7 Cara Mengatasi Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi

No Comment Monday, August 23, 2021
7 Cara Mengatasi Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi - Tombol Back, Home dan Recent atau Multitasking adalah kumpulan tombol utama pada layar sentuh HP yang berfungsi sebagai tombol navigasi.

Apabila salah satu atau semua tombol navigasi tersebut tidak dapat berfungsi, maka hal itu tentu saja dapat mengganggu kita saat mengoperasikan smartphone tersebut.

  • Misalnya saja tombol Back tidak berfungsi, tentu kita tidak akan bisa menggunakannya untuk kembali ke menu halaman sebelumnya.
  • Apabila tombol Home tidak berfungsi, maka kita tidak akan bisa kembali ke halaman beranda HP.
  • Dan jika tombol Recent Apps tidak berfungsi, maka kita tidak dapat membuka daftar aplikasi yang sedang kita gunakan untuk multitasking.

Selain tombol navigasi tidak bisa disentuh atau ditekan, masalah tombol navigasi eror juga sangat beragam, ada yang bergerak atau mencet sendiri dan juga respon tombol navigasi yang lambat atau lag.

Penyebab Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi Atau Eror

  1. Hp sering terjatuh atau terbentur.
  2. Touchscreennya kotor, sehingga menjadi kurang responsif.
  3. Layar terlalu banyak terkena air dan keringat, sehingga merusak komponen layar.
  4. Ruang penyimpanan internal Android telah penuh hingga membuat kinerja tombol menjadi lambat.

Apabila layar sentuh pada smartphone kamu eror, terutama pada bagian tombol navigasi Back, Home dan Recent Apps. Kalian jangan panik dan buru-buru membawanya ke tempat servis, karena kalian bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

Lantas bagaimanakah cara mengatasi tombol navigasi tidak berfungsi? Berikut ini akan saya berikan solusi yang pernah saya coba sendiri, sehingga kalian dapat mencobanya sendiri dengan mengikuti panduan yang ada.

7 Cara Mengatasi Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi Di Semua HP Android Dengan Mudah


1. Pasang Aplikasi Navigation Bar Dan Google Assistant

Solusi pertama yang bisa kalian lakukan untuk cara mengatasi tombol navigasi tidak berfungsi yaitu dengan memasang aplikasi navigasi alternatif.

Download dan pasang aplikasi tombol navigasi alternatif berikut ini dan juga Google Assistant sebagai alat navigasi HP.
  • Navigation Bar (Rekomendasi).
  • S9 Navigation Bar (Rekomendasi untuk HP yang memiliki tombol Home fisik seperti Samsung).
  • Back Button.
  • Assitive Touch.
  • Google Assistant (Rekomendasi).

Aktifkan izin "Aksesibilitas" pada aplikasi tersebut di HP kamu. Dengan begitu, kamu bisa memakai tombol navigasi alternatif yang bisa kamu atur posisinya sesuai dengan keinginanmu.

Cara Mengatasi Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi Dengan Menggunakan Tombol Navigasi Alternatif
Tombol navigasi alternatif dari aplikasi Navigation Bar

Fungsi Google Assistant ialah dapat digunakan untuk membuka kembali aplikasi navigasi alternatif tersebut.
Apabila aplikasi Navigation Bar berhenti sendiri, sehingga tombol navigasinya tiba-tiba menghilang, kalian hanya perlu mengucap "Ok Google" lalu ucapkan "Buka aplikasi Navigation Bar", maka secara otomatis tombol navigation bar akan muncul kembali.

Namun jika kalian masih belum tau cara untuk memberikan perintah kepada google assistant melalui suara, maka kamu bisa melihat artikel berikut ini Cara Mengaktifkan Asisten Google Di HP Android.

2. Mengubah Resolusi Layar HP

Cara mengatasi tombol back, home dan recent tidak berfungsi dapat diatasi dengan memperbesar tampilan layar HP. Dengan memperbesar tampilan layar HP Android milikmu, maka secara otomatis area tombol navigasi HP tersebut juga ikut membesar.

