Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata

No Comment Tuesday, November 10, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata - Dalam kerajaan animalia yang ada di bumi terdapat banyak sekali jumlah jenis atau spesies yang ada di dalam subkerajaan animalia tersebut. Ternyata spesies-spesies tersebut banyak yang tidak memiliki struktur tulang belakang (vertebra), sehingga mereka tergolong hewan avertebrata alias invertebrata.

Untuk memahami tentang hewan invertebrata yang lebih mendetail, silahkan simak rangkuman berikut ini.

Pengertian, Ciri Ciri, Klasifikasi Dan Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Beserta Keterangannya

Pengertian, Ciri Ciri, Klasifikasi Dan Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Beserta Keterangannya
Contoh gambar hewan avertebrata atau invertebrata

Pengertian Avertebrata Atau Invertebrata

Avertebrata atau invertebrata adalah sebutan untuk golongan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Sehingga semua jenis binatang kecuali vertebrata (pisces, amfibi, reptil, aves, mamalia) akan masuk dalam golongan hewan avertebrata/invertebrata.

Karena hewan avertebrata mencakup semua jenis hewan yang terkecuali dari filum vertebrata, maka hewan invertebrata atau avertebrata meliputi 97% dari seluruh anggota kerajaan animalia di bumi, sehingga jumlah mereka sangatlah banyak sekali.

Hewan avertebrata/invertebrata mempunyai kerangka tulang luar (exoskeleton) yang gunanya sebagai dukungan struktur eksternal hewan seperti melindungi organ internal dan menopang tubuh hewan. Exoskeleton tersusun dari jaringan yang termineralisasi.

Ciri Ciri Hewan Avertebrata Atau Invertebrata

  1. Sebagian besar hewan avertebrata berukuran kecil karena struktur tubuhnya tidak kompleks.
  2. Tidak mempunyai tulang belakang.
  3. Tidak memiliki kerangka dalam (endoskeleton).
  4. Mempunyai kerangka luar (eksoskeleton) yang keras ataupun lunak pada tubuhnya.
  5. Tidak memiliki organ khusus sebagai sistem pernafasannya, karena ada yang bernafas melalui kulitnya.
  6. Memiliki sistem pencernaan yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan hewan vertebrata.
  7. Mampu bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim.
  8. Hanya bertahan hidup dengan cara bergantung pada mahkluk lain.
  9. Beberapa di antaranya mampu membuat makanannya sendiri (heterotrof).
  10. Hewan avertebrata tersusun atas banyak sel dan banyak jaringan (multiseluler).
  11. Umumnya dapat bergerak langsung ataupun tidak langsung.
  12. Bereproduksi secara seksual.

Klasifikasi Hewan Avertebrata Atau Invertebrata Dan Contohnya

1. Annelida (Cacing Bercincin)
Contoh Hewan Avertebrata Cacing Tanah
contoh gambar hewan avertebrata cacing tanah | Pixabay @natfot
Kata Annelida berasal dari bahasa latin "anellus" yang bermakna "cincin kecil". Annelida merupakan salah satu filum avertebrata/invertebrata yang terdiri dari cacing bersegmen dengan jumlah sekitar 15000 spesies modern.

Hewan ini dapat dijumpai di sebagian besar lingkungan basah, seperti di air tawar atau di laut. Filum ini dibagi menjadi beberapa kelas, yakni Polychaeta (berambut banyak), Oligachaeta (berambut sedikit atau tanpa rambut) dan Hirudinea (menghisap darah).

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Annelida
  1. Cacing tanah.
  2. Lintah.
  3. Nereis.

2. Arthropoda/Artropoda (Hewan Beruas/Berbuku-Buku)
Contoh Hewan Invertebrata Laba-Laba
Contoh gambar hewan invertebrata laba-laba | Pixabay @christels
Arthropoda berasal dari bahasa latin "arthron" yang memiliki arti "ruas, buku, atau segmen", sedangkan "pous (podos)" artinya "kaki". Sehingga apabila kedua kata tersebut disambung menjadi satu maka artinya ialah merujuk pada hewan dengan "kaki beruas / kaki berbuku-buku" dan anggota tubuhnya membentuk kerangka luar (eksoskeleton).

Hampir semua hewan arthropoda berkembang biak secara ovipar, namun ada juga yang berkembang biak secara ovovivipar yaitu kalajengking. Jenis hewan arthropoda dapat ditemukan di laut, air tawar, darat dan lingkungan udara, bahkan mereka juga sering menjadi parasit dalam sebuah simbiosis.

Dalam filum arthropoda terdapat 4 kelas di dalamnya yang dikelompokkan berdasarkan struktur tubuh dan kaki, yaitu kelas Chelicarata, Myriapoda, Hexapoda dan Crustacea.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Arthropoda
  1. Kalajengking.
  2. Nyamuk.
  3. Belalang.
  4. Kepiting.
  5. Laba-laba.

3. Cnidaria (Jarum Penyengat)
Contoh Hewan Avertebrata Ubur-Ubur
Contoh gambar hewan avertebrata ubur-ubur | Pixabay @sharonang
Cnidaria termasuk salah filum avertebrata yang hanya dapat ditemukan di perairan (sebagian besar di ekosistem laut). Kata cnidaria berasal dari bahasa yunani "cnidos" yang bermakna "jarum penyengat". Karena kemampuan menyengat cnidaria-lah mereka diberi nama tersebut.

