6 Cara Mudah Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Ataupun Sebaliknya

No Comment Wednesday, October 30, 2019
Cara Mudah Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Ataupun Sebaliknya - Melakukan pertukaran data untuk memindahkan atau mengirimkan file ke perangkat lainnya seperti PC dan Smartphone bisa dibilang cukup penting, karena kita bisa melakukan Backup pada file tersebut untuk menghindari terjadinya kehilangan data.

Untuk melakukan proses transfer data file caranya sangat beragam, mulai dari menggunakan Kabel Data USB, Card Reader, Bluetooth dan masih banyak lagi cara lainnya. Untuk lebih jelasanya saya telah menyiapkan caranya di bawah ini.

Beragam Cara Untuk Memindahkan File Dari HP Ke Laptop/Komputer (PC) Ataupun Sebaliknya

Cara Mudah Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Dan Sebaliknya
Ilustrasi proses jaringan untuk berbagi data

1. Mengirim File Dari HP Ke Laptop Menggunakan Kabel Data USB

Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP yang pertama ialah bisa dengan menggunakan kabel data USB yang berfungsi untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut untuk pertukaran data.

Melalui kabel data USB kita dapat mengirim dan memindahkan file dari PC ke HP dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

2. Memindahkan Data HP Ke Komputer Menggunakan Kartu Memori Dan Card Reader

Cara selanjutnya untuk mentransfer dokumen dari HP ke PC adalah dengan menggunakan aksesoris HP dan Komputer/Laptop seperti Kartu Memori yang berupa terdiri dari Micro SD Card dan Card Reader. Cara ini juga bisa kalian manfaatkan sebagai pengganti Flashdisk.

Untuk memulai proses pemindahan data file sangatlah mudah sekali, yakni kalian hanya perlu memindahkan file dari Smartphone kamu ke Kartu Memori lalu masukkan ke Card Reader dan hubungkan dengan komputermu, setelah itu kamu dapat memindahkan file tersebut ke komputermu dan juga mengirim file ke Kartu Memori tersebut dari komputer.

3. Mengirim File Dari HP Ke Laptop Melalui Bluetooth

Kita juga bisa memanfaatkan fitur Bluetooth untuk memindahkan data file antar perangkat smartphone dan PC tanpa menggunakan kabel (Wireless). Namun cara ini hanya berlaku untuk laptop dan komputer yang sudah menginstal driver Bluetooth untuk mendukung fitur tersebut.

Cara ini terbilang agak kuno karena memiliki kecepatan transfer data yang lamban ketimbang menggunakan Kabel Data USB dan Wifi, selain itu kalian lebih disarankan menggunakan cara ini apabila untuk mengirim file berukuran kecil saja.

4. Menggunakan Wifi Hotspot Laptop Untuk Mengirim File HP Ke Laptop Dan Sebaliknya

Selain melalui Bluetooth, kita juga dapat mentransfer file tanpa menggunakan kabel yaitu dengan cara melalui sinyal Wifi yang telah dibuat oleh hotspot pada PC kita.

Untuk menggunakan cara ini kalian dapat menggunakan software Baidu Wifi Hotspot untuk komputer dan mengaktifkan hotspot tersebut agar bisa terhubung dengan HP kita melalui jaringan WiFi yang sama.

5. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga Untuk Berbagi File Ke Perangkat Lain

Cara Mudah Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Ataupun Sebaliknya ialah dengan memakai aplikasi khusus.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini seakin banyak developer untuk mengembangkan berbagai macam jenis aplikasi, salah satunya yaitu untuk mengirim dan memindahkan file ke semua jenis perangkat elektronik.

Beberapa aplikasi yang dapat kalian pakai untuk melakukan tugas tersebut yaitu Share It, Zapya, Xender dan masih banyak aplikasi android dan Windows lainnya. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti WhatsApp dan Gmail untuk mengirim data.
Baca juga:

6. Mengirim File Laptop Dan Komputer Ke HP Melalui Media Penyimpanan Awan (Online)

Masih ada juga cara transfer data file lainnya yang bisa kita pakai untuk mengirim maupun memindahkan file ke berbagai perangkat Smartphone dan Komputer, yaitu melalui layanan penyimpanan awan alias Cloud Storage.

Dengan cara ini kita dapat mencadangkan data kita di internet sehingga data tersebut dapat diakses dan didownload kapanpun dan dimanapun selagi kita terhubung ke jaringan internet.

Banyak sekali layanan media penyimpanan data yang dapat kita manfaatkan, seperti Google Drive, SolidFile, DropBox, OneDrive dan masih banyak lagi.

Demikianlah informasi mengenai beragam Cara Mudah Memindahkan File Dari HP Ke Laptop Ataupun Sebaliknya yang dapat kalian coba. Kalian dapat memilih beberapa cara di atas yang menurutmu paling mudah dan cocok untuk kalian terapkan.

Comments