10 Cara Mudah Untuk Mempercepat Kinerja Pada Laptop Dan Komputer Windows

No Comment Friday, January 03, 2020
Cara Mudah Untuk Mempercepat Kinerja Pada Laptop Dan Komputer Windows - Windows merupakan salah satu Operating System (OS) untuk PC yang telah dipakai oleh sebagian besar pengguna komputer di seluruh dunia, sebab OS Windows sangat mudah sekali untuk dioperasikan oleh semua kalangan.

Namun pada saat kita memakai sistem operasi yang satu ini seringkali kita mengalami lag dan performa yang lamban karena memang sudah termakan oleh usia.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita masih dapat mengembalikan kinerja PC tersebut agar tetap lancar dan stabil, bahkan bisa saja lebih cepat dari yang sebelumnya.

Tips Ampuh Untuk Mempercepat Kinerja PC Pada Windows XP, 7, 8, 8.1 Dan 10


1. Aktifkan Mode High Performance Pada Baterai

Tips Untuk Mempercepat Performa PC Pada Windows Dengan High Performance
Cara mempercepat kinerja laptop dan komputer dengan mengaktifkan mode High Performance. Khusus pengguna PC jenis laptop, pada pengaturan secara default di windows 7 biasanya di menu "Power Settings" pada baterai mengaktifkan opsi "Balanced", akibatnya laptop yang mengaktifkan opsi ini hanya akan menggunakan sebagian dari performa laptop tersebut.

Maka dari itu kita harus mengaktifkan opsi "High Performance" pada menu "Power Settings" tersebut supaya kinerja laptop kita digunakan secara menyeluruh agar lebih optimal. Namun ada hal yang perlu diingat, yaitu baterai laptopmu akan cepat boros jika mengaktifkan fitur ini.

2. Ubah CPU Power Pada Driver Tool

Tips Untuk Mempercepat Performa PC Pada Windows Melalui Driver
Cara mempercepat kinerja PC dengan mengatur performa Power CPU. Untuk pengguna komputer maupun laptop kita juga dapat mengatur performa PC dengan mudah melalui driver yang telah terinstal pada perangkat tersebut.

Tapi semua itu tergantung dari perangkat kita, biasanya driver ini memiliki keterkaitan antara komponen Proccessor dan VGA. Untuk mengaturnya kita hanya perlu menginstal driver tersebut yang kompatible dengan perangkat kita dan mengatur performa komponen tersebut dengan daya penuh (powerfull) seperti gambar berikut.

3. Batasi Proses Startup

Cara mempercepat kinerja laptop dan komputer dengan Membatasi proses startup di awal booting, maka hal ini akan membuat proses data pada PC kita akan menjadi lebih ringan karena data yang sedang dibaca oleh komputer sangat sedikit.

Untuk itu kita harus membatasi beberapa aplikasi agar proses booting dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Untuk mengaturnya silahkan kalian klik "Start" lalu ketik "System Configuration" dan tekan enter, atau bisa juga dengan shortcut Ctrl+R lalu ketik "msconfig" dan klik "Ok".

Jika sudah masuk jendela "System Configuration" silahkan kalian pergi ke menubar "Startup" lalu hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak diperlu dijalankan pada saat awal booting, seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, CCleaner dan sejenisnya.

4. Matikan Aero Peek

Matikan Aero Peek
Cara mempercepat kinerja laptop dan komputer dengan mematikan fitur Aero Peek. Aero Peek adalah sebuah fitur untuk mempercantik tampilan grafis pada User Interface (UI) Windows, namun efek dari mengaktifkan fitur ini akan membebani kinerja laptop dan komputer sehingga membuatnya menjadi lemot.

Jadi apabila kita ingin mempercepat performa PC maka kita harus menonaktifkan fitur ini dengan cara klik tombol "Start" kemudian klik kanan pada "Computer" dan pilih "Properties" lalu pilih "Advanced system settings > Performance > Settings" selanjutnya pilih opsi "Adjust for best performance".
Baca juga:

5. Setting Search Indexing

Setting Search Indexing
Cara selanjutnya untuk mempercepat kinerja laptop dan komputer ialah dengan membatasi lokasi Search Index. Search Index adalah fitur pada windows untuk mengindeks entri pada semua data yang ada di komputer. Dengan mengaktifkan fitur ini maka kalian dapat mencari file di pencarian akan lebih cepat.

Akan tetapi jika kalian tidak terlalu sering menggunakan fitur Search Indexing tersebut maka lebih baik kalian matikan, sebab fitur ini menghabiskan banyak resource. Untuk mematikannya pilih "Start > Control Panel > Indexing Options" lalu pilih "Modify" dan hilangkan semua tanda checklist tersebut.

6. Manfaatkan Tool Disk Defragment

Cara paling ampuh untuk mempercepat kinerja PC adalah dengan melakukan pengecekan Disk Defragment secara rutin. Disk Defragment berguna untuk melakukan penataan data pada hardisk sehingga proses untuk melakukan index file dan data akan menjadi lebih cepat setelah menggunakan tool ini.

Untuk memakai tool ini kalian harus masuk ke "Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragment" setelah itu pilih semua partisi hard drive untuk di defrag.

7. Aktifkan Virtual Memory

Aktifkan Virtual Memory
Cara alternatif mempercepat kinerja PC dengan mengaktifkan Virtual Memory. Meskipun perannya tidak mirip seperti RAM, namun menggunakan fitur Virtual Memory juga dapat membantu untuk meningkatkan performa PC. Semakin besar ruang penyimpanan yang dialokasikan sebagai Virtual Memory maka semakin cepat pula kinerja PC tersebut.

Untuk mengatur jumlah memori virtual klik tombol "Start" lalu klik kanan pada "Computer" lalu pilih "Properties" kemudian klik "Advanced system settings > Performance > Settings" selanjutnya pilih "Advance" klik opsi "Change". Silahkan kalian isi memori virtual tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

8. Membersihkan File Cache

Cara paling mudah untuk mempercepat kinerja laptop dan komputer ialah dengan membersihkan file sampah alias cache. File cache merupakan sebuah jejak data pada sebuah program maupun hardisk. Untuk menghapus file cache, kalian dapat memakai aplikasi CCleaner ataupun Disk Cleanup.

9. Upgrade Software

Cara paling potensial dalam mempercepat kinerja PC adalah melakukan upgrade software. Software juga mempengaruhi kinerja laptop dan komputer, contohnya saja windows 32bit. Tipe windows 32bit hanya mampu memakai fungsi RAM sebesar 4GB saja, sedangkan untuk 64bit bisa sampai 256GB.

Selain itu melakukan upgrade dan update OS pada perangkat PC dapat membuat program dijalankan dengan Compatible dan tanpa gangguan, sehingga tidak akan mempengaruhi beban kinerja komputer.

10. Upgrade Hardware

Inilah cara terakhir yang paling ampuh sekali untuk mempercepat kinerja laptop dan komputer dengan mengupgrade Hardware. Selain melakukan optimasi pada settingan sistem operasi tersebut, kita juga dapat melakukan optimasi pada hardware komputer untuk dilakukan upgrade komponennya, seperti penambahan memori RAM, mengganti Proccessor, menambahkan VGA Card eksternal dan mengganti memori Hardisk dengan SSD.

Setelah melakukan upgrade pada komponen komputer tersebut, maka dapat dipastikan performa windows kalian akan menjadi lebih cepat.

Comments