Pengertian, Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Arthropoda

No Comment Friday, November 13, 2020
Pengertian, Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Arthropoda - Arthropoda merupakan filum dari hewan yang tidak memiliki tulang belakang (avertebrata), kerajaan mereka meliputi berbagai macam jenis hewan seperti laba-laba, udang, lipan, dan serangga beserta spesies lainnya.

Pengertian, Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Arthropoda Beserta Gambar Dan Keterangannya


Pengertian Arthropoda (Hewan Berbuku-Buku)

Arthropoda berasal dari bahasa latin "arthron" yang memiliki arti "ruas, buku, atau segmen", sedangkan "pous (podos)" artinya "kaki". Sehingga apabila kedua kata tersebut disambung menjadi satu maka artinya ialah merujuk pada hewan dengan "kaki beruas-ruas atau kaki berbuku-buku" dan anggota tubuhnya membentuk kerangka luar (eksoskeleton) berupa lapisan yang berasal dari zat kitin.

Hampir semua jenis hewan dari filum arthropoda berkembang biak dengan cara ovipar, namun masih ada juga spesies lainnya yang berkembang biak secara ovovivipar yaitu kalajengking. Semua hewan arthropoda tidak mempunyai tulang belakang, sehingga mereka tergolong hewan avertebrata atau invertebrata.

Habitat hewan arthropoda sangat beragam sehingga dapat dengan mudah ditemukan di laut, air tawar, darat dan lingkungan udara. Mereka juga sering masuk kedalam golongan simbiosis yang merugikan pihak lainnya, alias sering disebut sebagai parasit atau hama.

Baca juga:

Klasifikasi Hewan Arthropoda

Dalam filum arthropoda terdapat 5 subfilum dan beberapa kelas di dalamnya yang dikelompokkan berdasarkan struktur tubuh dan kaki, yaitu Chelicarata, Crustacea, Hexapoda dan Myriapoda.

1. Chelicarata
Kelas:
  • Arachnida
  • Pycnogonida
  • Xiphosura
  • (x) Eurypetrida

2. Crustacea
Kelas:
  • Branchiopoda
  • Cephalocarida
  • Malacostraca
  • Maxillopoda
  • Ostracoda
  • Remipedia

3. Hexapoda
Kelas:
  • Entognatha
  • Insecta

4. Myriapoda
Kelas:
  • Chilopoda
  • Diplopoda
  • Paulopoda
  • Symphyla

5. (x) Trilobitomorpha
Kelas:
  • (x) Trilobita

Keterangan:
Tanda (x) merupakan sebuah simbol yang menunjukkan bahwa golongan hewan tersebut telah punah.

Ciri Ciri Hewan Arthropoda (Hewan Berbuku-Buku)

  1. Hewan yang tidak memiliki tulang belakang (avertebrata).
  2. Tubuhnya mempunyai kerangka luar yang di sebut eksoskeleton.
  3. Tubuh hewan arthropoda terbagi menjadi beberapa bagian atau segmen.
  4. Tubuhnya terdiri atas kepala, dada (thoraks) dan perut (abdomen).
  5. Memiliki enam kaki atau lebih.
  6. Umumnya memiliki anterna di kepalanya.
  7. Bentuk tubuhnya simetris bilateral.
  8. Tergolong hewan berdarah dingin.
  9. Hewan dengan sistem aliran darah terbuka, darahnya tidak mengandung hemoglobin namun mengandung hemosianin.
  10. Mempunyai sistem pencernaan yang lengkap (mulut - tenggorokan - usus - anus).
  11. Habitatnya berada di air, darat dan udara. Hal itu tergantung dari klasifikasi arthropoda tersebut.
  12. Di antaranya ada yang mengalami siklus metamorfosis untuk pertumbuhannya (kupu-kupu, belalang, nyamuk).
  13. Menggunakan alat pernafasan berupa trakea, paru-paru ataupun insang.
  14. Arthropoda adalah hewan heterotrof, sehingga bergantung pada makanan dari organisme autotrof.

10 Contoh Hewan Arthropoda (Hewan Berbuku-Buku) Beserta Gambarnya

1. Udang
Contoh Hewan Arthropoda Udang
Contoh gambar hewan arthropoda udang | Pixabay @lernestorod
Udang ialah hewan yang hidup di perairan air tawar, air payau ataupun air asin. Mereka juga termasuk hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Udang seringkali dibudidayakan sebagian orang untuk dijadikan sebagai hewan konsumsi.

2. Lobster
Contoh Hewan Arthropoda Lobster
Contoh gambar hewan arthropoda lobster | Pixabay @publicdomainpictures
Lobster juga termasuk hewan arthropoda yang hidup di air. Lobster memiliki ukuran yang lebih besar dari udang dan antena yang lebih panjang. Beberapa jenis lobster ada yang memiliki capit (chelae) dan tanpa capit. Lobster juga dijadikan sebagai hewan konsumsi.

