8 Cara Praktis Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag

No Comment Saturday, January 04, 2020
Cara Praktis Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag - Pada saat kita melakukan pekerjaan menggunakan PC Windosws pastinya kita sering merngalami kendala atau masalah yang berhubungan dengan performa PC tersebut. Seperti sering lag dan lemot saat menjalankan aplikasi, merender video, mengeksport foto, booting yang lama dan semacamnya.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Kinerja PC Menjadi Lamban

Ternyata terjadinya kinerja yang lemot dan sering ngelag pada sebuah PC itu ditimbulkan dari beberapa hal, seperti:
  • Terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan.
  • Terlalu banyak software dan aplikasi yang terpasang sehingga menghabiskan ruang penyimpanan data pada sistem.
  • Menumpuknya file sampah sehingga memenuhi kapasitas penyimpanan memori sistem.
  • Adanya virus yang mengganggu kinerja PC tersebut. Dan penyebab-penyebab lainnya.

Tapi apabila PC kalian mengalami lag seperti penyebab di atas, maka anda jangan khawatir. Sebab saya sudah menyiapkan solusi terbaik agar dapat menangani masalah tersebut.

Solusi Mengatasi Kinerja PC Yang Lemot Dan Lag Pada Windows XP, 7, 8, 8.1 Dan 10


1. Matikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Solusi Mengatasi Kinerja PC Lemot Melalui Tool Task Manager
Langkah pertama yang dapat kalian coba untuk Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag adalah dengan memakai aplikasi secara tunggal dan membatasi penggunan beberapa aplikasi pada saat waktu bersamaan.

Kenepa hal ini perlu dilakukan, sebab menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan akan membagi bagi kinerja PC itu sendiri sehingga proses eksekusi datanya menjadi kurang optimal.

Untuk itu kita harus menghentikan proses aplikasi yang berjalan di background. Untuk memberhentikannya kita dapat memakai tool "Task Manager" yang sudah disdiakan oleh pihak Windows, yaitu gunakan shortcut Ctrl + Shift + Esc kemudian tab menu "Applications" dan hentikan semua layanan dari aplikasi tersebut, atau masuk juga kedalam tab menu "Processes" untuk menghentikan proses data dari aplikasi yang berjalan di latar belakang.

2. Menghapus Bloatware

Cara kedua Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag ialah dengan menghapus Bloatware.

Tapi apa itu Bloatware? Bloatware bisa dikatakan sebagai sebuah software dan aplikasi yang sudah terinstal dari OS atau vendor perusahaan PC tersebut. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, mungkin ada beberapa software yang tidak pernah kita pakai.

Nah dari sinilah kita lebih baik mencopot aplikasi tersebut daripada dibiarkan maka hanya akan membuat memori internal pada sistem menjadi penuh sehingga membuat Laptop dan Komputer menjadi lag.

3. Pisahkan Data Sistem Dan Pribadi

Solusi Mengatasi Kinerja PC Lemot Dengan Partisi Hard Drive
Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag dengan memanajemen Hardisk. Kita juga harus pandai untuk memisahkan berbagai macam jenis data, seperti data pribadi ataupun data yang akan disimpan untuk memori sistem untuk mengatasi lag pada PC.

Sebab jika kita menggabungkan data sistem bersama data pribadi maka hal itu akan membuat proses booting menjadi lamban sehingga akan mempengaruhi kinerja PC.

Untuk memisahkan data pada hardisk, kalian dapat melakukan partisi hard drive agar dapat lebih mudah dalam memanajemen semua data.

4. Hapus File Tidak Penting

Memori penyimpanan data untuk sistem merupakan memori utama untuk memproses data semua software dan aplikasi, maka dari itu jika memori ini penuh maka hal itu bisa memberikan dampak buruk pada performa laptop dan komputer sehingga menjadi lemot.

Maka dari sangat disarankan untuk menghapus file tidak penting seperti membersihkan data aplikasi yang sudah dicopot, data yang sudah tidak diperlukan lagi, serta data yang tidak berguna lainnya akan membuat memori penyimpanan internal hardisk menjadi lebih longgar, sehingga hal ini dapat mempercepat proses pembacaan data dan mengatasi PC yang lemot.

5. Melakukan Disk Cleanup

Solusi Mengatasi Kinerja PC Lemot Dengan Disk Cleanup
Solusi jitu mengatasi laptop dan komputer (PC) yang sering lemot dan ngelag adalah dengan memanfaatkan tool Disk Cleanup.

Disk Cleanup merupakan sebuah alat khusus yang sudah tersedia untuk windows 7, 8 hingga 10 yang berguna untuk membersihkan file sampah. Beberapa contoh file sampah yang dapat dibersihkan oleh tool yang satu ini adalah untuk membersihkan file cache dan data yang sudah dihapus kedalam Recycle Bin.

Untuk memakai tool yang satu ini silahkan kalian klik "Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup" selanjutnya pilih semua partisi hard drive yang ingin kalian bersihkan.
Baca juga:

6. Melakukan Disk Defragment

Cara mengatasi PC Windows yang lemot dan ngelag menggunakan Disk Defragment. Disk Defragment berfungsi untuk melakukan penataan data pada hardisk atau hard drive, sehingga apabila sistem komputer memulai request data maka data tersebut akan dapat dengan cepat untuk dieksekusi sehingga hal ini dapat membantu komputer dalam melakukan pembacaan data alias disebut dengan booting.

Cara menggunakan tool ini silahkan klik "Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragment" selanjutnya pilih semua partisi hard drive yang ingin di defrag.

7. Hapus Gadget

Solusi Mengatasi Kinerja PC Lemot Dengan Hapus Gadget
Seperti yang sudah saya jelaskan seperti tips Cara Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag di atas sebelumnya. Semakin banyak program yang dijalankan bersama-sama maka akan semakin lamban kinerja komputer kita.

Gadget juga termasuk sebuah program yang dapat menyerap banyak daya kinerja PC, semakin banyak gadget yang terpasang maka semakin banyak pula program yang berjalan di latar belakang sistem.

Maka dari itu alangkah baiknya, jika kalian tidak ingin lagi mengalami lag saat beraktifitas di komputer maka kita harus mencopot semua gadget yang tidak diperlukan.

8. Instal Software Antivirus

Penyebab lainnya Mengatasi Laptop & Komputer Windows Yang Lemot Dan Ngelag yang bisa membuat PC kita menjadi sering lemot dan ngelag adalah akibat dari virus virus komputer yang menginfeksi PC kita, virus ini biasanya akan terus berjalan selama komputer atau laptop kita masih menyala sehingga kinerja pada sistem komputer kita menjadi berkurang akibat terserap oleh virus tersebut.

Selain itu virus juga dapat membuat software dan aplikasi yang sedang kita jalankan menjadi error. Maka dari itu kita harus menghapus virus tersebut dengan memakai antivirus komputer yang sudah terpercaya kualitasnya, seperti AVG, Avast, Kaspersky, dan masih banyak lagi.

Comments