6 Cara Jitu Mengatasi Kontak Tidak Terbaca Di Whatsapp (WA)

No Comment Thursday, November 21, 2019
Cara Jitu Mengatasi Kontak Tidak Terbaca Di Whatsapp (WA). Apakah kalian sedang mengalami kehilangan daftar nama kontak di aplikasi Whatsapp? jika iya maka kemungkinan besar hal itu terjadi karena kalian telah mengotak-atik setelan pada HP kamu.

Lantas bagaimana caranya agar kontak tersebut bisa muncul kembali? tenang, karena saya akan menunjukkan beberapa jalan keluar dari masalah ini yang bisa kalian coba supaya kontak Whatsapp atau WA kamu kembali normal.

Solusi Jitu Untuk Mengatasi Kontak Yang Tidak Terbaca Di Aplikasi Whatsapp (WA)


1. Tampilkan Semua Daftar Kontak Pada Telepon Untuk Memunculkan Kontak Di Whatsapp

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp (WA) Yang Hilang Melalui Aplikasi Kontak
Cara pertama adalah untuk menampilkan daftar kontak yang tersembunyi karena terkena opsi pengecualian akibat penyesuaian daftar kontak, sehingga hal ini juga dapat mempengaruhi daftar kontak pada Whatsapp juga.

Masuk kedalam aplikasi "Buku Telepon/Kontak" selanjutnya pilih menu "Setelan atau Pengaturan" kemudian pilih "Kontak untuk ditampilkan" setelah itu pilih opsi "Semua kontak".

2. Aktifkan App Permission Aplikasi Whatsapp Untuk Mengatasi Kontak Tidak Terbaca Di Whatsapp (WA)

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp (WA) Yang Hilang Melalui App Permission
Penyebab yang mungkin terjadi jika kontak whatsapp kamu tidak terbaca ialah kamu tidak mengizinkan aplikasi WA untuk mengakses daftar kontak yang ada di teleponmu, sehingga aplikasi whatsapp tersebut tidak dapat melihat daftar kontak kalian.

Maka dari itu dari itu cara mengatasi kontak yang tidak terbaca di aplikasi whatsapp (WA) ialah kamu harus memberikan izin pada WA kamu untuk membaca kontakmu. Masuk ke menu "Setelan > Izin Aplikasi > Kontak" setelah itu nayalakan opsi untuk mengizinkan whatsapp membaca kontakmu.

3. Mengatasi Kontak Tidak Terbaca Di Whatsapp (WA) Dengan Membersihkan Cache

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp (WA) Yang Hilang Melalui Clear Cache
Cara ini dapat kamu lakukan jika kontak kamu tiba tiba hilang begitu saja, yap itu mungkin disebabkan oleh banyaknya file cache yang tersimpan pada memori internal sehingga membebani WA sehingga dia tidak dapat memunculkan kontak.

Silahkan buka "Setelan" pada androidmu, setelah itu masuk ke menu "Aplikasi" kemudian pilih "Whatsapp". Selanjutnya ketuk tombol "Paksa berhenti" lalu masuk ke opsi "Penyimpanan" pada aplikasi WA tersebut, kemudian pilih "Hapus cache".

Baca juga:

4. Gunakan Whatsapp Resmi Yang Terbaru Untuk Memperbaiki Semua Bug

Solusi berikutnya untuk mengatasi kontak Whatsapp (WA) yang tidak terbaca adalah dengan memakai aplikasi WA resmi yang ada di Google PlayStore dan tidak menggunakan WA bajakan seperti WA Mod, GB dan Plus.

Sebab WA seperti itu tadi adalah termasuk aplikasi ilegal alias tanpa izin, sehingga bisa saja mengambil alih ponselmu dengan menyusupi malware. Maka dari itu android biasanya mencekal aplikasi ilegal yang tidak terdaftar di Google PlayStore.

Namun meskipun kalian sudah menggunakan WA resmi tapi masih mengalami masalah kontak WA yang tidak dapat muncul maka bisa saja whatsapp kamu sedang mengalami bug alias tidak bisa dijalankan dengan sempurna (error), jadi sebaiknya kamu mengupdate WA untuk memperbaiki masalah tersebut.

5. Mengatasi Kontak Tidak Terbaca Di Whatsapp Dengan Cara Membersihkan Data Aplikasi Whatsapp

Cara ini terbilang cukup beresiko karena akan menghapus semua data yang ada di dalam aplikasi Whatsapp kalian, seperti Chat, dan file multimedia lainnya seperti Video, Foto, Voice Chat dan lain lain. Jadi kalau kamu tidak ingin kehilangan data tersebut lebih baik kamu backup/cadangkan terlebih dahulu data WA kamu agar aman.

Cara ini mirip seperti menghapus file cache yang ada di cara nomor 3 tadi. Pergi ke menu "Setelan > Aplikasi > Whatsapp > Penyimpanan" setelah itu kalian pilih "Hapus data" dan pilih "Oke" untuk memprosesnya.

6. Mengatasi Kontak Tidak Terbaca Di Whatsapp Dengan Cara Menginstal Ulang Whatsapp

Jika semua cara di atas masih belum membuahkan hasil sama sekali, maka cara terakhir adalah kalian harus menginstal ulang atau mencopot wa lalu memasangnya kembali. Siapa tau dengan begini masalah atau error yang ada di whatsapp tersebut bisa hilang.

Comments