5 Dampak Bahaya Jika HP Sering Dijadikan Tethering Hotspot

No Comment Saturday, September 26, 2020
5 Dampak Bahaya Jika HP Sering Dijadikan Tethering Hotspot - Pada saat ini hampir semua HP jenis Smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Tethering Hotspot yang berguna untuk mengubungkan perangkat lain kedalam jaringan internet melalui HP kita.

Akan tetapi di sisi lain hp yang sering dipakai untuk tethering dan hotspot ke perangkat lain dalam jangka waktu yang lama maka hal itu dapat memberikan dampak buruk terhadap smartphone kamu. Untuk lebih jelasanya silahkan simak ulasannya disini.

Inilah Dampak Bahaya Akibat HP Sering Dijadikan Tethering Hotspot Internet Ke Laptop Dan HP Lain Beserta Solusinya

Dampak Bahaya Jika HP Sering Dijadikan Tethering Hotspot

Bahaya Jika HP Sering Menggunakan Fitur Wifi Hotspot

Fitur Wifi Hotspot merupakan sebuah menu khusus yang dapat kita pakai untuk membagikan jaringan internet pada smartphone dengan perangkat lain, seperti HP, Tablet, Laptop dan Komputer (PC).

1. Baterai HP Menjadi Boros
Hal yang pertama yang akan terjadi saat memakai HP sebagai wifi hotspot internet yaitu akan membuat baterai HP menjadi boros dan cepat rusak. Sebab, selain mengaktifkan fitur hotspot untuk membagikan sinyal wifi pada perangkat lain, kita juga harus mengaktifkan data seluler untuk terhubung ke jaringan.

Jadi dapatkan disimpulkan bahwa apabila kedua wireless tersebut diaktifkan pada saat yang bersamaan maka daya baterai akan cepat habis sehingga hp mudah ngedrop.

2. HP Cepat Overheat
Jika kita terlalu sering menggunakan smartphone sebagai wifi maka suhu hp cepat naik dan menimbulkan panas sehingga mengakibatkan hp kita mengalami panas berlebihan (overheat).

Apabila smartphone kamu sudah sering mengalami overheat maka beberapa kejadian aneh akan muncul pada hp milikmu, contohnya seperti hp tiba-tiba restart sendiri, menjadi blank, komponen yang ada di dalamnya rusak dan yang lainnya.

3. Boros Kuota Internet
Di sisi lain apabila kita memakai HP sebagai wifi maka kuota atau data internet kita akan cepat terkuras habis. Hal ini sangatlah wajar, sebab request resource data pada laptop dan komputer sangatlah besar.

Baca juga:

Bahaya Jika HP Sering Dijadikan Sebagai Modem

Jika wifi hotspot dilakukan tanpa memakai kabel, maka tethering hotspot USB hanya dapat dilakukan melalui kabel data USB sehingga fungsinya mirip sebagai modem untuk laptop.

1. Suhu HP Menjadi Cepat Panas
Alasannya sama seperti penggunaan wifi hotspot. Selain itu kabel data USB yang terhubung dari HP ke Laptop dalam waktu cukup lama juga dapat menyebabkan HP dan Laptop menjadi overheat.

2. Boros Kuota Internet
Alasannya sama seperti penggunaan wifi hotspot, yaitu terdapat pada perbedaan proses request data.

3. Baterai HP Dan Laptop Cepat Rusak
Alasannya sama seperti penggunaan wifi hotspot, namun ini lebih parah. Sebab dengan cara ini kita harus menghubungkan kabel USB ke laptop, dan secara otomatis hal itu akan membuat daya baterai hp kamu terisi tapi menguras baterai laptop.

Selain itu juga mengisi daya baterai ponsel sambil digunakan saat bersamaan maka akan berakibat buruk, terlebih lagi jika mencharger HP dari tegangan listrik yang tidak stabil seperti mengisi daya dari laptop.

4. HP Menjadi Eror
Apabila kalian terlalu sering memakai HP sebagai modem maka HP milikmu akan menjadi eror, salah satunya yaitu daya baterai HP tidak dapat terisi meskipun sudah terhubung dengan listrik.

5. Port USB Cepat Rusak
Baik port kabel data USB maupun port charger HP, hal itu akan menimbulkan panas berlebih yang disebabkan oleh daya listrik yang terus mengalir tanpa henti melalui kabel sehingga port atau konektor kabel tersebut akan menjadi aus.

Solusi Aman Memakai HP Untuk Wifi Hotspot

  1. Lebih baik menggunakan fitur wifi hotspot daripada tethering hotspot via USB.
  2. Usahakan untuk tidak memakai fitur Wifi Hotspot dalam waktu yang lama, normalnya batas waktu pemakaian hingga 1 jam saja.
  3. Jangan terlalu sering menggunakan fitur Wifi Hotspot pada HP, jadi gunakanlah di saat saat penting saja.
  4. Manfaatkanlah fasilitas wifi yang tersedia, namun jika perlu belilah modem sendiri apabila kamu memang membutuhkan koneksi internet untuk kebutuhan sehari hari.

Itulah ulasan lengkap tentang 5 Dampak Bahaya Jika HP Sering Dijadikan Tethering Hotspot yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua, semoga hal ini dapat bermanfaat ya sob.

Comments