Yakin HP Android Kamu Asli? Begini Cara Lengkap Untuk Mengeceknya!

No Comment Monday, December 30, 2019
Yakin HP Android Kamu Asli? Begini Cara Lengkap Untuk Mengeceknya! - Android merupakan salah satu OS smartphone yang paling populer digunakan oleh para pengembang dan pengguna ponsel pintar di seluruh dunia.

Karena saking familiarnya sistem android kini telah diadopsi oleh banyak sekali produsen smartphone yang ingin mengaplikasikannya pada produk mereka, contohnya saja ada Vivo, Samsung, LG, Nubia, Xiaomi, Oppo, Nokia, beserta merek lainnya.

Karena Sistem Operasi ini yang sifatnya open source maka siapapun dapat menerapkan dan mengembangkannya. Tapi karena karena demikian maka hal ini bisa dimanfaatkan seseorang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat produk merk android palsu alias kw, atau biasa disebut dengan android replika.

Maka dari itu sebelum membeli sebuah ponsel pintar android, alangkah baiknya jika kita harus memeriksanya terlebih dahulu dengan teliti supaya terhindar dari penipuan produk kw. Untuk mengetahuinya kita juga tidak perlu repot-repot dengan membongkarnya, yakni cukup dengan trik berikut.

Cara Mudah Untuk Memeriksa Produk Smartphone Android Yang Asli Dan Palsu


1. Periksa Nomor IMEI

Cara Mudah Untuk Mengetahui Produk Smartphone Android Asli Atau Palsu Melalui Nomor IMEI
Ini merupakan langkah yang paling mutlak untuk dilakukan, karena dengan begini kita akan segera mengetahui keaslian android melalui kode unik di nomor IMEI sebagai identitas produk tersebut.

Untuk mengeceknya kita dapat langsung dial atau melakukan panggilan telepon ke kode rahasia *#06# atau *#06#*. Bisa juga yaitu dengan langsung menuju ke menu "Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel > Status > Informasi IMEI" atau kalian juga dapat menemukannya di bagian tempat baterai hp tersebut (harus copot casing hp).

Jika kamu sudah mendapatkan nomor IMEI pada ponsel tersebut, maka selanjutnya kalian cek di situs resminya secara online melalui https://www.imei.info/ jika informasinya tidak sesuai yang ada di spesifikasi HP tersebut maka perangkat smarpthone itu bisa dikatakan sebagai barang palsu, karena kode IMEI ini merupakan nomor resmi yang digunakan sebagai regulasi daftar dagang resmi pada setiap negara termasuk Indonesia.

2. Periksa Kondisi Fisik Perangkat Smartphone

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mengecek keaslian sebuah perangkat android ialah dengan cara memeriksanya dengan jeli pada smartphone yang akan kita beli.

Dari setiap merek pada perangkat asli atau resmi biasanya di kemasan (box) tersebut ada sebuah disegel dengan hologram perusahaan (vendor) mereka, jika segel ini rusak atau tidak ada maka sebaiknya kita membatalkannya untuk membelinya.

Cek juga kualitasnya seperti pada casing dan aksesorisnya, jika casing dan touchscreen (layar sentuh) mudah baret/lecet, atau warna chargernya terlihat buram dan mudah terkelupas maka bisa jadi barang itu palsu.

Untuk mengecek sebuah charger kita juga dapat memakai aplikasi Ampere, jika besaran arus pada charger tersebut cocok dan stabil seperti yang ada di keterangannya maka charger tersebut asli, jika arusnya sangat rendah maka kemungkinan besar charger dan smarpthone itu adalah produk palsu.
Baca juga:

3. Cek Spesifikasi HandPhone

Cek Spesifikasi HandPhone
Selanjutnya, kalian cek semua spesifikasi yang telah terdaftar pada HP tersebut, lalu bandingkan dengan keterangan dan informasi yang tertulis di kemasan (box) atau bisa juga informasi spesifikasi pada situs resmi merk tersebut.

Untuk mengecek spesifikasi smartphone android dengan lengkap, kita bisa melihatnya ke menu "Pengaturan > Sistem > Tentang Ponsel" atau bisa juga dengan dial ke *#*#4636#*#* di menu tersebut akan tampil semua informasi spesifikasinya dengan lengkap.

Jika kalian tidak ingin susah dan repot maka kita dapat memasang aplikasi yang bernama CPU-Z atau AIDA64 yang ada di Google Playstore.

4. Gunakan Aplikasi Antutu Benchmark

Memakai aplikasi pihak ketiga seperti Antutu Benchmark juga bisa membantu kita untuk mendeteksi apakah produk tersebut kw alias palsu dengan cara memberikan keterangan "Unknown Device" pada perangkat palsu.

Aplikasi ini akan menunjukkan hasil nilai atau skor pada perangkat tersebut. Pastikan saat menggunakan aplikasi ini kalian mengikuti langkah-langkahnya sama persis pada review hp tersebut.

5. Perhatikan Harganya

Langkah yang terakhir yakni memperhatikan harganya. Seringkali hp palsu atau replika alias kw dijual dengan harga miring antara 1/2 sampai 2/3 dari harga merek aslinya, namun hal ini belum tentu juga bisa kita jadikan patokan lantaran setiap gerai memiliki perbedaan harga masing-masing terutama dalam memberikan diskon pada setiap waktu tertentu.

Untuk menghindari hal itu pastikan kalian hanya membeli hp di tempat yang resmi, terpercaya dan juga sudah mendapatkan izin (tersertifikasi) dari pihak yang berwajib.

Jangan membeli produk di pasar gelap (black martket), sebab barang kw tersebut mudah rusak karena kualitasnya berbeda dari barang yang asli.

Itulah beragam cara yang dapat dilakukan untuk cek hp android yang asli atau palsu dengan praktis. Dengan mengetahui trik ini maka kita dapat waspada untuk mengetahui smartphone asli dan palsu sehingga kita dapat terhindar dari terjadinya penipuan barang kw yang baru dan bekas.

Comments