5 Cara Mengecek Spesifikasi Semua Merek HP Android Secara Lengkap

No Comment Tuesday, December 31, 2019
Cara Mengecek Spesifikasi Semua Merek HP Android Secara Lengkap - Android merupakan salah sistem operasi untuk perangkat smartphone yang sangat familiar digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. OS Android menjadi populer karena memiliki akses yang sangat mudah untuk dioperasikan, serta banyak sekali para developer android yang menyediakan aplikasi aplikasi yang tidak tersedia di OS lainnya.

Sebelum membeli ponsel android maka kita perlu cek spesifikasi lengkap perangkat tersebut, dengan begitu kita akan mengetahui tingkat kompabilitas serta performa dan kualitas smartphone dalam menjalankan sebuah program dan aplikasi.

Contohnya saja HP Gaming yang memang dikhususkan untuk bermain game dengan kualitas grafis yang tinggi, sehingga membutuhkan sumber daya memori RAM, ROM, Grafis, Prosessor dan Baterai yang besar.

Berbeda jauh dengan smartphone yang difungsikan untuk kebutuhan biasa seperti melakukan panggilan telepon, sms, Whatsapp, Facebook dan semacamnya yang memang tidak memerlukan sumber daya yang besar.

Maka dari itu sebelum membeli sebuah smartphone baru alangkah baiknya jika kita harus mencari tau terlebih dahulu tentang ponsel tersebut, apakah sudah sesuai apa belum dengan kebutuhan kita.

Cara Mudah Untuk Melihat Semua Spesifikasi Ponsel Android (Samsung, Nokia, Xiaomi, Oppo, Vivo Dan Lainnya)


1. Melalui Box HP

Hal pertama yang bisa kalian coba untuk mengetahui spesifikasi HP ialah dengan melihatnya langsung dari Box atau kemasan HP tersebut, karena sebelum membeli handphone biasanya pihak gerai/toko HP tersebut akan menunjukkan info yang ada di Box kemasan HP tersebut.

Biasanya info yang sering ditampilkan pada Box kemasan HP tersebut ialah dengan mencantumkan informasi mengenai kapasitas Baterai, Memori Internal, RAM, Prosessor, Kamera dan Versi Android, tapi semua itu juga tergantung dari setiap merek masing-masing.

2. Cek Di Menu Tentang Ponsel

Cara Melihat Spesifikasi Ponsel Android Di Pengaturan
Cara selanjutnya yakni kita dapat melihat spesifikasinya melalui menu Tentang Ponsel yang telah tersedia secara default di Pengaturan.
Silahkan kalian pergi ke "Pengaturan" pilih "Sistem" lalu disitu akan muncul sebuah informasi mengenai HP tersebut, jika tidak ada maka kamu bisa lanjut ke menu "Tentang Ponsel".

Informasi yang ditampilkan pada menu ini terdapat info No. IMEI, Kamera, Jaringan, Baterai, Resolusi Layar Smartphone, Versi Android, Memori dan juga data lainnya.
Baca juga:

3. Mengeceknya Via Website

Cara lainnya adalah mengeceknya melalui situs resminya, bahkan mengecek spesifikasi HP melalui website resminya secara langsung maka kamu akan disuguhkan dengan informasi yang sangat lengkap mengenai perangkat smartphone tersebut.

Berikut ini adalah beberapa situs resmi merek HP yang memakai OS Android:

Jika daftar website di atas masih kurang lengkap maka kamu bisa mencarinya sendiri menggunakan kata kunci "Website Resmi + (merek HP yang kalian cari)", atau bisa juga searching di google secara langsung dengan keyword "Spesifikasi HP + (merek dan tipe yang kalian cari)".

4. Memeriksanya Melalui Nomor IMEI HP

Cara Melihat Spesifikasi Ponsel Android Di Nomor IMEI
Kita juga bisa mengetahui spesifikasi HP melalui kode unik pada HP yaitu nomor IMEI yang sudah terdaftar pada HP tersebut, caranya cukup mudah sekali yakni kita hanya perlu menunjungi situs https://www.imei.info/ dan memasukkan Nomor IMEI kita dengan benar.

Dengan begitu maka kita akan diarahkan ke halaman yang berisi tentang semua informasi seputar HP tersebut dengan lengkap dan detail mengenai ponsel yang telah dicek. Dengan cara ini kita dapat mengecek spesifikasi HP dari semua jenis model dan merek yang telah terdaftar.

Untuk melihat No. IMEI, kita bisa melihatnya di Box kemasan, di bagian tempat baterai HP (dalam Casing), melakukan dial atau panggilan telepon ke kode rahasia *#06# atau bisa juga dengan masuk ke menu "Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel > Status > IMEI".

5. Memakai Bantuan Dari Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Melihat Spesifikasi Ponsel Android Di Aplikasi Pihak Ketiga
Aplikasi CPU-Z
Selain mengecek secara manual, kita juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu kita dalam melihat spesifikasi HP secara lengkap, beberapa aplikasi yang bisa kita pakai untuk cek spesifikasi HP Android ialah aplikasi CPU-Z dan AIDA 64.

Cukup sampai disini saja informasi singkat mengenai Cara Cek Spesifikasi Semua Merek HP Android Dengan Lengkap yang bisa saya bagikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat.

Comments