Pengertian Gerhana Bulan Dan Proses Terjadinya Gerhana Bulan

No Comment Thursday, November 26, 2020
Pengertian Gerhana Bulan Dan Proses Terjadinya Gerhana Bulan - Di alam semesta ini banyak sekali fenomena yang unik dan menakjubkan, di antaranya yaitu seperti proses terjadinya gerhana bulan dan matahari. Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di luar angkasa dan sangat jarang sekali terjadi sehingga momen ini selalu dinantikan oleh para astronom.

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai macam macam gerhana bulan dan bagaimana proses terjadinya gerhana bulan. Berikut ini adalah rangkumannya.

Pengertian Dan Proses Terjadinya Gerhana Bulan, Beserta Macam Macam Gerhana Bulan Dan Gambarnya


Pengertian Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah sebuah fenomena atau peristiwa yang terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan berada di posisi yang sejajar atau garis lurus, serta posisi Bulan terletak di belakang Bumi.

Karena posisi bulan yang berada di bumi, maka sinar matahari yang diterima oleh bulan akan terhalang bumi. Sehingga ada permukaan bulan yang tertutup oleh bayang-bayang dari bumi.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Proses terjadinya gerhana bulan ditimbulkan oleh adanya revolusi bumi dan revolusi bulan yang mengelilingi matahari, sehingga pada waktu tertentu posisi Matahari - Bumi - Bulan akan menjadi berada di posisi yang lurus atau sejajar.

Gerhana bulan hanya akan terjadi pada saat bumi tidak terkena sinar matahari, yaitu di waktu petang, subuh dan malam hari. Selama proses terjadinya gerhana bulan, maka sinar matahari yang seharusnya diterima oleh bulan akan terhalang oleh bumi sehingga bulan berada di dalam bayang-bayang bumi.

Bayang-bayang gerhana bulan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  1. Umbra: Bayang-bayang gerhana inti yang mengakibatkan bagian permukaan bulan tertutup oleh umbra bumi akan menjadi lebih gelap daripada wilayah lainnya.
  2. Penumbra: Bayang-bayang gerhana yang samar, sehingga permukaan bulan yang terhalang oleh penumbra bumi tidak terlalu gelap dan penampakan bulan masih bisa dilihat dengan jelas.

Sebenarnya selama proses terjadinya gerhana bulan, kita masih bisa melihat bulan dengan jelas. Hal ini disebabkan oleh adanya sinar matahari yang dibelokkan oleh atmosfir bumi, dan sebagian besar sinar yang dibelokkan ini menghasilkan spektrum berwarna merah.

Oleh karena itulah saat terjadi gerhana bulan, warna bulan akan berubah menjadi tampak gelap dan berwarna merah, jingga ataupun coklat. Selain itu, kita juga dapat melihat gerhana bulan secara langsung dengan mata telanjang karena tidak membahayakan kesehatan mata.

Macam Macam Gerhana Bulan Dan Gambarnya Beserta Penjelasannya

1. Gerhana Bulan Total
Gambar Proses Terjadinya Gerhana Bulan Total
Contoh gambar gerhana bulan total
Proses terjadinya gerhana bulan total dakibatkan oleh seluruh permukan bulan yang tertutup oleh bayang-bayang inti (umbra) dari bumi. Sehingga apabila kita melihat gerhana bulan dari bumi, maka bulan tersebut tampak gelap.

2. Gerhana Bulan Sebagian/Parsial
Gambar Proses Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian
Contoh gambar gerhana bulan sebagian atau parsial
Gerhana bulan sebagian dapat juga disebut dengan gerhana bulan parsial, selama proses terjadinya gerhana bulan sebagian ada bagian permukaan bulan yang tertutup oleh bayang-bayang inti (umbra) dan bayang-bayang samar (penumbra) dari bumi.

Sehingga jika kita melihat gerhana bulan sebagian di bumi maka akan tampak seperti sebuah bulan yang terbelah atau terpotong sebagian. Hal ini disebabkan oleh adanya sisi gelap dan terang pada bulan, yaitu adanya sebagian bayangan umbra dari bumi yang akan membuat bulan menjadi gelap, sedangkan sebagian bayangan penumbra lainnya akan membuat permukaan bulan dapat terlihat terang karena hanya terkena bayangan penumbra.

3. Gerhana Bulan Penumbra
Gambar Proses Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra
Contoh gambar gerhana bulan penumbra
Gerhana bulan penumbra ialah peristiwa gerhana bulan ketika posisi bulan berada di dalam bayang-bayang samar (penumbra) dari bumi, sehingga permukaan bulan akan tampak samar atau redup jika dilihat dari bumi.

Demikian artikel tentang Pengertian Gerhana Bulan, Macam Macam Gerhana Bulan Dan Proses Terjadinya Gerhana Bulan Beserta Gambar Gerhana Bulan. Semoga ulasan ini bisa kalian pahami dengan mudah untuk proses belajar astronomi.

Comments