8 Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

No Comment Friday, September 11, 2020
8 Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh - Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi semua manusia, terutama setelah menjalani kehidupan sehari hari. Karena dengan tidur kita dapat menghilangkan rasa penat dan ngantuk pada tubuh serta dapat menyegarkan pikiran.

Umumnya jangka waktu tidur yang paling direkomendasikan adalah sekitar 7-8 jam dalam sehari bagi orang dewasa dan 8-10 jam untuk para remaja, jika kurang dari waktu tersebut maka biasanya kita akan masih merasa ngantuk. Biasanya orang yang kurang tidur adalah para penderita gangguan penyakit Insomnia dan orang yang sering melakukan begadang.

Namun tahukah kalian apabila orang yang sering kurang tidur maka bisa menimbulkan banyak sekali bahaya bagi diri mereka sendiri? Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan kalian simak artikel berikut.

Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Dihindari

1. Pikiran Menjadi Depresi
Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh (Depresi)
Depresi akibat kurang tidur
Depresi biasanya paling sering terjadi pada orang yang kebiasan hanya tidur selama kurang dari enam jam perhari. Gejala yang paling sering di temukan adalah seperti rasa cemas berlebihan, menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung dan kondisi badan yang kurang sehat sehingga membuat depresi.

Depresi juga bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk jantung dan kanker. dan hal ini juga bisa mengakibatkan kondisi stres pada diri kita.

2. Tubuh Terkena Obesitas
Sebenarnya ketika tubuh kurang tidur biasanya akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dan rasa lapar yang berlebihan, kondisi ini kemudian akan memicu kita untuk ingin selalu makan terus hingga pada akhirnya kita mengalami kegemukan.

Rangsangan rasa lapar ketika kurang tidur disebabkan karena adanya kiriman leptin yang membuat otak memiliki dorongan makan yang besar. Jika kita mengkonsumsi jenis makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk. Ancaman obesitas dapat memicu datangnya penyakit lain yang lebih berbahaya, contohnya saja seperti diabetes, jantung, stroke dan penyakit lainnya yang bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat.
Baca juga: 8 Contoh Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh

3. Hilangnya Konsentrasi Yang Bisa Membuat Kecelakaan
Orang yang kurang tidur juga bisa membuat konsentrasi seseorang menjadi kurang maksimal, dan orang yang ngantuk berat juga bisa dikatakan sebagai orang yang sedang mabuk tanpa alkohol.

Bayangkan saja apabila ada seseorang yang menyetir mobil atau motor dalam keadaan mabuk, tentu saja hal itu akan beresiko tinggi untuk mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Sama seperti orang mabuk, orang yang mengantuk juga demikian karena tingkat kesadarannya tidak sepenuhnya bisa dikendalikan karena hilangnya konsentrasi saat mengemudi.

4. Mudah Marah Atau Emosi Tidak Stabil
Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh (Mudah Emosi)
Emosi tidak stabil akibat kurang tidur
Kurang tidur memang bisa membuat otak mengalami penurunan fungsinya. Namun salah satu efek yang kurang menyenangkan dari terganggunya fungsi otak adalah menjadi lebih mudah marah dan emosi yang tidak stabil.

Bahkan kondisi ini bisa membuat gangguan pada hubungan sosial penderitanya, terutama untuk remaja dan orang dewasa. Karena tekanan emosi yang tidak stabil akan membuat suasana hati menjadi tidak tenang dan susah untuk diajak berkomunikasi dalam kepala dingin.

5. Tekanan Darah Tinggi
Salah satu dampak bahaya kurang tidur dalam jangka waktu lama bagi kesehatan tubuh yang paling parah ialah bisa membuat penderitanya terkena penyakit darah tinggi alias hipertensi. Hal ini disebabkan karena tidur mampu menetralkan sistem pembuluh darah dan kinerja jantung menjadi lebih maksimal.

Namun ketika seseorang kurang tidur secara terus-menerus maka tekanan darah tinggi akan terjadi, karena pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik sehingga bisa sangat berbahaya bagi penderitanya.

6. Gangguan Konsentrasi Pada Otak Saat Belajar
Bagi para pelajar dan mahasiswa ataupun semua orang yang sedang menjalani program studi tapi mereka kurang tidur maka tingkat kemampuan kognitif yang dia miliki akan berkurang.

Hal ini disebabkan karena bahaya kurang tidur untuk otak menjadi tidak dapat berkonsentrasi penuh, menurunkan daya ingat, tidak dapat menggunakan nalar dengan baik, sehingga sangat sulit untuk berpikir dalam menemukan solusi pada suatu masalah. Bagi orang yang sedang menjalani studi maka akibatnya bisa sangat kompleks, seperti penundaan kelulusan ataupun penurunan nilai dan prestasi.

7. Mengalami Penuaan Dini
Apa kalian pernah melihat orang yang suka begadang dan Insomnia? jika pernah pastinya kalian melihat wajah mereka menjadi pucat, memiliki banyak kerutan halus, serta kulitnya menjadi kusam, bahkan mata mereka juga berwarna merah dan kelopaknya matanya menjadi bengkak. Itulah dampak bahaya kurang tidur bagi kesehatan tubuh yang sangat sering kita temui.

8. Mengurangi Sistem Kekebalan Tubuh
Kurang tidur juga menyebabkan menurunkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Hal ini sangat mempengaruhi tubuh kita menjadi lemah dalam melawan atau menangkal sebuah penyakit sehingga proses penyembuhan pada diri kita akan menjadi lebih lama.
Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan

Setelah kita mengetahui 8 Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh di atas, tentunya kita harus menjaga diri kita secara baik-baik dengan tidur yang cukup supaya kita tidak mudah terserang penyakit dan tidak membahayakan orang lain di sekitar kita.

Comments