8 Cara Untuk Menghilangkan Stress Dengan Mudah Dan Cepat

No Comment Sunday, November 03, 2019
8 Cara Untuk Menghilangkan Stress Dengan Mudah Dan Cepat. Stress merupakan sebuah rasa dimana kita akan mengalami suasana yang tidak nyaman dan diiringi dengan pikiran yang sedang depresi tingkat tinggi.

Stress biasanya ditimbulkan karena adanya rasa khawatir yang berlebihan pada diri kita dalam menjalani sebuah masalah yang sedang dihadapi, seperti mengalami sakit hati karena cinta, susah mendapat kerja, dipecat dari pekerjaan, tidak lulus ujian sekolah, masalah internal dalam keluarga dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi rasa stress dan depresi kita dapat melakukan hal hal positif agar perhatian kita cepat teralihkan dari masalah tersebut. Sebelum mengalami stress berat, alangkah baiknya jika kalian mencoba hal hal berikut ini sebagai obat untuk penghilang stress.

Solusi Ampuh Dalam Menghilangkan Rasa Stress Dan Depresi

Cara Untuk Menghilangkan Stress Dengan Mudah Dan Cepat

1. Lakukan Olahraga Yang Anda Gemari

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, mungkin itulah pribahasa yang sangat cocok sebagai kiasan. Olahraga selain baik bagi kesehatan tubuh juga sangat baik untuk kesehatan jiwa.
Saat anda dilanda stres maka menjalankan hobi atau berolahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengatasinya. dan itu sangat bermanfaat sekali jika dilakukan pada waktu yang luang.

2. Rekreasi/Berlibur

Menghilangkan Stress Dengan Rekreasi
Berlibur atau rekreasi merupakan cara yang terbaik yang dapat dilakukan untuk menghindari lingkungan negatif. Karena dengan berlibur maka kita bisa beristirahat untuk menghilangkan pikiran yang sudah jenuh dari rutinitas sehari-hari karena bekerja dan sekolah, sehingga hati kita akan merasa senang dan rileks.

Rekreasi bersama kerabat atau keluarga akan membuat suasana semakin seru dan menyenangkan sehingga itu bisa membuat kita merasa lebih bahagia.

3. Mengobrol Dan Saling Berbagi Perasaan (Curhat)

Stres biasanya disebabkan karena pikiran terbebani dengan masalah yang sedang dihadapi, semakin besar beban masalah yang ditanggung seseorang maka kecenderungan untuk mengalami stres akan semakin meningkat.

Maka dari itu berbicara dan berbagi cerita seputar permasalahan kehidupan keluarga, cinta ataupun pekerjaan dengan seseorang itu memiliki dampak yang besar untuk mengatasi rasa stress.
Bahkan menurut penelitian orang yang tertutup memiliki presentase lebih besar dalam mengalami stress daripada orang yang membuka diri dengan sering berbicara dan berbagi permasalahan dengan orang lain.

Selain itu berbagi cerita atau mencurahkan isi hati kepada teman mungkin kita akan mendapat solusi yang sedang kita cari dari permasalahan tersebut, meskipun tidak ada solusi minimal beban yang kita alami sedikit berkurang dan terbagi karena masih ada orang didunia yang bisa kita ajak untuk berbagi masalah.

4. Meditasi
Melakukan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena meditasi dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk meningkatkan daya konsentrasi.
Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu membuat pernapasan lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, hingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya dipompa oleh kelenjar adrenalin.

Melakukan meditasi juga sangat ampuh untuk membantu proses penyembuhan ketika sedang mengalami sakit, dan cara ini juga bisa kalian untuk menghilangkan stress akibat keramaian dan kebisingan orang lain disekitar lingkungan anda.

5. Sholat Dan Mengaji
Sholat dan mengaji adalah cara terbaik dalam islam untuk menghilangkan rasa stress berat, karena dengan sholat itu bisa membuat pikiran kita menjadi tenang. Jangan lupa, setelah kalian melakukan sholat cobalah untuk berdoa meminta ampun dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. agar kita diberikan solusi dan kemudahan dalam menjalani hidup ini.

Selain itu cobalah kalian mengaji atau membaca A-Qur'an karena dengan membaca Al-Qur'an hati kita akan merasa lebih damai. Selain membaca Al-Qur'an kita juga bisa mengaji dengan menyimak bacaan Al-Qur'an ataupun mendengarkan ceramah ceramah dari ulama ataupun ustadz untuk mendapatkan sebuah pencerahan.

6. Meluapkan Semua Emosi
Terkadang saat kita mengalami stress tingkat tinggi tentunya kita pasti selalu ingin melampiaskan semua amarah dan kekesalan tersebut, entah itu marah kepada orang lain dengan alasan tidak jelas, merusak barang, berteriak atau bisa juga menangis.

Namun ada kalanya kita harus meluapkan semua emosi yang kita pendam agar tidak menjadi sebuah penyakit hati yang lebih dalam, kalian bisa melampiaskannya dengan berteriak dengan suara yang lantang hingga semua bebanmu terasa ringan. Tapi kalian harus melakukan ini di tempat yang sepi ya sob agar tidak mengganggu aktifitas orang lain.

7. Bersantai
Menghilangkan Stress Dengan Bersantai
Seringkali kita mengalami kondisi dimana kita akan merasa bosan dengan pekerjaan dan sekolah karena saking banyaknya tugas yang harus kita selesaikan, dan hal itu membuat pikiran kita menjadi kewalahan dan kebingungan.

Maka dari itu cobalah untuk bersantai sejenak dengan keluar ruangan untuk duduk dengan rileks dan menghirup udara segar sambil melihat liat pemandangan, jika kalian suka musik maka cobalah untuk sambil memainkan musik melalui HP kalian.

Kalian juga bisa berjalan jalan ataupun berjogging di pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau sekolahan, karena dengan olahraga pagi akan membuat tubuh kita terasa lebih segar bugar.

8. Mandi atau Berendam
Memanfaatkan air sebagai obat penghilang stress juga bisa kita lakukan dengan mandi atau berendam, karena air memiliki efek yang baik untuk menghilangkan rasa lelah dan membuat badan terasa lebih segar. Apalagi jika berenda dengan menggunakan air hangat maka efeknya akan lebih terasa nyaman dan lebih rileks.

Baca juga :

Itulah pembahasan mengenai Solusi Ampuh Dalam Menghilangkan Rasa Stress Dan Depresi yang bisa kalian coba. Jika kalian masih merasa belum cukup dengan hal di atas, sebaiknya anda pergi ke dokter psikologi untuk memeriksakan dan berkonsultasi, bisa juga ke Pak Ustadz dan Ulama untuk meminta pencerahan.

Comments