5 Aplikasi OCR Terbaik Untuk Scan Tulisan Di Gambar Menjadi Teks Digital

5 Comments Wednesday, December 18, 2019
Aplikasi OCR Terbaik Untuk Scan Tulisan Di Gambar Menjadi Teks Digital - OCR merupakan sebuah singkatan yang berasal dari Optical Character Recognition, yang artinya sebuah teknologi yang memiliki kemampuan untuk memindai karakter tulisan yang ada di gambar untuk diidentifikasi kemudian dikonversi menjadi format teks digital sehingga teks tersebut bisa dengan mudah untuk copy paste dan edit di aplikasi word maupun dibagikan ke orang lain.

Dengan memanfaatkan teknologi ini tentunya hal ini dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, contohnya saja ingin menyalin tulisan yang di buku, papan tulis, kartu nama, screenshot, PDF ataupun objek lainnya untuk diedit di HP android dengan mudah.

Untuk cara kerjanya sendiri juga terbilang sangat simpel sekali, yakni kita hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi OCR tersebut lalu ambil gambar untuk memulai proses scanning character pada text. Untuk gambarnya bisa kalian bisa menggunakan kamera ataupun melalui dari galeri HP.

Aplikasi OCR Terbaik Untuk Scan Tulisan Di Gambar Menjadi Format Teks Digital


1. Microsoft Office Lens - PDF Scanner
Microsoft Office Lens - PDF Scanner
Aplikasi OCR di urutan pertama ada Office Lens yang merupakan besutan dari perusahaan Microsoft, aplikasi menjadi aplikasi yang terbaik di kalangannya karena telah mendapatkan rating 4,8 dari angka 5 di Google Playstore.

Office Lens memiliki kemampuan untuk memotong (Cropping), memperbaiki, dan menjadikan gambar papan tulis serta beberapa dokumen dapat dengan mudah untuk dibaca.

Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini adalah:
  • Mode Papan Tulis, Office Lens memotong dan membersihkan sinar dan bayangan.
  • Mode Dokumen, Office Lens memotong dan mewarnai gambar dengan sempurna.
  • Gambar yang dipindai bisa disimpan di banyak tempat, yakni OneNote, OneDrive (online), atau penyimpanan lokal pada perangkat.
  • Mode Kartu Nama mampu mengestrak informasi kontak dan menyimpannya ke buku kontak dan juga OneNote. Fitur ini berfungsi baik dengan kartu nama berikut: berbahasa Inggris, Jerman, Spanyol, dan Tionghoa Sederhana.
  • Banyak pilihan untuk mengonversi gambar ke file Word (.docx), PowerPoint (.pptx) atau PDF (.pdf) yang secara otomatis disimpan di OneDrive.
Baca juga:

2. Adobe Scan: PDF & Business Card Scanner with OCR
Adobe Scan: PDF & Business Card Scanner with OCR
Selanjutnya ada aplikasi OCR yang bernama Adobe Scan yang bisa melakukan pemindaian atau scanning dokumen tulisan dan gambar yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe, dengan teknologi OCR yang terintegrasi untuk secara langsung mengenali teks cetak maupun tulisan tangan.

Pindai apa pun dengan presisi dengan aplikasi pemindai PDF seluler ini. Teknologi gambar canggih secara otomatis mendeteksi dokumen Anda untuk batas, mempertajam konten yang dipindai, dan mengenali teks (OCR).

Sentuh pemindaian foto dan dokumen langsung dari rol kamera. Baik berupa PDF atau foto, kita dapat melihat hasil pratinjau, menyusun ulang, memotong, memutar, dan menyesuaikan warna untuk memilih hasil yang baik.

Ubah pemindaian foto menjadi dokumen Adobe PDF berkualitas tinggi yang membuka konten melalui pengenalan teks otomatis (OCR). Kita dapat menggunakannya kembali sebagai pemindai buku untuk mendigitalkan halaman secara massal dan efisien.

3. Fast Scan: Free Document Scanner HD, PDF Scanning
Fast Scan: Free Document Scanner HD, PDF Scanning
Aplikasi Document Scanner HD adalah aplikasi OCR pemindai kertas asli untuk menyimpan data deskriptif ke dalam file PDF formal, dan Free Document Scanner HD adalah kamera jenius untuk membaca semua jenis dokumen seperti tanda terima, kartu nama, dan dokumen berharga lainnya.

Pemindai Dokumen Gratis HD didukung teknologi OCR yang cocok untuk memindai rekaman, gambar, dan gambar untuk menampungnya dan menyusun dokumen pindaian asli. Berikut adalah beberapa fiturnya:
  • Aplikasi pemindai untuk dokumen, tanda terima, gambar, dan pemindaian kartu nama
  • Pemotong otomatis untuk batas yang pas dan ukuran halaman
  • Banyak filter foto untuk mendapatkan kesempurnaan dan tampilan pindaian yang sangat baik
  • Output PDF atau JPEG berkualitas tinggi
  • Konverter gambar ke bentuk PDF, generator OCR PDF

4. Text Scanner [OCR]
Text Scanner [OCR]
Sama seperti aplikasi sejenisnya, Text Scanner [OCR] juga bisa dipakai untuk scan gambar menjadi teks saat kita sedang mengakses URL ataupun nomor telepon yang tertulis di majalah dan brosur.

Text Scanner [OCR] juga yakin bahwa aplikasi OCR miliknya menjadi aplikasi yang mengusung teknologi OCR di android dengan tingkat akurasi yang tinggi dalam memindai karakter teks meskipun itu dari tulisan tangan. Selain itu aplikasi ini juga mendukung lebih dari 50 bahasa yang ada di seluruh dunia.

5. OCR Text Scanner - Image to Text : OCR
OCR Text Scanner - Image to Text : OCR
Aplikasi OCR Text Scanner juga bisa membantumu untuk menyalin tulisan dari beberapa objek dan dokumen, seperti mengutip kata-kata atau kalimat yang ada di koran, majalah, buku dengan mudah. Selain itu dia juga dapat memindai tanda terima, file, kartu debit, kartu kredit, kartu siswa atau gambar apa pun yang dapat disorot jelas untuk disimpan kedalam Smartphone kita.

Yang lebih kerennya lagi aplikasi OCR ini juga mendukung 30 jenis bahasa dan juga dapat dijalankan secara offline tanpa harus terhubung ke internet, sehingga aplikasi ini bisa kita pakai kapanpun dan dimanapun.

5 comments:

  1. Terimakasih atas aplikasi scan mas, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama sama gan, terima kasih kembali telah berkunjung kemari

      Delete
  2. Yang adobe scan saya sudah pernah pakai.... aplikasinya keren banget... tapi dari ke 5 aplikasi di atas, sebenarnya bagus2.... thank you min rekomendasinya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete