Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mollusca (Bertubuh Lunak)

No Comment Saturday, November 14, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mollusca (Bertubuh Lunak) - Apakah yang dimaksud dengan mollusca? Apa saja yang termasuk hewan dari golongan mollusca? Bagaimana ciri-ciri hewan mollusca? Untuk kalian yang penasaran dengan hewan mollusca, berikut ini saya akan sajikan rangkumannya.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mollusca (Bertubuh Lunak) Beserta Keterangannya


Pengertian Mollusca (Bertubuh Lunak)

Pengertian mollusca atau moluska merupakan sebuah subsuperfilum dari spiralia. Kata "molluscus" dari bahasa latin yunani yang artinya "lunak". Sehingga dapat disimpulkan bahwa mollusca merupakan golongan hewan bertubuh lunak dan tidak mempunyai tulang belakang yang memiliki cangkang ataupun tanpa cangkang.

Ciri Ciri hewan mollusca ini ialah mempunyai tubuh yang terdiri dari 3 bagian utama, yakni kaki, badan dan mantel. Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang mempunyai eosfagus dengan serabut saraf yang menyebar. Sistem pencernaan mollusca tergolong lengkap, karena terdiri dari mulut, eosfagus, lambung, usus dan anus.

Ukuran tubuh mereka sangat beragam, mulai dari siput yang hanya memiliki panjang 1 mm dengan bentuk bulat telur, hingga cumi-cumi dengan bentuk torpedo bersayap dengan panjang hingga melebihi 18 meter. Habitat mereka dapat ditemukan dimana saja, baik di darat maupun di laut.

Struktur Tubuh Hewan Mollusca

1. Kaki
Kaki merupakan bagian tubuh hewan mollusca yang terdiri dari otot-otot yang berguna sebagai alat geraknya, baik itu menggali, berenang ataupun merayap.

2. Massa Viseral
Massa viseral adalah bagian tubuh yang lunak pada hewan mollusca, di dalamnya terdapat organ pencernaan, ekskresi dan reproduksi. Di dalam massa viseral terdapat organ tubuh yang diselimuti oleh jaringan tebal (mantel).

3. Mantel
Mantel ialah sebuah jaringan tebal yang melindungi massa viseral. Mantel membentuk rongga untuk lubang insang, anus dan cairan ekskresi. Mantel juga dapat mengeksresikan komponen membentuk cangkang.

Baca juga:

Klasifikasi Hewan Mollusca Berdasarkan Kelasnya

  • Aplacophora.
  • Bivalvia (kerang-kerangan).
  • Caudofoveata.
  • Cephalopoda (gurita, cumi-cumi, sotong).
  • Gastropoda (siput-siputan).
  • Monoplacophora.
  • Polyplacophora.
  • Schapopoda.

Ciri Ciri Hewan Mollusca

  1. Termasuk golongan hewan yang tidak mempunyai tulang belakang.
  2. Tergolong hewan berdarah dingin.
  3. Memiliki tekstur tubuh yang lunak dan tidak bersegmen.
  4. Mempunyai eksoskeleton.
  5. Memiliki lidah yang bergigi (radula).
  6. Tubuhnya simetri bilateral.
  7. Habitatnya berada di perairan dan daratan.
  8. Tubuhnya terdiri atas kaki, massa viseral dan mantel.
  9. Bersifat heterotrof karena tidak mampu memproduksi makanan mereka sendiri.
  10. Mempunyai sistem pencernaan yang lengkap.
  11. Memiliki sistem saraf berupa saraf cincin.

Contoh Hewan Mollusca Dan Nama Latinnya

1. Bekicot (Achatina Fulica)
Contoh Hewan Mollusca Bekicot
Contoh gambar hewan mollusca bekicot | Pixabay @cablemarder
Bekicot memiliki nama latin achatina fulica yang merupakan salah satu famili dari achatina dalam kelas gastropoda. Bekicot adalah siput darat yang berasal dari Africa Timur dan menyebar hampir ke penjuru dunia akibat terbawa perdagangan.

