5 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh

No Comment Monday, April 05, 2021
5 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh - Memori internal merupakan menjadi sebagai ruang penyimpanan sistem utama yang terdapat pada HP kita. Apabila ruang penyimpanan internal smartphone telah penuh, maka hal itu dapat menghambat kinerja HP kita sehingga membuat performa HP menjadi lamban dan tidak dapat dapat bekerja optimal dalam memproses data.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaga ruang penyimpanan internal HP supaya kapasitas penyimpanannya tidak memenuhi batas maksimal. Untuk menjaganya kalian dapat mengikuti petunjuk berikut yang berisi panduan tentang cara membersihkan memori internal hp oppo, xiaomi, samsung, realme dan merk hp android lainnya.

Baca juga:

Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh Tanpa Root Yang Bisa Kita Coba Dengan Mudah

Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh

1. Cara Membersihkan Memori Internal Dengan Menghapus File Sampah

Cara mengosongkan ruang penyimpanan internal tanpa menghapus aplikasi dapat dilakukan dengan cara menghapus file sampah di HP android kalian.

Ada banyak jenis file sampah yang dapat kalian hapus, misalnya yakni file cache pada aplikasi galeri dan browser, file apk yang sudah terpasang, file duplikat, file sisa dari aplikasi yang telah dicopot dan sejenisnya.

2. Cara Membersihkan Memori Internal Dengan Menghapus Data Aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan internal bisa diatasi dengan cara mengosongkan ruang disk whatsapp, telegram, instagram dan facebook. Mungkin sebagian dari kita menggunakan settingan download multimedia secara otomatis di aplikasi media sosial tersebut, oleh karena itulah memori kita menjadi cepat penuh. 

Intinya dengan menghapus data aplikasi android, maka hal itu dapat membersihkan memori internal. Namun, dengan menghapus data aplikasi maka hal itu dapat menghilangkan semua data yang telah tersimpan secara permanen, seperti menghapus data login, file multimedia, setelan aplikasi dan lainnya.

3. Cara Membersihkan Memori Internal Dengan Cara Uninstall Aplikasi

Apabila kalian memasang banyak aplikasi di smartphone android maka hal itu dapat menyebabkan memori internal menjadi penuh. Jika sudah begitu maka solusinya ialah dengan mencopot aplikasi tersebut.

Kalian hanya perlu mencopot aplikasi yang jarang kalian gunakan, atau bisa juga dengan mencopot aplikasi dengan fungsi yang tidak terlalu penting.

4. Cara Membersihkan Memori Internal Menggunakan Aplikasi Cleaner

Cara Membersihkan Memori Internal Menggunakan Aplikasi Cleaner
Aplikasi Cleaner Phone Master untuk membersihkan memori internal
Cara mengosongkan memori internal hp android tanpa root secara mudah dapat dilakukan dengan memakai aplikasi cleaner. Aplikasi cleaner android merupakan sebuah perangkat lunak berupa tool yang berfungsi untuk membersihkan file sampah, mulai dari cache hingga file yang rusak.

Ada banyak sekali pilihan aplikasi cleaner yang bisa kalian pakai untuk membersihkan memori internal secara gratis. Misalnya ialah aplikasi Phone Master, CCleaner, AVG Cleaner dan Clean Master.

5. Cara Membersihkan Memori Internal Melalui Reset Smartphone

Langkah terakhir untuk cara mengosongkan memori internal hp android tanpa root adalah dengan cara reset smartphone, alias mengembalikan smartphone ke setelan pabrik.

Dengan memakai cara ini maka semua file yang disimpan di penyimpanan internal pada smartphone akan hilang semua, seperti aplikasi, file multimedia, setelan, data login akun dan file lainnya. Maka dari itu sebelum memakai cara ini lebih baik mencadangkan data penting terlebih dahulu kedalam cloud storage.

Demikianlah informasi lengkap tentang petunjuk yang berisi 5 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua. Semoga berguna.

Comments