20 Cara Merawat HP Agar Awet, Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Rusak

No Comment Friday, July 16, 2021
20 Cara Merawat HP Agar Awet, Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Rusak - Smartphone atau ponsel pintar merupakan sebuah alat yang memiliki banyak sekali fungsinya, mulai dari untuk mengakses informasi, berkomunikasi, bekerja hingga untuk melakukan transaksi uang secara online.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis smartphone yang beredar di pasaran yang bisa kita jumpai, mulai dari samrtphone yang memakai OS Android, Iphone, hingga Windows Phone.

Dengan beragam fungsi atau kegunaannya, setiap orang tentunya pasti ingin menjaga HPnya agar tidak cepat rusak, terutama HP mahal yang dibeli dengan uang dari kerja keras, baik itu HP baru ataupun HP lawas.

Pemakaian HP yang berlebihan atau HP dengan usia pemakaiannya yang sudah lama tentu saja hal itu sangat rentan mengalami kerusakan. Salah satu contoh kerusakan yang paling banyak dialami oleh pengguna smartphone ialah baterai HP boros, HP menjadi lemot, casing dan layar retak, serta masih banyak lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut saya telah merangkum beberapa tips yang berisi cara merawat HP baru dan lawas atau cara menjaga HP agar tidak cepat rusak di bawah ini.

20 Cara Merawat HP Agar Awet, Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Rusak Tanpa Harus Diservis

Cara Merawat HP Agar Awet, Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Baterai HP Agar Awet Dan Tidak Cepat Habis


1. Memakai Charger Original

Hindari menggunakan charger KW dan gunakanlah charger ORI. Sebab jika kita terlalu sering memakai charger kw, maka hal itu dapat memperpendek umur baterai HP karena perbedaan arus listrik yang mengalir pada komponen dan baterai HP.

Di sisi lain juga, jangan sering-sering mengisi baterai menggunakan powerbank. Jadi pakailah powerbank ketika di keadaan sangat mendesak saja.

2. Hindari Memakai HP Saat Pengisian Daya Baterai

Salah satu cara merawat baterai HP agar awet ialah dengan tidak memakai HP dalam kondisi mengisi daya. Sebab apabila kalian sering melakukan hal ini maka akan membuat baterai HP kamu menjadi boros dan cepat drop.

Selain itu, memakai HP saat dicharger juga bisa membuat HP menjadi cepat panas dan menimbulkan overheat. Dan salah satu kerusakan yang pernah saya alami yaitu kuningan pada konektor USB HP meleleh/patah karena kepanasan/aus, sehingga harus dibawa ke tempat servis.

3. Mengisi Baterai Sewajarnya

Mungkin di antara kalian ada yang sedang bertanya-tanya "Bagaimana cara pengecasan HP baru yang benar?". Umumnya pengisian baterai HP dilakukan ketika baterai berada di angka 20% - 30% dan mencabut charger ketika baterai di angka 80% - 90%. Biasanya hal itu membutuhkan waktu 2 - 3 jam.

Hindari pengisian baterai di angka 0% ataupun mengisi daya sampai melebihi waktu 100% karena hal itu dapat mengakibatkan baterai menjadi eror.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan HP Untuk Tethering Hotspot

Apakah kalian sering menggunakan HP kamu untuk tethering hotspot ke perangkat lain seperti HP, laptop dan komputer? Jika iya maka jangan terlalu sering melakukannya. Berikut ini adalah Bahaya HP Jika Terlalu Sering Digunakan Tethering Hotspot.

Cara Merawat HP Dengan Baik Agar Awet


5. Memasang Soft Case

Cara Merawat HP Dengan Baik Agar Awet Menggunakan Soft Case
Cara merawat HP menggunakan soft case

Memasang soft case juga termasuk salah satu cara merawat HP dengan baik. Sebab dengan memasang soft case, hal itu dapat melindungi smartphone kita dari insiden yang tidak terduga, seperti HP jatuh dari tangan ataupun saku, melindungi dari benturan dan goresan ataupun dari ketindihan barang lain.

6. Memasang Screen Protector (Anti Gores)

Cara menjaga HP agar tidak cepat rusak juga bisa dilakukan dengan memasang sebuah layar pelindung alias anti gores pada smartphone. Hal ini bertujuan untuk menghindari layar lecet atau pecah ketika terjatuh atau terbentur dengan benda lainnya. Baca juga Cara Agar Layar HP Tetap Licin Dan Bersih.

7. Pakailah Sewajarnya Dan Jangan Berlebihan

Sama seperti barang elektronik lainnya, jika kita memakainya dengan berlebihan tanpa memberikan waktu istirahat maka HP kalian akan menjadi cepat panas pada mesin dan layar HP sehingga menimbulkan overheat kemudian mengakibatkan HP mengalami hang.

Tips cara merawat HP agar awet yaitu dengan mematikan layar HP dalam 10 - 15 menit setelah digunakan selama 45 - 60 menit. Sehingga mesin dan baterai HP tidak cepat panas dan bisa bekerja secara otpimal

8. Mengatur Volume Sepaker HP

Jika kalian sedang memakai speaker HP untuk melakukan panggilan suara atau video dan juga memutar musik ataupun film, alankah baiknya jika kita mengatur di volume tidak terlalu keras, yakni maksimalnya cukup 90% saja.

Selain menghemat baterai dan menjaga speaker HP tetap awet, tindakan ini juga dapat menjaga kesehatan pendengaran kita.

9. Mengatur Kecerahan Layar

Cara supaya baterai HP tidak cepat habis juga bisa dilakukan dengan mengatur kecerahan layar HP ke tingkat yang tidak terlalu terang.

