8 Contoh Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh

No Comment Saturday, November 09, 2019
Contoh Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh. Untuk merawat tubuh agar senantiasa sehat, maka gaya hidup sehat harus diterapkan. Salah satu penerapan pola hidup yang sehat ialah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung banyak gizi dan protein sebagai sumber energi tubuh sehari hari.
Untuk mengetahui berbagai macam jenis makanan yang mampu menyehatkan tubuh, berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi agar membuat tubuh tetap sehat.
Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh
Contoh makanan sehat (sayuran)

Daftar Contoh Makanan Yang Mengandung Banyak Gizi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh


1. Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan spesial, sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan daya kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA - jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

2. Sayur-Sayuran

Salad buah dan sayuran
Contoh gambar salad buah dan sayuran
Sayuran hijau seperti tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya akan dengan sumber nutrisinya serta antioksidan guna membantu sel-sel pada otak menjadi lebih kuat dan sehat.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan

3. Buah-Buahan

Buah-buahan juga mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi tubuh seperti  Anggur yang mengandung gula alami levilosa, magnesium, fruktosa, zat besi dan antioksidan untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia Meningkatkan fungsi ginjal dan pencernaan, memperkuat kekebalan tubuh, penyedia energi.

Selain itu ada Alpukat yang bisa melembutkan dan mengencangkan kulit melalui pembentukan kolagen, mengendalikan kadar kolesterol. Dan masih banyak lagi buah buahan lainnya yang bisa menyehatkan tubuh kita.

4. Ikan Salmon

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 dan DHA - EPA yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Menurut riset juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak mampu berpikir lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli, walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidak mampu menandingi manfaat ikan salmon.

5. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif sangat murah dan mudah dijangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat otak. Telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari zat antioksidan, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

6. Gandum

Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut.

Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

7. Selai Kacang

Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam mengontrol glukosa sebagai kebutuhan energi pada tubuh.

8. Daging Sapi

Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu seseorang tetap berenergi dan berkonsentrasi.

Dengan hanya mengonsumsi 1 ons Daging Sapi per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

Khsusus bagi yang vegetarian, Anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah adalah sumber penting zat besi. Mengonsumsi tomat, jus jeruk, strawberry dan kacang-kacangan juga dapat dipilih sebagai upaya mencukupi kebutuhan zat besi.

Baca juga:

Itulah artikel mengenai Contoh Makanan Yang Mengandung Banyak Gizi Dan Manfaatnya Bagi Tubuh. Selain menyehatkan tubuh, ternyata makanan makanan tadi juga mampu membantu otak untuk lebih fokus dalam berpikir dan mengingat.

Tapi makanan yang paling baik dikonsumsi adalah makanan yang halal dan tidak diharamkan oleh agama Islam, sebab semua hal yang dihalalkan itu baik untuk kita. Tapi jika kita sensitif terhadap makanan yang membuat kita alergi alangkah baiknya untuk dihindari daripada nantinya dapat menimbulkan penyakit.

Comments