Bekicot dapat dijumpai di berbagai tempat, mulai dari parit hingga gurun bahkan bisa juga berada di perairan. Bekicot termasuk hewan herbivora, selain itu kebaradaan mereka yang ada di kebun juga dianggap sebagai oleh para petani karena merusak tanaman.

2. Kerang Hijau (Perna Viridis)
Contoh Hewan Mollusca Kerang Hijau
Contoh gambar hewan mollusca kerang hijau | cookpad.com
Nama latin dari kerang hijau yaitu perna viridis yang merupakan salah satu contoh hewan mollusca yang hidup di laut, mempunyai dua cangkang dan berwarna hijau.

Ciri ciri hewan mollusca pada kerang hijau yakni ukurannya mencapai 6,5 - 8,5 cm dan diameternya sekitar 1,5 meter. Cangkangnya memberikan efek gradasi berwarna gelap ke cerah yang kehijauan. Tidak mempunyai kepala ataupun otak, di dalam tubuhnya hanya terdapat organ ginjal, jantung, mulut dan anus.

3. Cumi-Cumi (Teuthida)
Contoh Hewan Mollusca Cumi-Cumi
Contoh gambar hewan mollusca cumi-cumi | Pixabay @sailormn34
Cumi-cumi adalah golongan hewan bertubuh lunak yang habitatnya berada di lautan dan termasuk hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Cumi-cumi merupakan berasal dari ordo teuthida yang ada di dalam kelas cephalopoda, arti dari cephalopoda adalah "kaki kepala", hal ini dikarenakan tubuh cumi-cumi hanya terdiri dari kaki yang menjadi tangan melingkari kepalanya. 10 tangan tersebutlah yang akan digunakan untuk menjerat mangsanya lalu merobeknya dengan rahangnya.

Selain itu mereka juga memiliki 2 sirip yang merupakan berasal dari perluasan mantel seperti cuping yang berguna sebagai alat gerak pada tubuhnya. Sebagian besar cumi-cumi memiliki kemampuan kamuflase untuk merubah warna tubuhnya guna menghindari serangan predator.

4. Gurita (Octopoda)
Contoh Hewan Mollusca Gurita
Contoh gambar hewan mollusca gurita | Pixabay @taken
Contoh hewan mollusca yang hidup di laut adalah gurita. Gurita tergolong dalam kelas cephalopoda dan ordo octopoda. Octopoda berasal dari bahasa latin yunani yang berarti "delapan kaki" yang sering mengacu pada genus octopus.

Ciri ciri hewan mollusca pada gurita yaitu mempunyai 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat penghisap berupa bulat-bulatan cekung pada lengannya yang berguna untuk bergerak di dasar laut serta menangkap mangsanya. Lengan gurita merupakan struktur hidrostat muskuler yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa rangka luar (eksoskeleton).

Gurita juga tidak memiliki cangkang atau tulang seperti cumi-cumi dan sotong, sehingga tubuh gurita sangat fleksibel. Karena tubuhnya yang fleksibel gurita mampu menyelipkan tubuhnya di celah bebatuan untuk melarikan diri dari serangan predator. Gurita memiliki usia yang sangat singkat yaitu sekitar 6 bulan, hal ini dikarenakan gurita sering lupa tidak makan karena sibuk menjaga telur-telurnya.

5. Kupang (Mytilus Edulis)
Contoh Hewan Mollusca Kupang
Contoh gambar hewan mollusca kupang | kompasiana.com
Kupang atau hewan yang bernama latin mytilus edulis adalah hewan air seperti kerang kecil. Mereka berasal dari kelas bivalvia dan keluarga mytilidae. Habitat kupang berada di lumpur air asin. Kupang sering dijadikan sebagai olahan makanan oleh masyarakat Jawa Timur, seperti kupang lontong atau lontong balap.

Cukup sekian isi rangkuman tentang Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Mollusca (Bertubuh Lunak). Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Comments