6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah

No Comment Friday, September 11, 2020
6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah - Pada setiap manusia pastinya memiliki sistem imunitas tubuh alias daya tahan tubuh sendiri-sendiri.

Fungsi dari imunitas tubuh itu sendiri berguna untuk melindungi kita dari berbagai macam serangan virus atau bakteri yang bisa membuat kita terkena wabah atau penyakit. Tapi jika kita memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu tubuh kita juga tidak cepat merasa lelah.

Untuk cara meningkatkan imunitas tubuh, kita dapat melakukannya secara alami agar nantinya tidak akan ada efek samping buruk yang kita rasakan di kemudian setelah memperkuat daya tahan tubuh kita ataupun sesudahnya.
Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah
Cara meningkatkan daya tahan tubuh | Rawpixel

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah Dan Tidak Mudah Sakit Dengan Pola Hidup Sehat

1. Konsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi
Hal paling utama yang harus kalian perhatikan untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami ialah mengatur pola makan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Contoh makanan bergizi yang paling mudah kita dapatkan adalah kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sayur-sayuran. Jenis-jenis makanan tersebut mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu makanan tersebut kaya akan antioksidan yang berguna untuk mengurangi peradangan serta melawan radikal bebas dalam tubuh.
Baca juga: 8 Contoh Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh

2. Istirahat Yang Cukup
Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Dengan Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup untuk meningkatkan imunitas tubuh | Rawpixel
Jika kita seringkali melakukan aktifitas yang berat maka kita harus mengistirahatkan tubuh kita agar tidak kelelahan. Dan tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh agar stamina kembali pulih.

Jika kita kurang tidur maka tubuh kita akan lebih mudah terserang penyakit karena imunitas tubuh kita telah menurun akibat kurangnya istirahat. Terlebih lagi jika kita sering melakukan begadang maka hal ini bisa berdampak pada kesehatan kita, jadi kebiasaan ini harus kita kurangi.

Umumnya tidur yang baik bagi orang dewasa adalah selama 7-8 jam, lalu untuk usia remaja yaitu 8-10 jam, sedangkan untuk bayi dan anak-anak ialah selama 10-14 jam.
Baca juga: 7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Secara Alami Tanpa Obat Tidur

3. Rutin Olahraga
Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Dengan Rutin Olahraga
Rutin olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh | Rawpixel
Berolahraga adalah cara paling ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami. Sebab dengan melatih fisik kita melalui kegiatan olahraga maka secara tidak langsung tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar karena sering dilatih.

Kita tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan jalan kaki, jogging, bersepeda atau bisa juga dengan berenang. Dalam berolahraga paling tidak kita harus melakukannya minimal selama 30 menit setiap harinya.

4. Mengkonsumsi Suplemen
Selain mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, kita juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi suplemen. Cara ini biasanya sering dilakukan oleh orang-orang yang kekurangan asupan nutrisi pada makanan. Namun kita juga bisa memakai cara ini untuk menambah sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat.

Ada berbagai macam suplemen yang terkandung pada makanan ini, seperti suplemen vitamin B6, C dan E yang bisa membuat imunitas tubuh bekerja optimal. Suplemen Echinacea yang dapat membantu melawan virus, membantu pertumbuhan sel, dan mengontrol tekanan darah.

Tapi sebelum mengkonsumsi suplemen, alangkah baiknya jika kita berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu supaya kita dapat mengetahui suplemen mana yang lebih cocok kita konsumsi untuk saat ini.
Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan

5. Hindari Stres
Salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh yang paling utama adalah mengendalikan pikiran untuk menghindari stres dan rasa cemas yang bisa menimbulkan depresi.

Karena jika kita mengalami stres dalam jangka waktu yang cukup panjang maka hal itu bisa menimbulkan peningkatan hormon kortisol yang mengakibatkan penurunan fungsi daya tahan tubuh.

6. Jauhi Aktivitas Yang Dapat Merusak Kesehatan
Selain menghindari stres, kita juga wajib menjauhi kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat, terlebih lagi kegiatan yang bisa merusak kesehatan tubuh kita. Ini merupakan cara meningkatkan imunitas tubuh secara alami yang paling mudah untuk dilakukan.

Beberapa contoh aktifitas yang dapat merusak imunitas tubuh ialah merokok yang dapat menyebabkan resiko terjadinya penyakit infeksi paru-paru. Mengkonsumsi minuman beralkohol juga berakibat fatal pada liver sehingga menimbulkan peradangan. Di sisi lain minuman bersoda juga dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Demikianlah ringkasan mengenai 6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah Dan Tidak Mudah Sakit Dengan Pola Hidup Sehat yang bisa kita lakukan setiap hari.

Comments