5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dan Konsentrasi

No Comment Thursday, September 17, 2020
5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dan Konsentrasi - Otak merupakan sebuah organ vital dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk berpikir, karena itulah tingkat daya ingat dan konsentrasi kita dipengaruhi oleh kinerja otak.

Terkadang kita seringkali lupa saat ingin mengingat atau menghafal sesuatu tentang lokasi, nama, bahasa dan ingatan lainnya. Hal itu menjadi wajar jika kita sudah menginjak usia tua karena penurunan daya ingat (pikun) akibat faktor usia ataupun genetik.

Tetapi, jika seseorang sudah pikun sejak muda maka hal itu tidak boleh dianggap remeh, sebab hal itu dapat mengganggu konsentrasi dalam belajar sehingga tidak dapat mengingat dengan baik dari apa yang telah dipelajari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kita harus segera mengambil tindakan yang tepat supaya penyakit pikun tersebut tidak bertambah parah. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dan Konsentrasi Secara Alami Yang Paling Ampuh


1. Melatih Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dan Konsentrasi Dengan Melatih Otak
Melatih otak untuk meningkatkan memori otak dan konsentrasi | Pixabay
Cara meningkatkan daya ingat otak dan konsentrasi yang paling efektif yaitu dengan melatih otak kita sendiri. Kita dapat melatih otak dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan mencoba beberapa permainan seperti catur, teka-teki silang, permainan kata, tebak gambar dan game asah otak lainnya.

Selain melalui permainan, kegiatan positif seperti membaca dan menulis adalah kegiatan yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi otak.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Faktor genetik dan usia mungkin sangat mempengaruhi daya ingat otak dan tingkat konsentrasi seseorang. Namun, pola hidup sehat juga sangat memiliki peran penting pada otak termasuk untuk memori otak.

Beberapa pola hidup sehat sebagai cara meningkatkan daya ingat otak dan konsentrasi yaitu dengan olahraga rutin setiap hari. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, vitamin D dan antioksidan. Menghentikan kebiasaan begadang, merokok dan minum alkohol.
Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah

3. Batasi Multitasking

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dan Konsentrasi Dengan Membatasi Multitasking
Batasi multitasking supaya lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan | Pixabay
Multitasking adalah melakukan dua kegiatan atau lebih dalam waktu yang bersamaan sekaligus. Ternyata kebiasaan multitasking ini dapat berdampak buruk untuk daya ingat seseorang, karena tingkat konsentrasi seseorang saat melakukan multitasking maka seseorang tersebut tidak dapat berkonsentrasi penuh karena terbagi-bagi dengan kegiatan lain sehingga dia tidak dapat fokus dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, lebih baik jika kita untuk lebih fokus pada apa yang sedang kita kerjakan saat ini agar konsentrasi kita tidak terganggu.

4. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup menjadi solusi terbaik sebagai cara meningkatkan daya ingat otak dan konsentrasi kita, sebab dengan istirahat yang berkualitas yaitu tidur malam selama 7-9 jam maka hal itu dapat membuat kesehatan tubuh kita tetap optimal serta mampu menghilangkan rasa stres.

Di sisi lain, jika kita kurang istirahat atau tidur kita kurang berkualitas maka itu bisa berdampak buruk pada kesehatan kita, termasuk dapat membuat daya ingat seseorang menjadi buruk untuk beberapa waktu sehingga otak tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal.
Baca juga: 8 Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

5. Meditasi

Jika seseorang memiliki banyak sekali pikiran-pikiran yang negatif maka hal itu dapat mempengaruhi konsentrasi, sebab hal itu bisa menjadi beban pikiran yang dimana nantinya akan membuat seseorang mengalami stres dan depresi. Karenanya kita harus menjauhkan pikiran-pikiran negatif yang dapat mengganggu konsentrasi dan memori otak, terutama dalam masa belajar.

Untuk menghilangkan pikiran negatif maka kita dapat melakukan meditasi. Manfaat dari bermeditasi itu sendiri yaitu untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit ataupun stres, dan yang paling bagus adalah mampu menambah daya ingat otak meskipun hanya untuk jangka pendek.

Demikianlah ringkasan tentang 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Dan Konsentrasi Secara Alami yang dapat kita lakukan.

Comments