Pengertian Jaringan Client Server Serta Kelebihan Dan Kekurangan

Wednesday, December 09, 2020
Daftar Isi
Pengertian Jaringan Client Server Serta Kelebihan Dan Kekurangan - Apabila kalian sedang belajar tentang macam macam topologi jaringan komputer tentunya kalian pasti sering mendengar istilah jaringan Client Server dan juga jaringan Peer to Peer. Namun apa itu arti client server yang sebenarnya? Berikut ini adalah ringkasannya.

Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server Dilengkapi Gambar

Pengertian Jaringan Client Server Serta Kelebihan Dan Kekurangan
Contoh gambar jaringan client server

Pengertian Jaringan Client Server Adalah

Jaringan client server atau client and server adalah sebuah rangkaian sistem jaringan yang terdiri dari komputer Client dan Server. Arti dari Client adalah perangkat yang menjadi si pengguna layanan sumber daya yang disediakan oleh komputer Server. Sedangkan Server adalah sebuah perangkat yang bertugas sebagai penyedia layanan sumber daya yang dibutuhkan oleh komputer Client.

Layanan yang dapat disediakan oleh Server ataupun yang dipakai oleh Client sangatlah beragam, mulai dari data seperti file dan software maupun sumber daya hardware lainnya seperti Printer, Scanner dan CCTV.

Ciri Ciri Atau Karakteristik Jaringan Client Server

  1. Sistem jaringan terpusat pada server.
  2. Spesifikasi komputer server lebih tinggi daripada komputer client.
  3. Server bertugas sebagai penyedia layanan, sedangkan client sebagai pengguna layanan.
  4. Server melayani lebih dari satu client.
  5. User bertugas sebagai admin server memiliki keahlian dalam mengontrol jaringan.
  6. Prinsip kerja jaringannya yaitu client mengirim request, lalu server mambalas request client.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server Beserta Penjelasannya


A. Kelebihan Jaringan Client Server Adalah

1. Memiliki Sistem Keamanan Yang Lebih Baik
Server dapat mengontrol semua data client yang terhubung dengan jaringan tersebut. Sehingga komputer server bisa memberikan batasan akses tertentu pada setiap clientnya supaya tidak melakukan hal yang diluar batas aksesnya, jadi komputer Client hanya bisa mengakses data yang telah ditentukan oleh Server saja.

2. Server Sebagai Pusat Kontrol Akses Layanan Dan Sumber Daya
Kelebihan jaringan client server adalah seluruh aktivitas lalu lintas dan kontrol untuk akses resource serta semua data hanya dapat diatur dengan mudah oleh komputer server. Dengan begitu maka sistem jaringan tersebut dapat dengan mudah untuk dikendalikan dan tidak terpengaruh dari tindakan client yang memang tidak memiliki hak akses.

3. Backup Data Terpusat Pada Server
Keunggulan jaringan client server adalah dapat melakukan Backup atau pencadangan data pada seluruh komputer client yang terhubung guna menghindari terjadinya kehilangan data apabila ada gangguan seperti kerusakan hardisk dan eror lainnya.

4. Sangat Cocok Dipakai Untuk Jaringan Berskala Besar
Kelebihan jaringan client server yaitu dapat dipakai untuk pembuatan sistem jaringan berskala besar karena memiliki server yang dapat bertugas untuk mengontrol aktivitas jaringan.

B. Kekurangan Jaringan Client Server Adalah

1. Server Mempengaruhi Semua aktivitas Jaringan
Karena Server yang bekerja sebagai pemegang kendali penuh atas semua akses pada komputer client maka diperlukan setidaknya dua komputer server guna mengindari terjadinya lalu lintas jaringan yang lumpuh akibat kegagalan server.

Sebab jika menggunakan single atau satu komputer server maka tidak ada lagi server cadangan yang dapat dipakai sebagai pusat manajemen jaringan. Dan apabila server tunggal tersebut mengalami kerusakan atau crash maka seluruh lalu lintas jaringan tersebut akan lumpuh, hal inilah yang disebut dengan Single Point Of Failure (SPOF). Sehingga mau tidak mau harus menunggu server tersebut pulih kembali agar bisa mengakses jaringan itu lagi.

2. Membutuhkan Komputer Dengan Spesifikasi Khusus
Untuk menerapkan sistem jaringan Client Server maka tentunya kita membutuhkan sebuah perangkat komputer dengan spesifikasi hardware dan software yang lebih tinggi dari komputer client untuk dijadikan sebagai server.

Komputer server akan bekerja lebih keras jika dibandingkan dengan komputer client, karena server bertugas sebagai pemegang pusat kontrol akses semua layanan client. Jadi mau tidak mau kita harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat dan mengelolah server.

3. Sering Terjadi Gangguan Ketika Terlalu Banyak Request Data
Kelemahan jaringan client server adalah seringkali terjadinya gangguan jaringan ketika terlalu banyak request data dari komputer client yang datang secara bersamaan.

4. Tidak Semua Client Dapat Memakai Sumber Daya
Karena semua hak akses dipegang oleh admin server, maka akses sumber daya pada setiap client dibatasi oleh admin. Sehingga untuk memakai resource sharing harus mendapatkan izin dari server.

5. Memerlukan User Yang Handal Sebagai Admin Server
Kekurangan jaringan client server lainnya adalah membutuhkan user yang handal untuk bertugas sebagai pengelola komputer server supaya dapat berjalan dengan baik.

Itulah ringkasan tentang Pengertian Jaringan Client Server Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Client Server Yang Dilengkapi Dengan Gambarnya.

Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada