Pengertian Gerhana Matahari Dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari

2 Comments Wednesday, November 25, 2020
Pengertian Gerhana Matahari Dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari - Gerhana matahari merupakan salah satu contoh bukti kekuasan tuhan dari berbagai macam fenomena alam menakjubkan yang terjadi di angkasa, bahkan fenomena ini lebih jarang terjadi daripada fenomena gerhana bulan.

Namun, pernahkah kalian berpikir kalau gerhana matahari akan tampak bermacam-macam bentuknya. Lalu bagaimana proses terjadinya gerhana matahari? Berikut ini adalah penjelasannya yang disertai dengan gambar supaya lebih mudah untuk dipahami.

Pengertian Dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari, Beserta Macam Macam Gerhana Matahari Dan Gambarnya


Pengertian Gerhana Matahari Adalah

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena atau peristiwa yang terjadi ketika Matahari, Bulan dan Bumi berada di posisi yang sejajar atau garis lurus, posisi Bulan terletak di antara Matahari dan Bumi.

Karena posisi bulan yang berada di antara matahari dan bumi, maka sinar matahari yang diterima oleh bumi akan terhalang bulan. Sehingga ada permukaan bumi yang tertutup oleh bayang-bayang dari bulan.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Seperti pada penjelasan sebelumnya, proses terjadinya gerhana matahari diakibatkan oleh garvitasi matahari, bumi dan bulan. Dampak dari efek gravitasi tersebut mengakibatkan terjadinya revolusi bulan (bulan mengelilingi bumi), serta revolusi bumi (planet bumi mengelilingi matahari).

Bulan dan bumi mengelilingi matahari melalui jalur atau orbit mereka masing-masing, sehingga pada waktu tertentu ketiga benda langit tersebut dapat berada di posisi yang sejajar dengan urutan posisi Matahari - Bulan - Bumi.

Gerhana matahari hanya terjadi pada waktu bumi terkena sinar matahari yaitu di waktu pagi, siang ataupun sore hari. Selama proses terjadinya gerhana matahari, sinar matahari yang seharusnya diterima bumi akan terhalang oleh bulan, sehingga membuat sebagian permukan bumi menjadi gelap karena berada di dalam bayang-bayang bulan.

Bayang-bayang gerhana matahari yang ditimbulkan oleh posisi bulan yang menutupi bumi dibagi menjadi 3 bagian, yakni:
  1. Umbra: Bayang-bayang gerhana inti yang mengakibatkan bagian permukaan bumi tertutup oleh umbra bulan akan menjadi lebih gelap daripada wilayah lainnya.
  2. Penumbra: Bayang-bayang gerhana yang samar, sehingga permukaan bumi yang terhalang oleh penumbra bulan tidak terlalu gelap.
  3. Antumbra: Bayang-bayang lanjutan atau perpanjangan dari bayangan umbra, bagian bumi yang tertutup oleh antumbra akan menjadi gelap seperti bayangan umbra.

Baca juga:


Macam Macam Gerhana Matahari Dan Gambarnya Beserta Penjelasannya

Karena orbit bulan berbentuk elips, maka posisi bulan terkadang berada di titik terdekat dan titik terjauh. Hal itu juga dapat mempengaruhi hasil dari penampakan gerhana matahari.

Karena itulah ada berbagai macam jenis-jenis gerhana matahari, dan fenomena tersebut dibagi menjadi 4 bagian berdasarkan karakteristiknya, di antaranya yaitu jenis gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari hibrida atau campuran.

1. Gerhana Matahari Total
Gambar Proses Terjadinya Gerhana Matahari Total
Contoh gambar gerhana matahari total

Pengertian gerhana matahari total adalah jenis gerhana matahari yang terjadi apabila sinar matahari yang menuju ke bumi terhalang sepenuhnya oleh bulan, sehingga ada sebagian wilayah di bumi yang tertutup oleh bayang-bayang inti (umbra) dari bulan.

Jika kita melihat gerhana matahari total dari bumi maka penampakan bulan akan terlihat gelap serta ada tonjolan matahari di bagian tepi bulan dan korona yang berwarna putih.

Proses terjadinya gerhana matahari total hanya akan terjadi apabila posisi bulan berada di titik yang paling dekat dengan bumi, sehingga fenomena ini menjadi momen yang sangat langka bagi semua orang. Gerhana matahari total juga bisa disebut dengan nama gerhana matahari sempurna.

2. Gerhana Matahari Sebagian
Gambar Proses Terjadinya Gerhana Matahari Sebagian
Contoh gambar gerhana matahari sebagian

Proses terjadinya gerhana matahari sebagian biasanya diakibatkan oleh bulan yang menutupi sebagian matahari sehingga bumi terkena bayang-bayang samar (penumbra) dari bulan. Apabila kita melihat gerhana matahari sebagian di bumi, maka bentuk matahari tersebut akan tampak seperti bulan sabit atau matahari yang terbelah.

3. Gerhana Matahari Cincin
Gambar Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin
Contoh gambar gerhana matahari cincin

Proses terjadinya gerhana matahari cincin dapat terjadi jika bumi terkena perpanjangan bayangan inti (antumbra) dari bulan dan posisi bulan berada di titik terjauh dari bumi.

Sehingga apabila kita melihat penampakan fenomena gerhana matahari ini dari bumi, maka akan nampak seperti sebuah cincin dengan lubang hitam di tengahnya karena bulan tidak mampu menutupi matahari sepenuhnya.

4. Gerhana Matahari Hibrida/Campuran
Gerhana matahari hibrida atau campuran merupakan sebuah fenomena gerhana matahari total di titik tertentu serta terjadi gerhana matahari cincin jika dilihat dari titik permukaan bumi yang lain. Selain itu fenomena gerhana matahari ini sangat jarang sekali terjadi.

Itulah artikel mengenai Pengertian Gerhana Matahari, Macam Macam Gerhana Matahari Dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari Beserta Gambar Gerhana Matahari. Semoga rangkuman ini dapat dengan mudah untuk kalian pahami dalam proses belajar astronomi.

2 comments:

  1. Dulu kayaknya pernah menjumpai gerhana matahari total, tapi lupa kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tanggal (3/7/2019) memang ada gerhana matahari total, tapi tidak terjadi di indonesia.

      Delete