5 Aplikasi Text To Speech (Narrator Voice) Terbaik Di Smartphone Android

No Comment Wednesday, January 01, 2020
Aplikasi Text To Speech (Narrator Voice) Terbaik Di Smartphone Android - Fitur Text to Speech merupakan sebuah fitur tambahan yang ada di HP android, fungsi dari fitur ini sendiri yaitu dapat melakukan tugas untuk mengubah atau mengkonversi sebuah teks menjadi suara audio.

Fitur ini dapat disebut juga sebagai narator versi digital karena mampu membaca naskah atau teks digital dan mengkonversinya kedalam bentuk suara seperti layaknya format format mp3.

Dengan hadirnya fitur tersebut maka kita dapat membaca sebuah ebook (pdf, word, txt) dan website dengan mudah hanya melalui pendengaran suara saja, sehingga hal ini juga dapat meningkatkan minat baca dalam bentuk literasi digital.

Kita dapat memakai fitur ini setelah menginstal aplikasi narator untuk android. Untuk mengetahui beberapa daftar aplikasi text to speech android tersebut kita dapat memakai aplikasi berikut.

Kumpulan 5 Aplikasi Text To Speech (Narrator Voice) Di Android Yang Terbaik Versi Google PlayStore


1. Narrator's Voice
Narrator's Voice
Aplikasi text to speech yang pertama ada Narrator's Voice yang bisa kita andalkan untuk membuat sebuah file audio sintetis.

Melalui aplikasi pembaca teks ini kita bisa menulis atau mengkonversi teks yang sudah ada menjadi kedalam file audio yang berjenis MP3 dengan berbagai macam pilihan efek suara dan bahasa yang enak untuk didengar, bahkan kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai komentator di saluran video youtube atau presentasi kamu.

2. @Voice Aloud Reader (TTS Reader)
@Voice Aloud Reader (TTS Reader)
Mata kalian sedang sakit akibat terlalu sering menatap layar smartphone dalam jangka waktu yang lama?
Atau kalian sangat sibuk dengan urusan lain namun kamu masih ingin mendapatkan berbagai informasi fleksibel melalui website dan ebook?

Maka solusinya adalah aplikasi Voice Aloud Reader, dengan aplikasi text to speech android yang menakjubkan ini maka kamu dijamin bisa mendengarkan pembacaan teks dari fitur narator digital tersebut. File yang dapat dibaca juga mendukung berbagai macam format dan aplikasi lainnya seperti halaman web, artikel berita, isi email, txt, doc, pdf, OpenOffice serta masih banyak lagi.

Terdapat juga fitur "Bicara Instan" untuk membaca teks melalui tulisan yang telah disalin/seleksi kedalam daftar Clipboard. Tombol "Jeda/Lanjutkan" untuk berhenti dan melanjutkan pembacaan artikel, "Berikutnya/Sebelumnya" untuk memilih isi bacaan teks yang selanjutnya atau sebelumnya.
Baca juga:

3. Google Text-to-Speech
Google Text-to-Speech
Selanjutnya ada aplikasi Google Text To Speech yang merupakan aplikasi converter dari text ke audio android yang dikembangkan langsung oleh perusahaan pengembang android itu sendiri yaitu Google. Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan masuk ke "Setelan > Bahasa & Masukan > Keluaran Text-to-speech".

Melalui aplikasi pembaca teks atau  narator digital android ini pengguna dapat dengan mudah untuk mengkonversi media teks menjadi sebuah audio yang dapat didengar oleh siapapun.

Selain itu aplikasi Google Text To Speech menyediakan berbagai macam bahasa yang akan digunakannya untuk output audio tersebut, contoh bahasa yang saat ini telah tersedia adalah Hindi; Hungaria; Indonesia; Italia; Jepang; Inggris (Inggris Raya); Inggris (Amerika Serikat) dan masih banyak lagi  bahasa yang bisa kalian tambahkan.

4. T2S: Text to Voice - Read Aloud
T2S: Text to Voice - Read Aloud
Sama seperti aplikasi-aplikasi pembaca teks digital (text to speech) android yang sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membaca sebuah teks dengan output audio, aplikasi T2S juga mampu membuat ataupun membuka berbagai format file teks yang berbentuk pdf dan juga doc (Microsoft Word) untuk dikonversi menjadi suara.

T2S juga menyediakan browser mini khusus yang bisa kita pakai untuk membacakan artikel tersebut dengan mudah.

5. Pocket: Save. Read. Grow
Pocket: Save. Read. Grow
Pocket sebenarnya merupakan aplikasi yang dipakai untuk menyimpan sebuah konten seperti artikel, berita, olahraga dan juga video dari berbagai sumber untuk disimpan di perangkatmu agar bisa dibaca di lain waktu.

Selain itu aplikasi Pocket juga hadir dengan tampilan yang begitu minimalis dan sangat ringan sehingga sangat mudah sekali untuk dijalankan oleh penggunanya. Jadi Pocket bukanlah aplikasi murni yang dipakai untuk alat text to speech android.

Namun aplikasi Pocket juga menghadirkan fitur Text To Speech (Narrator Voice) di Android sehingga kita bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mendengarkan sembari melakukan aktifitas lainnya.

Contohnya saja melihat tutorial memasak, maka kamu bisa aktifkan fitur text to speech pada aplikasi tersebut sambil mengikuti tutorial yang dipandu melalui suara tersebut melalui androidmu.

Demikian beberapa daftar Aplikasi Text To Speech (Narrator Voice) Terbaik Di Smartphone Android dengan fitur lengkap yang menjadi keunggulannya, kalian dapat memasang yang aplikasi mana saja yang menurutmu cocok untuk kalian pakai pada perangkat androidmu.

Comments