7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Secara Alami Tanpa Obat Tidur

No Comment Saturday, September 12, 2020
7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Secara Alami Tanpa Obat Tidur - Insomnia adalah sebuah nama penyakit untuk gangguan tidur yang sedang dialami seseoarang pada malam hari. Biasanya orang yang terkena Insomnia akan mengalami susah tidur meskipun tubuh mereka merasa lelah. Hal ini juga biasanya dikarenakan adanya rasa gelisah atau depresi yang terjadi pada dirinya.

Jika kita mengalami Insomnia, kita tidak boleh membiarkan hal ini terus berlarut-larut karena bisa berdampak pada kesehatan. Orang yang terkena Insomnia maka daya tahan tubuh atau sistem imunitas tubuh mereka akan menurun dan menjadi lemah, sehingga hal ini dapat membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Di sisi lain konsentrasi dan reaksi refleks pada tubuh kita juga tidak dapat dikontrol sepenuhnya sehingga bisa membuat menjadi kurang produktif serta bisa juga membawa kita terjebak dalam situasi bahaya.
Baca juga: 8 Dampak Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Karena hal ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus, maka kita harus mencari solusinya. Nah, untungnya saya akan menunjukkan solusi untuk mengatasi susah tidur malam secara alami dan tanpa obat, sehingga kita tidak akan mengalami ketergantungan pada obat tidur.
7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Secara Alami Tanpa Obat Tidur
Penderita Insomnia yang susah tidur | Rawpixel


Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Secara Alami Tanpa Obat Tidur Yang Bisa Kita Coba

1. Mengatur Jadwal Tidur
Hal pertama yang bisa kita lakukan agar terhindar dari Insomnia ialah dengan mengatur jadwal tidur, dengan begini aktifitas tidur kita akan lebih teratur. Untuk melakukannya alangkah baiknya jika kita membatasi tidur siang.

Tidur siang sangatlah baik untuk kesehatan asalkan tidak berlebihan. Jadi kita harus membatasi waktu tidur siang dengan bangun sebelum menjelang waktu sore jam 3 dan tidak boleh tidur siang lebih dari lebih dari 30 menit.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Berkafein
Cara mengatasi insomnia yang paling ampuh adalah dengan mengurangi kebiasaan kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkafein, sebab kandungan kafein bisa membuat kita susah tidur di malam hari.

Tidak hanya terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh, minuman bersoda, minuman berenergi. Jadi kita harus membatasinya dengan berhenti konsumsi kafein terutama setelah jam 3 sore.
Baca juga: 8 Contoh Makanan Bergizi Yang Mampu Menyehatkan Tubuh

3. Membuat Suasana Kamar Menjadi Nyaman
Salah satu penyebab utama ketika kita mengalami susah tidur adalah dikarenakan suasana kamar kita saat ini kurang nyaman, sehingga badan kita tidak bisa rileks untuk beristirahat.

Dan ini terjadi karena pencahayaan lampu kamar terlalu terang, situasi dekat rumah terlalu bising, suhu ruangan terlalu panas atau dingin. Untuk mengatasi hal tersebut kita hanya perlu mematikan lampu saat hendak tidur, memakai penutup telinga jika mendengar suara bising, memakai kipas atau AC jika kepanasan dan memakai selimut jika hawanya terlalu dingin.

4. Batasi Penggunaan Gadget
Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Dengan Membatasi Pemakaian Gadget
Membatasi pemakaian gadget untuk mengatasi susah tidur | Rawpixel
Sebelum tidur alangkah baiknya jika kita mengurangi aktifitas penggunaan gadget atau bermain game di hp, pemakaian laptop ataupun menonton tv. Hal tersebut dapat memicu kita menjadi susah tidur karena efek dari pancaran sinar biru pada layar gadget dan barang elektronik lainnya.

5. Tenangkan Pikiran
Jika kita mengalami rasa gelisah atau merasa cemas yang berlebihan maka hal itu bisa menimbulkan depresi sehingga membuat kita mengalami Insomnia. Selain gelisah, hal ini biasanya terjadi karena kita memikirkan sesuatu yang aneh-aneh secara tiba-tiba padahal itu sama sekali tidak terlalu penting bagi kita.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menenangkan pikiran alias berpikir positif dan melupakan semua pikiran negatif supaya tidak menjadi beban pada pikiran kita.

6. Olahraga Secara Teratur
Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami Dengan Olahraga Secara Teratur
Mengatasi susah tidur dengan olahraga | Rawpixel
Cara mengatasi insomnia selanjutnya bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, sebab hal ini mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan seluruh tubuh, baik itu mulai dari jalan kaki hingga bersepeda.

Beberapa manfaat dari olahraga yakni mampu meningkatkan mood atau membuat suasana hati menjadi nyaman, mengatasi obesitas, meningkatkan imunitas tubuh hingga membuat kita bisa tidur nyaman di malam hari.
Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Agar Tidak Mudah Lelah

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat
Cara terakhir mengatasi susah tidur malam ialah dengan menerapkan pola atau gaya hidup sehat supaya tubuh kita tetap normal. Contoh gaya hidup sehat ialah, tidak minum alkohol, tidak merokok, selalu berpikir positif, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Pastikan juga kita selalu tetap aktif bergerak (olahraga) setiap hari supaya energi pada tubuh bisa terpakai sehingga tubuh dapat merasa lelah dan butuh istirahat, tapi jangan olahraga yang terlalu berat supaya tidak membebani diri kita sendiri dan malah susah tidur.

Itulah ringkasan mengenai 7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh Secara Alami Tanpa Obat Tidur. Semoga bisa membantu kalian yang sedang mengalami susah tidur. Jika cara di atas kurang ampuh maka lebih baik Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang lebih tepat.

Comments