Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insecta (Serangga)

No Comment Monday, November 16, 2020
Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insecta (Serangga) - Dalam filum arthropoda terdapat sebuah subfilum hexapoda yang di dalamnya terdapat sebuah klasifikasi kelas hewan yang bernama insecta. Pada kelas ini digolongkan untuk hewan yang tnapa tulang belakang yang memiliki kaki berjumlah 6 buah.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insecta (Serangga) Beserta Nama Latinnya & Keterangannya


Pengertian Insecta (Serangga)

Insecta atau serangga adalah hewan arthropoda yang berasal dari kelompok subfilum hexapoda (hewan berkaki enam). Serangga merupakan hewan avertebrata yang memiliki eksoskeleton berkitin dan tubuhnya dibagi menjadi 3 bagian yakni kepala (caput), dada (thoraks), perut (abdomen).

Hewan serangga mempunyai 3 pasang kaki yang terpasang di dada (thoraks), serta sepasang antena di atas kepalanya. Serangga memiliki mata majemuk. Serangga termasuk jenis hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Mereka semua adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Jumlah spesies serangga diperkirakan mencapai 6 - 10 juta jenis serangga di seluruh bumi.

Ciri Ciri Hewan Insecta (Serangga)

  1. Termasuk hewan yang tanpa tulang belakang (avertebrata / invertebrata).
  2. Memiliki tulang rangka luar (eksoskeleton).
  3. Tubuhnya di dibagi menjadi beberapa bagian (kepala, dada, perut).
  4. Jumlah kaki insecta ada 6 kaki atau 3 pasang kaki.
  5. Pada bagian kepalanya terdapat sepasang antena yang berguna sebagai alat peraba, satu pasang mata facet (majemuk) dan mata tunggal (ocellus).
  6. Bagian mulutnya terdiri atas rahang depan (maksila), rahang belakang (mandibula), bibir atas (labrum) dan bibir bawah (labium).
  7. Bagian mulutnya dapat berfungsi untuk menusuk, menggigit, menjilat dan menghisap (tergantung dari klasifikasi insecta tersebut).
  8. Bagian dada terdiri atas 3 ruas yaitu prothorax, mesothorax dan metathorax. Pada setiap ruas terdapat sepasang kaki.
  9. Sistem peredaran darah terbuka.
  10. Sistem saraf tangga tali.
  11. Sistem pencernaannya terdiri dari alat mulut, kerongkongan, tembolok, lambung, usus, rectum dan anus.
  12. Sistem pernafasannya memakai trakea.
  13. Habitatnya berada di darat (terestrial) dan air (akuatik).
  14. Tergolong hewan yang berkembang biak secara bertelur (ovipar).
  15. Mengalami siklus metamorfosis dari telur hingga menjadi serangga dewasa.

Contoh Hewan Insecta (Serangga) Beserta Nama Latinnya

1. Belalang (Caelifera)
Contoh Hewan Insecta Belalang
Contoh gambar hewan insecta belalang | Pixabay @huskyherz
Belalang merupakan contoh hewan serangga dari subordo caelifera yang ada di dalam ordo orthopera. Ciri ciri hewan insecta pada belalang ialah kepala terdapat sepasang antena, ukuran kaki belakang lebih panjang jika dibandingkan 2 pasang kaki lainnya dan biasanya digunakan untuk melompat, habitat belalang ada di padang rumput dan hutan.

Dalam agama Islam, hewan belalang merupakan satu dari dua jenis binatang yang dihalalkan untuk dimakan meskipun mati terlebih dahulu (manjadi bangkai). Belalang juga sering dijadikan sebagai sumber pangan karena mengandung protein, mineral dan vitamin.

2. Capung (Anisoptera)
Contoh Hewan Insecta Capung
Contoh gambar hewan insecta capung | Pixabay @papazachariasa
Capung adalah kelompok serangga yang berada di dalam subordo anisoptera berasal dari ordo odonata, mereka merupakan serangga yang mudah ditemukan di tempat yang ada genangan airnya seperti di pinggir danau, sungai dan rawa-rawa untuk bertelur.

3. Lalat (Diptera)
Contoh Hewan Insecta Lalat
Contoh gambar hewan insecta lalat | Pixabay @nuzree
Contoh hewan insecta selanjutnya yaitu lalat yang memiliki nama latin diptera, nama ini berasal dari kata "di" artinya "dua" dan "ptera" yaitu "sayap" sehingga arti diptera ialah "dua sayap". Lalat juga termasuk hewan parasit yang sangat merugikan bagi makhluk lain.

Tubuh lalat biasanya pendek dan ramping serta telah beradaptasi dengan gerakan udara. Segmen kepala (caput) lalat terdiri atas ocelli, antena, mata majemuk, dan bagian mulut (labrum, labium, mandibula, maksila). Segmen dada (thoraks) lalat pada ruas pertama dan ketiga bentuknya lebih kecil, pada ruas kedua berguna untuk menahan sayap dan memiliki otot-otot untuk terbang, pada ruas ketiga terdapat halter yang berfungsi untuk menyeimbangkan lalat selama terbang.

4. Nyamuk (Culicidae)
Contoh Hewan Insecta Nyamuk
Contoh gambar hewan insecta nyamuk | Pixabay @skeeze
Nyamuk adalah hewan dari kelas insecta (serangga) yang berasal dari keluarga culicidae, familia culicidae juga termasuk dalam ordo diptera (lalat).

Nyamuk mampu terbang dengan kecepatan 1,5 - 2,5 km/jam. Mereka merupakan jenis hewan penghisap darah untuk mendapatkan protein. Mereka juga selalu menemukan sasarannya dengan tepat karena dapat merasakan panas tubuh, bau tubuh dan melihat pergerakan.

Nyamuk juga termasuk serangga yang dapat membawa wabah penyakit bagi makhluk lain, seperti penyakit malaria, filaria, demam kuning, demam berdarah dan sebagainya.

5. Lebah (Apoidae)
Contoh Hewan Insecta Lebah
Contoh gambar hewan insecta lebah | Pixabay @460961
Salah satu contoh hewan insecta selanjutnya ialah lebah yang berasal dari familia apoidae yang termasuk dalam kelompok ordo hymenoptera (serangga bersayap selaput).

Lebah hidup secara berkelompok atau berkelompok, meskipun beberapa di antaranya tidak bersifat demikian. Pada setiap koloni lebah hanya dipimpin oleh seekor lebah yang disebut ratu lebah, tugas utama ratu lebah ialah bertelur selama hidupnya. Lebah juga mengalami siklus metamorfosis sempurna (holometabola) yang dimulai dari telur; larva (bentuk ulat); pupa (kepompong); imago (lebah dewasa).

Di alam liar lebah dapat membantu proses penyerbukan tumbuhan. Selain itu lebah juga dapat menghasilkan sebuah madu, madu tersebut mengandung banyak sekali manfaat sehingga sering dijadikan sebagai bahan obat-obatan dan juga bahan pangan.

Contoh Hewan Insecta Lainnya
6. Kupu-Kupu.
7. Semut.
8. Ngengat.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Insecta (Serangga).

Comments