Sebab jika kita mengatur kecerahan layar HP menjadi sangat terang, maka itu bisa membuat layar LCD HP menjadi cepat panas dan membuat layar sentuh menjadi eror.

10. Simpan Smartphone Di Tempat Yang Aman

Selain memasang soft case dan anti gores, cara merawat HP agar awet atau cara menjaga HP agar tidak cepat rusak yakni dengan menyimpannya di tempat yang aman.

Oleh sebab itu, simpanlah HP di tempat yang terhindar dari guncangan/benturan, suhu panas, lembab, goresan dan hindari meletakkan HP di dekat barang yang mengandung medan magnet.

Cara Merawat HP Android Agar Awet Dan Tidak Lemot


11. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Salah satu alasan kenapa HP android lemot yaitu karena kita mnggunakan aplikasi live wallpaper. Aplikasi live wallpaper atau gambar bergerak dapat menimbulkan HP android menjadi sangat lemot dan baterai HP menjadi cepat habis karena mereka terus aktif di proses latar belakang.

Oleh sebab itu gunakanlah wallpaper statis atau tidak bergerak, sehingga hal ini dapat mengurangi beban daya dan kinerja HP.

12. Mencopot Widget Yang Tidak Penting

Cara mengatasi HP lemot juga bisa dilakukan dengan mencopot semua widget yang tidak diperlukan. Sebab proses kerja widget juga sama seperti aplikasi live wallpaper yang terus bekerja di latar belakang HP, sehingga membuat HP menjadi lemot.

13. Mencopot Aplikasi Yang Tidak Penting

Perlu kalian ketahui juga bahwa terlalu banyak aplikasi maka akan membuat kinerja HP menjadi terbebani ketika memproses suatu data, terutama kinerja RAM, ROM, Processor dan GPU.

Untuk cara setting HP android agar tidak lemot, kalian bisa mencopot aplikasi yang tidak penting alias sudah tidak dibutuhkan lagi. Sebab dengan menghapus dan mencopot aplikasi tersebut, maka akan membuat kapasitas memori internal android atau iphone menjadi lebih bebas dan mengurangi beban CPU.

14. Memasang Aplikasi Yang Sesuai Dengan Spesifikasi

Pasanglah aplikasi yang sesuai dengan kapasitas spesifikasi HP milikmu, jika kamu memasang aplikasi yang tidak cocok dengan perangkatmu, maka itu dapat membuat perangkat kalian mengalami eror.

Beberapa contoh eror akibat memasang aplikasi yang tidak cocok yaitu diantaranya "Sayangnya aplikasi telah berhenti", "Aplikasi tidak terpasang", "Aplikasi tidak menanggapi", "Unfortunately, App has stopped", sering restart sendiri dan masih banyak lagi.

15. Cukup Gunakan 1 Aplikasi Anti Virus

Pasanglah aplikasi anti virus di HP kalian utnuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus yang berasal dari internet. Terutama jika kalian sering mengunduh file lewat email dan situs-situs yang tidak memakai keamanan https.

Kalian juga hanya perlu memakai 1 anti virus saja jika tidak ingin HP kalian menjadi lemot. Namun jika kalian tidak pernah memakai HP untuk mengakses situs atau aplikasi yang tidak aman, maka kamu juga tidak perlu memasang aplikasi anti virus.

16. Perhatikan Sebelum Update Sistem

Seringkali HP lawas menjadi sangat lemot ketika menjalankan suatu aplikasi. Biasanya hal itu terjadi karena sistem android pada HP tersebut minta diperbarui supaya cocok dengan versi aplikasi tersebut.

Tapi sebelum update sistem operasi, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Hindari update sistem versi beta, cek kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk memakai sistem terbaru dan bandingkan dengan memori internal HP kalian. Jika tidak cocok, mending jangan update sistem dahulu.

17. Menggunakan Micro-SD Card

Cara Merawat HP Android Agar Awet Dan Tidak Lemot
Kartu memori HP | Pixabay @FranckinJapan
Penyebab kenapa HP android lemot ialah karena memori internal HP hampir penuh, sehingga dapat mempengaruhi proses reading/writing data menjadi lebih lambat. Untuk mengatasinya yaitu kalian hanya perlu memindahkan datamu ke memori eksternal Micro-SD Card.

18. Melakukan Backup Data

Selain memakai memori eksternal berupa Micro-SD Card. Kita juga bisa melakukan backup data ke komputer/laptop (PC) dan juga media penyimpanan awan (Cloud Storage) seperti Google Drive dan One Drive untuk mengurangi yang kurang penting di memori internal HP.

19. Batasi Multi-Tasking

Semakin banyak aplikasi yang sedang berjalan maka semakin banyak data yang sedang diproses oleh CPU HP kalian, dan itu dapat membuat performa HP menjadi lelet.

Oleh karena itu hindarilah multi-tasking yang berlebihan, jika aplikasi tersebut sudah tidak digunakan, maka pilih opsi "Paksa Berhenti". Atur juga batas aplikasi saat multi tasking supaya tidak lemot dan tidak boros daya baterai.

20. Menghapus File Sampah

Cara Merawat HP Android Agar Awet Dan Tidak Lemot 2
Aplikasi penghapus file sampah di android
Langkah berikutnya yang bisa kalian coba untuk cara merawat HP android agar tidak lemot ialah dengan menghapus file sampah, sebab file sampah bisa menghabiskan banyak ruang penyimpanan internal android.

Beberapa contoh file sampah yaitu seperti file cache aplikasi, file data apk lawas, foto dan video resolusi rendah, serta file sejenisnya. Topik ini sudah kami bahas di dalam artikel berikut Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis.

Demikianlah informasi mengenai 20 Cara Merawat HP Agar Awet, Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Rusak Tanpa Harus Diservis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan juga bermanfaat bagi semua orang.

Comments