Petunjuk:
Untuk mengikuti cara ini, kalian harus memiliki akses ke menu "Opsi Developer" atau "Opsi Pengembang" di perangkatmu.

1. Buka menu "Pengaturan > Sistem > Opsi Developer".
2. Setelah itu carilah menu "Lebar terkecil" pada bagian "Gambar".
3. Ubah nilai atau angka pada kotak form tersebut menjadi yang terkecil. Misal setelan defaultnya adalah 480 dp, maka ubah menjadi 400 dp atau 360 dp. Kalian juga bisa mengubahnya ke angka paling kecil.
Cara Mengatasi Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi Dengan Mengubah Resolusi HP
Memperbesar tampilan layar Android untuk memperbesar tombol navigasi
Petunjuk:
Semakin kecil nilai atau angka pada opsi kotak form "Lebar terkecil", maka tampilan layar HP Androidmu semakin besar.

3. Copot Aplikasi Terakhir Kali Yang Kalian Pasang

Terkadang beberapa jenis aplikasi Android dapat mempengaruhi fungsi sistem Android. Sehingga hal itu bisa saja membuat tombol Back, Home, dan Recent tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Maka cara mengatasi tombol navigasi tidak berfungsi yaitu dengan menghapus aplikasi terakhir kali yang kalian pasang, yang menyebabkan terjadinya pengaturan sistem tersebut telah berubah.

4. Mengosongkan Ruang Penyimpanan Internal Android

Solusi berikutnya untuk cara mengatasi tombol back, home dan recent tidak berfungsi yaitu bisa dilakukan dengan membersihkan ruang penyimpanan Android.

Karena apabila ruang penyimpanan internal Android kalian telah penuh, maka hal itu dapat mempengaruhi kinerja sistem Android tersebut hingga membuat tombol navigasi tidak bisa merespon dengan cepat, alhasil fungsi tombolnya sering macet atau nyangkut.

Baca juga: 

5. Bersihkan Layar LCD HP

Salah satu penyebab tombol navigasi eror dan kurang responsif ialah karena permukaan layar sentuh tersebut sudah sangat kotor, sehingga perlu dibersihkan supaya tidak mengganggu responsibilitas touchscreen tersebut. Untuk panduannya, kalian bisa melihatnya di artikel Cara Agar Layar HP Tetap Licin, Sensitif Dan Bersih.
Baca juga: 

6. Unroot Dan Restore ROM HP Androidmu

Buat kalian yang mengalami tombol navigasi eror, bisa jadi hal itu disebabkan karena kalian telah memodifikasi perangkatmu, seperti melakukan root dan custom ROM.

Memang ada banyak sekali alasan bagi seseorang untuk melakukan root dan custom ROM. Namun hal itu justru malah membuat sistem Android tersebut menjadi eror, salah satunya yaitu custom ROM yang tidak cocok alias tidak kompatibel dengan perangkat tersebut.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kalian mengembalikan setelan perangkat tersebut ke Stock ROM aslinya dan melakukan unroot.

7. Kembalikan HP Ke Setelan Pabrik

Apabila kalian sudah melakukan semua cara tidak di atas namun tidak membuahkan hasil apapun, maka cara terakhir yang dapat kalian lakukan hanyalah mengembalikannya ke setelan pabrik alias Factory Reset.

Dengan menggunakan opsi ini, maka semua pengaturan sistem Android yang sudah kita buat akan dikembalikan lagi semuanya ke pengaturan awal.

Apabila semua tutorial di atas sudah kalian coba, namun tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Maka kalian bisa membawanya ke tempat servis untuk memperbaiki smartphone kalian.

Itulah panduan lengkap untuk 7 Cara Mengatasi Tombol Back, Home Dan Recent Tidak Berfungsi Di Semua HP Android. Semoga artikel ini dapat berguna dan membantu menyelesaikan masalah.

Comments