8 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dan Penuh

Saturday, April 03, 2021
Daftar Isi
8 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dan Penuh Di Android - Pada saat ruang penyimpanan internal smartphone kita hampir habis atau penuh, maka akan muncul sebuah pemberitahuan di bagian menu notifikasi. Selain itu juga muncul peringatan ketika hendak memasang sebuah aplikasi.

Lantas apa saja penyebab dan juga dampak dari ruang penyimpanan android yang hampir hampir habis dan juga penuh? berikut ini penjelasannya.

Penyebab Dan Dampak Dari Memori HP Android Yang Penuh


Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh

  1. Terlalu banyak file yang disimpan di memori internal.
  2. Banyaknya file sampah (cache, duplikat, file apk tidak terpakai) yang menumpuk.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang dipasang.
  4. Tidak memasang memori eksternal (MicroSD Card).

Dampak Dari Ruang Penyimpanan Penuh

  1. Tidak dapat menyimpan data file baru.
  2. Tidak bisa dipakai untuk menginstal aplikasi baru.
  3. Kinerja android menjadi lambat, terutama untuk proses pembacaan data.
  4. Biasanya akan keluar dari aplikasi secara paksa "Sayangnya aplikasi telah berhenti".

Jika kalian mengalami masalah tersebut, maka kalian dapat mengikuti petunjuk berikut yang berisi cara mengatasi ruang penyimpanan yang hampir habis dan memori penuh di android.

Baca juga:

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dan Cara Mengatasi Memori Penuh Di Android

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dan Penuh

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi Android


1. Menggunakan Memori Eksternal (MicroSD Card)

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dengan Memindahkan Data Ke SD Card
Menu ruang penyimpanan android
Cara pertama yang dapat kalian coba untuk mengatasi ruang penyimpanan internal penuh ialah dengan menambahkan Memori Eksternal sebagai media penyimpanan data utama, mulai dari file foto, video, audio dan sejenisnya.

Sehingga nantinya ruang penyimpanan internal hanya dipakai untuk menyimpan data aplikasi android saja. Dengan demikian maka hal itu dapat membuat memori internal menjadi lebih longgar dan tidak terbebani.

2. Memindahkan Data HP Ke Laptop Dan Komputer (PC)

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi android dapat dilakukan dengan cara memindahkan file HP ke Laptop ataupun Komputer untuk mencadangkan data kita tanpa harus menghapusnya.

Dengan memindahkan data kita ke PC, jadi apabila sewaktu-waktu kita memerlukan data tersebut kembali, maka kita hanya perlu memindahkannya lagi ke HP.

3. Menyimpan Data HP Di Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada Samsung J2 Prime dan Xiaomi 6A ataupun merk android lainnya dapat dilakukan dengan cara menyimpan data HP di media penyimpanan awan yang disebut dengan "Cloud Storage".

Ada banyak sekali layanan cloud storage yang dapat kalian gunakan untuk menyimpan data HP, seperti layanan penyimpanan Google Drive, Dropbox, Solidfiles, Zippyshare dan sejenisnya.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Android


4. Menghapus File Cache Aplikasi Android 

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dengan Menghapus File Cache
Setelan ruang penyimpanan aplikasi
Jika kalian bertanya-tanya "kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit", maka hal ini bisa saja diakibatkan oleh banyaknya file cache yang tidak pernah dibersihkan, sehingga terus menumpuk dan memakan banyak ruang penyimpanan.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi bisa kita lakukan dengan cara menghapus file cache yang berasal dari sebuah data aplikasi.

Dengan menghapus file cache yang menumpuk maka hal itu dapat meringankan beban memori internal, sehingga dapat mempercepat kinerja android dalam memproses data.

5. Menghapus Data Aplikasi Android

Apabila kalian memakai aplikasi online seperti Youtube, Facebook, Instagram serta aplikasi browser seperti Chrome, UC Browser dan Opera Browser, biasanya memakan banyak sekali memori internal. Hal ini disebabkan karena banyaknya data yang telah diunduh, yakni seperti file ebook, audio, foto dan video offline.

Jika kalian sudah tidak membutuhkan data dari aplikasi tersebut, maka kalian bisa menghapusnya sebagai langkah untuk mengatasi ruang penyimpanan android hampir habis.

Cara Mengatasi Memori Penuh Di Android

 

6. Menghapus File Yang Tidak Penting (File Sampah) 

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dengan Menghapus File Sampah
Aplikasi penghapus file sampah di android
"Kenapa ruang penyimpanan penuh padahal aplikasi sedikit", salah satu penyebabnya yaitu akibat dari banyaknya file sampah di HP kalian, contohnya ialah seperti file cache, file duplikat (ganda), file apk yang tidak terpakai, file foto dan video dengan resolusi rendah.

Untuk cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di hp Samsung J2 Prime, Xiaomi 5A, Xiaomi 6A, Oppo, Advan dan hp android lainnya, kita hanya perlu menghapus file sampah tersebut.

Kalian bisa menghapus file sampah secara manual tanpa memakai aplikasi lain ataupun secara otomatis yang dengan memakai aplikasi Cleaner seperti Phone Master, CCleaner, dan masih banyak lagi.

7. Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Dipakai

Cara mengatasi memori penuh di hp Oppo A3S, Oppo A37, Samsung J2 Prime yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak dipakai lagi atau jarang digunakan, sebab semakin banyak aplikasi yang terpasang di android maka semakin banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Oleh sebab itu kita harus mencopot aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Berikut ini adalah jenis aplikasi yang memakan banyak memori internal, diantaranya ialah aplikasi browser, media sosial foto dan video, online shop dan juga aplikasi streaming film dan lagu.

8. Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik

Solusi terakhir sekaligus sebagai cara yang paling ampuh untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh yaitu dengan melakukan "Reset HP" alias mengembalikan semua pengaturan ke setelan pabrik.

Meskipun cara ini sangatlah ampuh, namun cara ini juga sangat beresiko, sebab hal ini dapat mengakibatkan semua data file yang tersimpan di memori internal smartphone kita akan hilang karena dihapus secara permanen.

Demikianlah panduan lengkap tentang Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dan Cara Mengatasi Memori Penuh Di Android seperti HP Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung dan merk lain. Apabila artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikannya kepada teman kalian ataupun orang lain.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Lazada