3. Kepiting
Contoh Hewan Arthropoda Kepiting
Contoh gambar hewan arthropoda kepiting | Pixabay @skylark
Kepiting merupakan salah satu hewan akuatik yang mampu bertahan hidup di darat selama beberapa hari, meskipun begitu kepiting tidak termasuk hewan amfibi.

Ciri khas pada kepiting ialah memiliki eksoskeleton dengan permukaannya yang keras, serta memiliki dua capit yang kuat sebagai tangannya. Kepiting berkembang biak dengan bertelur. Habitat hewan arthropoda yang satu ini dapat ditemukan di berbagai jenis perairan seperti air tawar, air asin dan air payau.

4. Lipan / Kelabang
Contoh Hewan Arthropoda Lipan Kelabang
Contoh gambar hewan arthropoda lipan | Pixabay @alexas_fotos
Lipan atau kelabang menjadi salah satu contoh hewan arthropoda dalam kelas chilopoda yang tergolong sebagai hewan pemangsa berbahaya karena lipan mempunyai racun pada tubuhnya dengan cara menyengat mangsanya. Panjang lipan dapat mencapai 30 cm dan mereka hidup di wilayah dengan iklim tropis.

5. Kalajengking
Contoh Hewan Arthropoda Kalajengking
Contoh gambar hewan arthropoda kalajengking | Pixabay @andrey_barsukov
Selanjutnya yaitu ada contoh hewan arthropoda yang bernama kalajengking, mereka adalah spesies dari ordo scorpiones. Ciri ciri hewan arthropoda yang satu ini ialah memiliki 10 kaki, 2 capit dan ekornya yang dapat mengeluarkan bisa atau racun yang mengandung neurotoksin untuk melumpuhkan saraf mangsanya.

6. Laba-Laba
Contoh Hewan Arthropoda Laba-Laba
Contoh gambar hewan arthropoda laba-laba | Pixabay @sandid
Bukan hanya lipan dan kalajengking saja berbahaya, namun masih ada lagi hewan yang lebih berbahaya dari itu yakni laba-laba. Hewan yang mampu membuat perangkap dengan jaringnya memiliki kemampuan untuk berkamuflase dan juga dibekali dengan racun.

Apabila ada mangsa yang terperangkap dalam jaringnya maka ia akan segera melumpuhkan mangsanya dengan cara menggigitnya dan membungkusnya dengan jaring, gigitan laba-laba juga mengandung racun yang kuat. Bahkan ada juga spesies laba-laba yang memangsa sesama jenisnya alias kanibal.

7. Kaki Seribu
Contoh Hewan Arthropoda Kaki Seribu
Contoh gambar hewan arthropoda kaki seribu | Pixabay @jayartin
Hewan kaki seribu memiliki bentuk yang hampir dengan lipan, hewan yang biasa disebut dengan ulet kluweng dalam bahasa jawa.  Ciri-ciri hewan arthropoda pada kaki seribu yaitu dapat melindungi diri dari predator dengan cara menggulung tubuhnya secara melingkar. Jumlah kaki pada hewan ini sebenarnya hanya berjumlah 36 - 400 kaki. Tubuh pada kaki seribu berbentuk silinder dengan ruas-ruas, setiap ruas memiliki sepasang kaki.

8. Belalang
Contoh Hewan Arthropoda Belalang
Contoh gambar hewan arthropoda belalang | Pixabay @huskyherz
Belalang adalah spesies dari kelas insecta yang berada di dalam subfilum hexapoda. Ciri-ciri hewan arthropoda yang terdapat pada belalang yaitu memiliki antena di kepalanya. Mempunyai 3 pasang kaki namun sepasang kaki bagian belakang berukuran lebih panjang yang berguna untuk melompat. Memiliki sayap. Habitatnya berada di padang rumput. Serta tubuhnya terdiri atas kepala, dada dan perut.

9. Kupu-Kupu
Contoh Hewan Arthropoda Kupu-Kupu
Contoh gambar hewan arthropoda kupu-kupu | Pexels @katie-burandt
Kupu-kupu merupakan salah satu contoh hewan arthropoda yang mudah ditemukan di kawasan yang dipenuhi dengan tumbuhan bunga, karena kupu-kupu mencari makanan dari sari bunga. Kupu-kupu juga membantu proses penyerbukan pada bunga.

Kupu-kupu merupakan salah satu contoh hewan berbuku-buku yang mengalami siklus metarmorfosis. Mereka juga dapat digunakan sebagai indikator mengenai kualitas kebersihan lingkungan tersebut.

10. Lebah Madu
Contoh Hewan Arthropoda Lebah Madu
Contoh gambar hewan arthropoda lebah madu | Pixabay @pollydot
Lebah madu juga termasuk salah satu jenis hewan arthropoda yang membantu penyerbukan bunga. Mereka hidup secara berkoloni yang dipimpin oleh sang ratu, selain itu mereka juga menyimpan hasil madu mereka ke dalam sarangnya. Kandungan yang terdapat pada lebah madu memiliki banyak sekali manfaat, sehingga madu seringkali dipakai sebagai bahan obat-obatan atau herbal.

Itulah artikel Pengertian, Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Arthropoda Beserta Keterangannya.

Comments