayan besar karena mencapai 50.724 km. Kala rotasi planet uranus yaitu selama 17 jam 14 menit.

Untuk ciri ciri lain dari planet uranus ialah memiliki inti yang sangat dingin dan hanya sedikit memancarkan enegi panas, sehingga suhu permukaan rata-rata planet uranus yaitu sebesar -197° C, hal itu dipengaruhi oleh jarak uranus yang jauh dari matahari. Jumlah satelit pada planet uranus yaitu sebanyak 27 satelit.

8. Planet Neptunus

Gambar Planet Neptunus Dan Ciri Cirinya
Contoh gambar planet neptunus | Nasa
Planet neptunus menjadi planet di tata surya yang posisinya paling jauh dari matahari dengan jaraknya 4,495 miliar km sehingga berada ada di urutan planet ke-8 dalam tata surya. Waktu edar planet ini membutuhkan waktu selama 164,79 tahun untuk sekali putaran mengelilingi matahari.

Sedangkan untuk periode rotasinya, planet neptunus memerlukan waktu 16 jam 7 menit. Ukuran planet neptunus hampir sama dengan planet uranus, yaitu memiliki diameter 49.244 km.

Karena berada di urutan planet paling jauh dari matahari, maka suhu permukaan rata-ratanya mencapai -201° C dan menjadi planet terdingin. Ciri ciri planet uranus lainnya yaitu mempunyai 13 buah satelit, dan salah satu satelitnya yang bernama Triton tergolong satelit terbesar dengan jalur orbit yang terbalik.

Itulah rangkuman mengenai Nama Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Di Tata Surya Beserta Gambarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Comments