Cnidaria memiliki otot, sistem saraf dan beberapa spesies lainnya mempunyai organ indra. Mereka juga memiliki knidosit yang merupakan sebuah sel terspesialisasi yang dapat ditembakkan dan digunakan untuk menangkap mangsanya serta membela diri.

Dalam waktu yang lama, cnidaria dimasukkan dalam kelompok ctenophora yaitu filum coelenterata (hewan berongga). Tapi setelah perbedaan dari hewan ini telah disadari, cnidaria ditempatkan dalam filum yang berbeda.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Cnidaria
  1. Ubur-ubur.
  2. Ubur-ubur kotak.
  3. Ubur-ubur berjalan.
  4. Anemon.

4. Echinodermata (Kulit Berduri)
Contoh Hewan Avertebrata Bintang Laut
Contoh gambar hewan avertebrata bintang laut | Pixabay @pexels
Arti kata dari "echinodermata" ialah "kulit berduri" yang mencakup beberapa jenis hewan laut seperti bintang laut dan teripang. Echinodermata termasuk filum atau klasifikasi hewan avertebrata terbesar yang tidak mempunyai anggota yang hidup di darat ataupun di air tawar.

Ciri ciri hewan avertebrata/invertebrata dari filum echinodermata yaitu memiliki kemampuan regenerasi, sehingga mereka dapat memulihkan kembali bagian tubuhnya yang telah hilang. Cotnohnya yaitu timun laut yang akan menyemprotkan organ tubuhnya apabila keadaannya sedang terancam, setelah itu ia mampu memulihkan tubuhnya kembali.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Echinodermata
  1. Bintang laut.
  2. Bulu babi.
  3. Lili laut.
  4. Teripang.
  5. Timun laut.

5. Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak)
Contoh Hewan Invertebrata Siput
Contoh gambar hewan invertebrata siput | Pixabay @cablemarder
Dalam bahasa latin "mollusca" bermakna "lunak". Mollusca merupakan sebuah filum animalia triploblastik selomata yang bertubuh lunak yang mempunyai cangkang maupun tanpa cangkang.

Ciri Ciri hewan avertebrata dari filum mollusca memiliki tubuh yang terdiri dari 3 bagian utama, yakni kaki, badan dan mantel. Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang mempunyai eosfagus dengan serabut saraf yang menyebar. Sistem pencernaannya juga lengkap, terdiri dari mulut, eosfagus, lambung, usus dan anus.

Ukuran tubuh mereka sangat beragam, mulai dari siput yang hanya memiliki panjang 1 mm dengan bentuk bulat telur, hingga cumi-cumi dengan bentuk torpedo bersayap dengan panjang hingga melebihi 18 meter. Habitat mereka dapat ditemukan dimana saja, baik di darat maupun di laut.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Mollusca
  1. Cumi-cumi.
  2. Kerang.
  3. Siput.

6. Nemathelminthes (Cacing Berkas)
Contoh Hewan Avertebrata Cacing Perut
Contoh gambar hewan avertebrata cacing perut / ascaris lumbricoides | halodoc.com
Nemathelminthes merupakan salah satu filum atau klasifikasi hewan invertebrata yang dikenal sebagai cacing gilig. Cacing ini bentuknya silinder memanjang dengan ujung-ujung yang meruncing.

Nemathelminthes memiliki jumlah 80000 spesies, mereka dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas nematoda dan nematophora. Beberapa jenis nematoda menjadi parasit bagi tubuh manusia.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Nemathelminthes
  1. Cacing perut.
  2. Cacing rambut.
  3. Cacing tambang.

7. Platyhelminthes (Cacing Pipih)
Contoh Hewan Invertebrata Cacing Pipih
Contoh gambar hewan invertebrata cacing hati / fasciola hepatica) | britannica.com
Filum platyhelminthes ialah golongan hewan avertebrata dari jenis cacing dengan tubuh yang pipih dan tidak bersegmen. Habitat cacing pipih berada di sungai, danau dan laut, bahkan ada juga yang hidup sebagai parasit dengan menumpang di dalam tubuh organisme lain.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Platyhelminthes
  1. Cacing bulu getar.
  2. Cacing hati.
  3. Cacing hisap.
  4. Cacing pita.

8. Porifera (Hewan Berpori)
Contoh Hewan Avertebrata Demospongiae
Contoh gambar hewan avertebrata demospongiae | seawater.no
Filum porifera adalah klasifikasi hewan avertebrata yang berpori, atau dapat juga disebut dengan nama "spons" ataupun "bunga karang". Porifera yaitu organisme multiseluler yang memiliki banyak pori di tubuhnya sehingga air dapat melewatinya.

Porifera tidak mempunyai sistem saraf, pencernaan ataupun peredaran darah. Sehingga mereka hanya mengandalkan aliran air yang melewati pori di tubuhnya untuk mendapatkan makanan dan oksigen serta membuang limbah.

Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Dari Filum Porifera
  1. Demospongiae.
  2. Spons kaca.
  3. Spons kapur.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Avertebrata/Invertebrata Beserta Keterangannya. Semoga rangkuman ini dapat menambah ilmu pengetahuan biologi kita semua.

Comments