Hikmah Dan Manfaat Melaksanakan Ibadah Sholat Bagi Umat Muslim

No Comment Tuesday, October 29, 2019
Hikmah Dan Manfaat Menjalankan Ibadah Sholat Bagi Umat Muslim. Sholat atau Shalat merupakan sebuah perintah ibadah untuk menyembah dan berdoa kepada Allah SWT sebagai sang khalik atau pencipta seluruh alam semesta berserta seisinya, sholat juga menjadi salah satu bagian dari rukun islam.
Dalam melaksanakan sebuah perintah sholat, berarti kita sedang menghadap dan berkomunikasi langsung kepada Allah, oleh karena itu saat kita sedang melakukan sholat maka kita harus menghilangkan semua pikiran tentang duniawi dan khusyuk dalam berdoa.

Dalam menunaikan perintah sholat, ada beberapa jenisnya yakni sholat Fardhu dan Sunnah. Sholat Fardhu hukumnya wajib dikerjakan seperti sholat 5 waktu, sedangkan sholat Sunnah hukumnya tidak wajib untuk dikerjakan seperti sholat tarawih, witir dan dhuha.

Hikmah Dan Manfaat Melaksanakan Ibadah Sholat Bagi Umat Muslim

Hikmah Yang Terkandung Dalam Sholat

Dalam menunaikan ibadah sholat atau shalat setidaknya kita mendapatkan sebuah hikmah yang dapat kita ambil untuk kehidupam sehari hari ataupun di akhirat kelak.

1. Mendapatkan Pahala
Tentu saja jika kalian hendak atau saat maupun sesudah melakukan sholat maka amal ibadah tersebut akan dicatat langsung oleh para malaikat dan disaksikan oleh Allah SWT, dan kalian akan mendapatkan lebih banyak pahala apabila kalian menyempatkan diri untuk sholat wajib 5 waktu berjamaah di masjid.
Perlu kalian ketahui juga bahwasannya sholat menjadi amalan utama yang pertama kali akan dihitung terlebih dahulu pada saat di hari penghitungan semua amal perbuatan manusia itu nanti.

2. Mampu Menahan Amarah Dan Hawa Nafsu
Orang sering menegakkan sholat dapat dipastikan dia mampu menawan amarah dan hawa nafsunya karena dia akan selalu mengingat bahwa Allah SWT selalu mengawasi semua hambanya.
Maka dari itu orang yang sering melaksanakan sholat maka dia akan jarang melakukan maksiat dan jika dia akan melakukan kemungkaran maka dia akan segera sadar bahwa apa yang akan dilakukannya itu menyalahi ketentuan Allah SWT.

3. Mendapatkan Ketenangan Jiwa
Orang yang sering sholat pasti hidupnya akan baik baik saja dan merasa nyaman karena mereka tidak terbebani oleh masalah duniawi, sebab dia yakin bahwa semua yang dia jalani adalah sebuah takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah sehingga dia memsrahkan semua urusannya kepada Allah.

4. Mempererat Persaudaraan
Sholat juga mampu mempererat tali silaturahim atau persaudaraan antar sesama umat islam, sebab saat sesudah sholat di masjid biasanya mereka bisa berbincang dan saling bersalaman.
Orang yang sering sholat juga memiliki sosialitas yang sangat tinggi terhadap linkungan sekitarnya, jadi jangan heran jika orang orang yang beriman itu memiliki tingkat solidaritas kekeluargaan yang sangat tinggi.

5. Terkabulnya Doa Doa
Doa yang paling ijabah adalah pada waktu kita selepas menunaikan ibadah sholat wajib maupun sunnah dan setelah berdzikir, karena pada waktu itulah titik terdekat kita untuk berkomunikasi kepada tuhan sang pencipta alam semesat (Allah SWT).

6. Mendapatkan Hidayah Dan Petunjuk
Pernahkah kalian mengalami masalah yang begitu rumit pada dirimu, jika iya maka cobalah untuk menjalankan sholat secara rutin maka niscaya dirimu akan diberikan suatu petunjuk untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Mendapatkan Pertolongan Dari Allah
Pernahkah kalian berpikir dan merasa bahwa semua karir, jodoh, rejeki dan urusan duniawi anda sangat lancar, bahkan kita sering terhindar dari kecelakaan maut? bisa jadi itu adalah balasan kebaikan yang diberi oleh Allah untuk kita karena kita telah menjalankan perintahnya dengan baik seperti sholat.

Manfaat Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Selain ada hikmah yang dapat kita petik dalam mengerjakan sholat, ternyata ada beragam manfaat yang kita peroleh dari gerakan gerakan sholat yang kita lakukan bagi tubuh kita.

1. Menambah Semangat
Sholat juga bisa membuat kita lebih semangat dalam menjalani hidup, karena setelah kita menjalankan sholat subuh maka rasa kantuk dan malas akan hilang. Selain itu ada hikmah dapat kita ambil dari sholat subuh ini yakni kita harus mengawali hidup ini dengan niat yang kuat untuk mencapai sebuah tujuan.

2. Menenangkan Pikiran
Orang yang sering melaksanakan sholat maka pikirannya akan sangat tenang dan mampu menghadapi berbagai situasi dengan kepala dingin, karena mereka yakin bahwa Allah sedang menguji hambanya.
Selain itu mereka juga menyerahkan semua masalahnya kepada Allah saat berdoa dalam sholatnya, sehingga rasa depresi yang dapat membebani pikirannya tidak akan terjadi pada orang yang sering sholat.

3. Menyehatkan Tulang Dan Sendi
Ternyata berdasarkan dari sebuah penelitian ada yang membuktikan bahwa sholat mampu menghindarkan kita dari penyakit tulang dan sendi. Sebab gerakan sholat memiliki manfaat layaknya seperti senam ringan, jika dilakukan secara rutin 5 kali sehari maka akan membuat tulang dan sendi kita menjadi sehat, belum jika kita melaksanakan sholat sunnah lainnya.

4. Menyehatkan Organ Pada Tubuh
Di sisi lain Dokter juga menemukan fakta bahwa sholat mampu membantu menyehatkan organ organ vital yang ada pada tubuh manusia, seperti terhindar dari pentyakit Ginjal dan Jantung.

5. Memperlancar Aliran Peredaran Darah Dan Pernafasan
Selain dapat menyehatkan tulang dan organ pada tubuh, ternyata sholat juga mampu memperlancar aliran perederan darah saat melakukan takbir dan memperlancar pernafasan saat melakukan sujud.

Demikian informasi mengenai Hikmah Yang Terkandung Dalam Sholat Serta Manfaat Sholat Bagi Kesehatan Tubuh yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan, atau hubungi saya melalui halaman untuk memperbaiki isi artikel ini.

Comments