7 Cara Membersihkan Layar HP Yang Kotor Dengan Aman

No Comment Thursday, September 17, 2020
7 Cara Membersihkan Layar HP Yang Kotor Dengan Aman - Pada saat ini smartphone dengan model keluaran terbaru sebagian besar telah memakai model layar sentuh penuh (Full TouchScreen). Sehingga semua akses kontrol HP terdapat layar LCD tersebut.

Apabila layar LCD HP kita telah menjadi kotor maka tentu saja hal itu dapat mengganggu kenyamanan kita saat menggunakannya, terutama pada saat digunakan untuk bermain game yang memang sangat bergantung pada akses kontrol layar LCD.
Cara Membersihkan Layar HP Yang Kotor Dengan Aman

Penyebab Layar HP Menjadi Kotor Dan Lecet

  1. Banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada layar HP akan membuat layar HP menjadi berjamur.
  2. Hal itu disebabkan karena kamu menyimpan ponsel tersebut ke tempat yang tidak bersih.
  3. Tangan yang basah dan berkeringat sehingga debu dan kotoran mudah menempel.
  4. Bermain HP sambil makan alias ngemil sambil main hp.
  5. HP pernah jatuh ke tempat kotor dan lain sebagainya.
Jika seperti itu maka kita perlu membersihkan dan merawat LCD HP supaya tetap bersih agar saat digunakan tetap terasa licin dan nyaman, sehingga kontrol pada layar LCD HP selalu responsif.

Cara Membersihkan Layar HP Yang Kotor Dengan Aman Agar Layar HP Tetap Lilin

Sebelum menerapkan tutorial ini, alangkah baiknya jika kalian mematikan ponsel kalian terlebih dahulu supaya tetap aman dan tidak mengalami kerusakan.

1. Gunakan Kain Halus
Kita bisa membersihkan layar HP yang kotor dengan mudah, yaitu dengan memakai serat kain yang halus untuk menghindari lecet atau goresan pada layar. Cara ini hanya efektif apabila diterapkan untuk membersihkan kotoran layar yang masih sedikit dan tidak menjamur.

Untuk pengaplikasiannya, kalian hanya perlu mengelap layar LCD HP kalian dengan satu arah secara perlahan dan berulang-ulang.

2. Gunakan Tisu Dan Cotton Bud
Apabila cara pertama kurang efektif, maka kita dapat menggunakan Tisu dan Cotton Bud sebagai alat untuk membersihkan layar LCD HP dengan aman.

Caranya sangat mudah sekali, cukup usapkan tisu ke layar HP kalian yang kotor, untuk membersihkan bagian samping layar LCD yang kotor maka kita dapat memakai cotton bud dengan menggosoknya dengan pelan-pelan.

3. Pakai Air Bersih
Kita juga dapat menggunakan air untuk membersihkan layar HP yang sudah menjamur sehingga kotoran yang membandel pada layar dapat dihilangkan. Tapi kita menggunakan air tersebut hanya untuk membasahi kain, tisu ataupun cotton bud untuk membersihkan layar hp.

4. Gunakan Pasta Gigi (Odol)
Tips selanjutnya yaitu cara membersihkan layar hp dengan odol (Pasta Gigi) yang berfungsi sebagai bahan pembersih layar LCD HP. Cara ini terbilang cukup ampuh karena dapat membersihkan layar hp yang tergores alias menghilangkan lecet pada LCD HP.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih
Sama seperti air dan odol, cara membersihkan layar hp dengan minyak kayu putih juga dilakukan dengan cara membasahi kain atau tisu lalu kita membersihkan noda-noda yang menempel pada layar dengan cara mengusapnya.

Cara ini sangatlah bagus karena bahan minyak kayu putih bisa membuat layar HP menjadi licin sehingga layar sentuh kalian akan menjadi sangat responsif.

6. Beli Cairan Khusus Pembersih Layar HP
Jika kalian takut membersihkan layar hp dengan meniru cara di atas dan tidak ingin mengambil resiko, maka kamu dapat menggunakan cairan khusus yang berguna sebagai bahan pembersih layar LCD HP. Kalian bisa mendapatkannya di toko aksesoris HP, toko elektronik maupun toko online di internet.

7. Pakailah Teknik Pembersihan Melingkar
Apabila kalian sudah menerapkan semua cara di atas namun hasilnya masih kurang optimal, maka bisa jadi teknik pembersihan yang kalian pakai kurang tepat sehingga layar HP masih ada noda dan kotoran yang tersisa.

Untuk teknik pembersihan layar LCD HP, kita dapat melakukannya dengan cara mengusapnya dengan satu arah secara melingkar atau berputar 360 derajat beberapa kali yang dilakukan secara perlahan-lahan agar layar LCD HP kita dapat bersih seluruhnya.

Baca juga:

Tips Menjaga Layar HP Agar Tetap Licin, Bersih Dan Awet

  1. Memamasang Tempered Glass (Anti Gores) pada layar HP.
  2. Sebelum memakai HP, pastikan bahwa tanganmu dalam keadaan bersih. Jika berkeringat maka segera bersihkan dengan memakai lap atau tisu.
  3. Jangan pernah membersihkan layar HP menggunakan selotip (solasi), karena tidak semua layar HP memiliki tekstur layar yang sama. Dan yang ada malah sebaliknya, bisa jadi lem pada selotip akan menempel pada layar HP.
  4. Simpanlah HP kamu di tempat yang aman. Pastikan tidak diletakkan pada tempat yang panas, lembab, berdebu/kotor, serta tempat yang sering terjadi menimbulkan guncangan dan goresan.

Itulah informasi sederhana menganai 7 Cara Membersihkan Layar HP Yang Kotor Dengan Aman yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua, semoga bermanfaat.

Comments