Pengertian Tata Surya, Planet Dalam Dan Planet Luar Tata Surya

No Comment Monday, November 30, 2020
Pengertian Tata Surya, Planet Dalam Dan Planet Luar Tata Surya - Tata surya atau solar system merupakan salah satu bagian dari benda langit yang ada di alam semesta atau jagat raya. Meskipun begitu, tata surya terbilang sangatlah luas untuk dijajaki oleh manusia.

Jika kita pergi ke luar angkasa maka kita akan melihat berbagai macam bentuk dan jenis benda langit yang mengelilingi matahari ataupun mengelilingi sebuah planet. Untuk kalian yang ingin tau lebih dalam tentang tata surya, berikut ini adalah rangkuman singkat tentang benda langit di dalam sistem tata surya.

Pengertian Tata Surya Beserta Perbedaan Planet Dalam Dan Planet Luar Tata Surya Beserta Contohnya

Pengertian Tata Surya Beserta Perbedaan Planet Dalam Dan Planet Luar Tata Surya Beserta Contohnya
Bagian-bagian sistem tata surya (solar system)

Pengertian Sistem Tata Surya (Solar System)

Tata surya atau solar system adalah sekumpulan benda-benda langit yang terdiri dari planet, asteroid, meteorid, komet dan satelit yang mengelilingi matahari. Matahari merupakan sebuah benda langit yang disebut sebagai bintang karena dapat menghasilkan cahaya sendiri, selain itu matahari juga menjadi pusat dari sistem tata surya.

Tata surya merupakan salah satu bagian dari alam semesta yang luas, sistem tata surya kita terletak di dalam galaksi yang bernama galaksi bimasakti (milky way).

Contoh Bagian Bagian Sistem Tata Surya
  1. Matahari (Sun)
  2. Planet Dalam (Inner Planets)
  3. Sabuk Asteroid (Asteroid Belt)
  4. Planet Luar (Outer Planets)
  5. Sabuk Kuiper (Kuiper Belt)

Pengertian Matahari (Sun)

Matahari adalah sebuah bintang yang menjadi pusat atau komponen utama dari sistem tata surya. Ukuran matahari yaitu 332.830 dari massa bumi dan memiliki gravitasi yang cukup besar untuk menjangkau seluruh benda langit yang ada di dalam tata surya.

Dengan massa yang sangat besar, sehingga menyebabkan kepadatan inti yang cukup besar untuk mendukung kesinambungan fusi nuklir dan menyemburkan energi yang dahsyat. Sebagian besar energi tersebut dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi elektromagnetik, termasuk spektrum optik. Sehingga benda langit yang ada di dalam jangkauan sinar matahari dapat terlihat jelas.

Pengertian Planet

Planet adalah sebuah benda langit yang memiliki massa cukup besar serta mempunyai gaya gravitasi sendiri, selain itu planet juga memiliki orbit sendiri tanpa memotong orbit planet lain. Planet-planet yang ada di tata surya semuanya bergerak mengelilingi matahari, sehingga matahari menjadi pusat dari tata surya.

Ciri Ciri Planet Di Tata Surya
  1. Memiliki lapisan atmosfer.
  2. Mempunyai gaya gravitasi.
  3. Mempunyai orbit yang berbeda-beda.
  4. Memiliki medan magnet.
  5. Bentuknya bulat hampir seperti bola.
  6. Berotasi dan berevolusi pada matahari.
  7. Tidak bisa mengeluarkan cahaya sendiri seperti bintang.

Pengertian Planet Dalam Tata Surya (Inner Planets) Beserta Contohnya

Planet dalam tata surya adalah golongan planet yang letaknya dekat dengan matahari dan berada di dalam sabuk asteroid, selain itu ukuran rata rata planet dalam tergolong kecil jika dibandingkan dengan planet luar. Meskipun begitu planet dalam atau dapat disebut dengan planet kebumian (terestrial planet) ini memiliki komposisi batuan yang padat.

Di sisi lain beberapa bagian planet dalam hampir tidak memiliki atau tidak mempunyai satelit yang mengelilinginya, serta tidak memiliki sistem cincin seperti yang dimiliki oleh planet luar.

Macam Macam Contoh Planet Bagian Dalam Tata Surya
  1. Planet Merkurius
  2. Planet Venus
  3. Planet Bumi
  4. Planet Mars
Baca juga:

 

Pengertian Sabuk Asteroid (Asteroid Belt)

Asteroid merupakan benda langit yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku. Sedangkan sabuk asteroid adalah objek tata surya yang terdiri dari ribuan bahkan hingga jutaan benda langit yang berdiameter 1 km. Sabuk asteroid berada di antara jarak planet mars dan jupiter. Mereka juga bergerak mengitari matahari.

Pengertian Planet Luar Tata Surya (Outer Planets) Beserta Contohnya

Planet luar tata surya adalah golongan planet yang terletak jauh dari matahari dan berada di luar sabuk asteroid. Jika dibandingkan dengan planet dalam, ukuran planet luar sangatlah besar, sehingga planet jupiter dan saturnus dijuluki dengan planet raksasa gas karena mengandung hidrogen dan helium. Sedangkan planet uranus dan neptunus dijuluki planet raksasa es karena memiliki proporsi es dalam jumlah besar.

Selain itu semua planet luar juga mempunyai banyak sekali satelit berukuran besar seperti planet dalam serta memiliki sistem cincin, walaupun hanya cincin planet saturnus yang dapat dilihat dengan jelas dari bumi.

Macam Macam Contoh Planet Bagian Luar Tata Surya
  1. Planet Jupiter
  2. Planet Saturnus
  3. Planet Uranus
  4. Planet Neptunus

Pengertian Sabuk Kuiper (Kuiper Belt)

Sabuk kuiper adalah sebuah cincin raksasa yang mirip dengan sabuk asteroid, tetapi komposisi utama dari sabuk ialah es. Sabuk kuiper terdiri atas sekumpulan benda langit berukuran kecil yang berada jauh dari planet luar.

Baca juga:

Macam Macam Perbedaan Planet Dalam Dan Planet Luar Tata Surya

  1. Kala rotasi planet dalam lebih lambat dari planet luar.
  2. Kala revolusi planet dalam jauh lebih singkat daripada planet luar.
  3. Jarak planet dalam lebih dekat dengan matahari, sedangkan planet luar sangat jauh dari matahari.
  4. Orbit planet dalam tata surya lebih pendek, sedangkan orbit planet luar tata surya sangat panjang.
  5. Suhu di planet dalam lebih panas dibandingkan planet luar karena adanya perbedaan jarak dengan matahari.
  6. Ukuran planet dalam tata surya lebih kecil jika dibandingkan dengan planet luar tata surya.
  7. Planet dalam berada di dalam sabuk asteroid, sedangkan planet luar berada di luar sabuk asteroid.

Itulah rangkuman singkat tentang Pengertian Tata Surya Beserta Perbedaan Planet Dalam Dan Planet Luar Tata Surya Beserta Contohnya yang dapat saya sampaikan.

Comments