7 Manfaat Memakai Jilbab Bagi Seorang Wanita Muslim

No Comment Tuesday, December 17, 2019
Manfaat Memakai Jilbab Bagi Seorang Wanita Muslim - Mengenakan sebuah penutup kepala berupa kerudung/jilbab/hijab merupakan hal yang wajib dijalankan oleh semua wanita yang beragama islam, sebab hal ini bertujuan untuk menutupi aurat dan menjaga kehormatan wanita muslim.

Bahkan ada dalil yang menjelaskan:
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. Al-Ahzab: 59)

Allah Swt. memberikan sebuah perintah kepada hambanya tentu memiliki tujuan yang baik di dalamnya, sebab Allah Swt. maha pengasih lagi maha penyanyang.

Manfaat Yang Didapat Dari Mengenakan Sebuah Jilbab Bagi Wanita Beragama Islam (Muslimah)

Manfaat Memakai Jilbab Bagi Seorang Wanita Muslim (Muslimah)
Wanita berhijab Pixabay milansari7
Dengan memakai sebuah hijab maka ada manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dari menjalankan kewajiban tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Terhindar Dari Dosa Maksiat

Dengan memakai hijab sebagai penutup aurat tentunya hal ini dapat menghindarkan dari dosa maksiat yang disebabkan karena membiarkan aurat dilihat oleh banyak orang yang bukan muhrimnya.

2. Menjaga Kehormatan Wanita

Menjaga Kehormatan Wanita
Wanita diganggu Pixabay mohamed_hassan
Jika kita pandai mengamati sesuatu yang sering terjadi pada wanita yang sering marah-marah karena digoda oleh pria itu bukan sepenuhnya salah dari si pria, sebab tak ada hujan bila tak ada mendung.

Sama dengan seorang pria, laki-laki akan tergoda pada perempuan sebab mereka sendiri mengenakan pakaian yang mengumbar aurat sehingga bisa terpicunya nafsu syahwat yang dapat berujung berbuat maksiat.

Oleh karena itu gunakanlah hijab agar kamu terhindar dari fitnah dan juga untuk menjaga kehormatan dirimu sendiri.
Baca juga:

3. Terhindar Dari Perzinahan

Masih berkaitan dengan hal sebelumnya, seringkali sebagian besar korban pemerkosaan ditimbulkan karena wanita itu sendiri yang memicu pria untuk melakukan perbuatan kotor tersebut, yakni karena memakai rok mini, celana dan baju yang ketat, dan pakaian-pakaian yang memancing nafsu.

Maka dari itu lindungilah kehormatanmu dengan memakai jilbab, sebab biasanya para pria akan merasa segan bahkan malu untuk menggoda wanita yang memakai pakaian syar'i.

Selain itu kalian juga harus mengimbanginya dengan menjaga sikap, serta menjauhi perbuatan yang bisa menimbulkan zinah.

4. Memperkuat Iman Kepada Allah Swt.

Dengan memakai hijab tentunya kita akan terus termotivasi untuk mengamalkannya, dengan begitu wanita yang beriman maka imannya akan semakin kuat, sedangkan bagi yang sedang baru berhijrah maka dia akan lebih percaya diri untuk berusaha menjadi wanita shalihah.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam:
“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim).

5. Membuat Penampilan Jadi Lebih Anggun

Perempuan yang mengenakan pakaian tidak sopan seperti mengumbar aurat biasanya seringkali mendapatkan fitnah dan celaan bagi sebagian orang karena dianggap tidak memiliki moral.

Berbeda dengan perempuan yang mengenakan hijab, mereka dianggap lebih sopan serta penampilannya akan terlihat lebih feminim dan anggun.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Mengenakan penutup kepala seperti jilbab ternyata juga memliki kelebihan tersendiri, seperti dapat membantu kita terhindar dari masalah yang bisa mengganggu kesehatan rambut. Contohnya saja menempelnya debu atau kotoran di rambu dan juga rambut menjadi kering karena terkena sinar matahari.

7. Mengurangi Dampak Resiko Kanker Kulit

Dengan memakai hijab syar'i hal ini tentunya dapat menghindari kulit dari sinar UV dari matahari secara langsung, sebab jika kulit pada tubuh terkena sinar ultraviolet secara langsung dan berlangsung lama maka hal itu dapat menimbulkan kanker kulit.

Selain mengurangi dampak resiko terjadinya kanker, hijab juga bisa menghindari terjadinya hyperpigmentasi pada kulit yang diakibatkan oleh matahari sehingga membuat warna kulit pada tubuh menjadi gelap permanen dan menimbulkan flek hitam.

Comments