Pengertian Nokturnal Dan Contoh Hewan Nokturnal

No Comment Tuesday, November 17, 2020
Pengertian Nokturnal Dan Contoh Hewan Nokturnal - Dalam mempelajari ilmu dunia binatang tentunya kita pernah mendengar kata nokturnal di telinga kita. Nokturnal merupakan salah satu perilaku hewan yang aktif pada saat waktu malam. Beberapa contoh istilah lainnya yaitu diurnal, krepuskular, matutinal dan metatunal.

Namun pada rangkuman kali ini kita hanya akan membahas tentang hewan nokturnal terlebih dahulu, untuk istilah lainnya kita akan membahasnya di artikel lain.

Pengertian, Ciri Ciri Dan Contoh Hewan Nokturnal

Pengertian Nokturnal Dan Contoh Hewan Nokturnal
Contoh gambar hewan nokturnal kelelawar | Pixabay @morchfotobysmallerslev

Pengertian Nokturnal

Nokturnal adalah tingkah laku hewan untuk beraktivitas pada saat malam hari baik itu untuk mencari makan, berkembang biak ataupun menghindari hewan predator agar dapat bertahan hidup. Selain itu hewan nokturnal beristirahat atau tidur pada waktu siang. Sehingga nokturnal adalah kebalikan dari hewan diurnal yang aktif di siang hari.

Hewan nokturnal biasanya memiliki kemampuan khusus untuk beradaptasi dengan kondisi di malam hari, seperti mempunyai indra penciuman, pendengaran dan penglihatan yang tajam.

Baca juga:

Ciri Ciri Hewan Nokturnal

1. Indra Penglihatan Yang Tajam
Hewan nokturnal mempunyai bola mata yang sangat besar sehingga mereka memiliki indra penglihatan yang tajam dan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang minim cahaya.

Contoh hewan nokturnal yang memiliki indra penglihatan yang tajam ialah burung hantu, karena ia dapat melihat lokasi dan pergerakan mangsanya di tempat yang gelap.

2. Indra Pendengaran Yang Unik
Ciri ciri hewan nokturnal selanjutnya ialah memiliki indra pendengaran yang unik, dengan menggunakan indra pendengarannya mereka dapat mengetahui keberadaan mangsanya, selain itu mereka juga dapat menggunakannya sebagai ekolokasi.

Salah satu contoh hewan nokturnal yang paling familiar ialah kelelawar yang mempunyai kemampuan ekolokasi untuk mengetahui kondisi lingkungan sekitar dengan mengandalkan indra pendengaran melalui suara yang dipantulkannya (gelombang ultrasonik). Dengan kemampuan inilah kelelawar yang meskipun memiliki indra penglihatan buruk mereka dapat terbang di dalam gua yang gelap tanpa harus menabrak dinding gua.

3. Indra Penciuman Yang Tajam
Selain memiliki indra penglihatan dan pendengaran yang unik, mereka juga mempunyai indra penciuman yang tajam. Dengan indra penciuman yang tajam inilah mereka dapat melacak keberadaan mangsanya dengan cepat.

4. Indra Perasa/Pengecap Yang Bagus
Ciri ciri hewan nokturnal yang terakhir ialah mereka mempunyai indra perasa atau pengecap yang bagus untuk mendeteksi keberadaan mangsanya.

Contoh hewan nokturnal yang memiliki indra perasa yang bagus ialah ular karena mereka dapat melacak lokasi mangsanya dengan merasakan suhu atau panas tubuh mangsanya.

10 Contoh Hewan Nokturnal

  1. Burung hantu
  2. Kelelawar
  3. Kiwi
  4. Kucing
  5. Kukang
  6. Kuskus
  7. Lemur
  8. Musang
  9. Tarsius
  10. Tikus

Demikian rangkuman singkat mengenai Pengertian Nokturnal Dan Contoh Hewan Nokturnal.

Comments